Salam dan bahagia! Pada Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9, pembelajarannya sudah memasuki alur Koneksi Antar Materi Modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak. Dimana pembelajarannya dimulai pada tanggal 26 September 2023 dan terakhir pengumpulan tugas pada tanggal 2 Oktober 2023.
Pade sendiri sudah selesai mengerjakan tugasnya berdasarkan hal yang dipahami. Dengan tahapan pengerjaan tugasnya yakni memahami terlebih dahulu sesuai intruksi yang ada, kemudian dikonsep melalui catatan sebelum didesain ke canva. Jika sudah selesai, seperti biasa Pade pun melakukan koreksi barangkali ada yang masih kurang dan perlu ditambahkan. Setelah itu barulah mengirimkan tugas tersebut dan melupakannya. Sebagaimana yang pernah Pade tuliskan dalam coretan Tips Mengerjakan Tugas di Pendidikan Guru Penggerak untuk pengingat diri  yaitu kerjakan, kirimkan, dan lupakan.
Ada 2 pertanyaan pemantik sebagai acuan dalam mengerjakan tugas Koneksi Antar Materi Modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak.
Pertama, apa yang Bapak/Ibu pahami mengenai kaitan peran pendidik dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada murid-muridnya dengan paradigma inkuiri apresiatif (IA) di sekolah Bapak/Ibu?
Untuk menjawab pertanyaan pertama ini, Pade membuka kembali modul yang sudah dipelajari sebelumnya yakni modul 1.1 tentang Filosofi Ki Hadjar Dewantara dan modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Kemudian dikaitkan dengan modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak.
Untuk kaitannya berdasarkan yang Pade pahami dapat dilihat berdasarkan ilustrasi berikut ini.
- Visi Murid ImpianÂ
Pada visi murid impian, Pade masukan cita-cita dari seluruh murid Pade yang berjumlah 14 siswa.
- Filosofi Ki Hadjar Dewantara
Pendidikan adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang dimiliki anak agar ia mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai seorang manusia maupun sebagai anggota masyarakat.
- Nilai dan Peran Guru Penggerak
Nilai Guru Penggerak:Â Berpihak pada murid, mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif
Peran Guru Penggerak: Menjadi pemimpin pembelajaran, menjadi coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi, mewujudkan kepemimpinan murid, dan menggerakkan komunitas praktisi.
- Visi Guru Penggerak
Pada bagian ini, Pade memasukan sebuah visi yang pernah dibuat di awal pembelajaran yaitu:
"Terwujudnya Peserta Didik yang Cerdas dan Berakhlak Berdasarkan Profil Pelajar Pancasila"
- Penerapan Inkuiri Apresiatif dengan Tahapan BAGJA
Prakarsa perubahan: Mengembangkan media pembelajaran dengan canva yang dapat meningkatkan kemampuan bernalar kritis siswa.
Untuk Canvas BAGJA tahapan-tahapannya sudah Pade bagikan juga di Kompasiana pada Demonstrasi Kontekstual Modul 1.3Â
Kedua, revisi dan rumuskan dengan penuh keyakinan, visi yang telah Bapak/Ibu buat berdasarkan jawaban pertanyaan diatas, ke dalam sebuah VISI yang membuat Bapak/Ibu bersemangat ketika membacanya, dan menggerakkan hati setiap orang yang membacanya!
Berdasarkan paradigma inkuiri apresiatif (IA) yang telah dirancang, maka Visi Guru Penggerak mengalami perubahan.
- Revisi Visi Guru Penggerak:
Terwujudnya Peserta Didik yang Cerdas, Berakhlak, dan Memiliki Kemampuan Bernalar Kritis Berdasarkan Profil Pelajar Pancasila.
Demikian sajian Koneksi Antar Materi Modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak sebagai pengingat diri Pade di suatu saat nanti.
Terima kasih, salam sehat dan bahagia bagi semuanya!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H