Refleksi pembelajaran adalah suatu komponen kegiatan yang dilaksanakan setelah proses pembelajaran dengan tujuan untuk menilai dan mengamatii apa yang telah terjadi selama pembelajaran berlangsung.
Macam –macam teknik refleksi antaralain :
1. Refleksi melalui video pembelajaran
Melalui video pembelajaran guru dapat mengamati proses pembelajaran yang telah dilaksanakan,baik tentang cara guru mengajar, bagaimana siswa menerima materi pembelajaran dari guru  tersebut.
 2. Refleksi melalui  catatan harian
Catatan harian dapat dijadikan panduan guru untuk melakukan refleksi. Karena dalam catatan harian berisi kasus unik yang dialami guru maupun siswa, sehingga hasil refkeksi tersebut dapat dipadukan dengan pengetahuan dan pengalaman sebelumnya.
 3. Refleksi melalui jurnal pembelajaran
Jurnal pembelajaran dapat dijadikan sebagai sarana refleksi, dimana  dalam jurnal tersebut  memuat catatan perenungan dan analisis guru tenyang proses belajar sehari –hari di kelas, serta rencana tindak lanjut untuk hal –hal yang ditemukan dalam perenungan.
4. Refleksi melalui lisan
Guru dapat mengajukan pertanyaan kepada siswa,dengan minta pendapat tentang  cara mengajar, suasana pembelajaran,pemahaman pembelajaran.ataupun meminta kritik dan saran kepada siswa terhadap pembelajaran dan dirinya.hal ini dapat dilakukan menjelang pembelajaran berakhir sehingga tidak menggangu pembelajaran.
5. Refleksi melalui keterlibatan guru lain
Guru dapat minta bantuan teman sejawat untuk mengobservasi  serangkaian proses pembelajaran yang sedang dilaksanakan.
6. Refleksi melalui observasi terhadap  guru  lain yang sedang mengajar
Mengamati  teman sejawat yang sedang mengajar dapat membantu seorang guru memahami praktik pembelajaran yang dilaksanakannya.dengan mengamati gaya guru mengajar, bagaimana cara siswa menerima pembelajaran, hal ini akan membntu seorang guru menginga t dan merenungkan kembali bagaimana praktik dikelasnya.
7. Refleksi melalui Tndakan
Guru dapat melakukan refleksi melalui penelitian tindakan kelas, dengan  penelitian tindakan kelas yang disusun dan dilaksanakan  melalui suatu siklus berulang. Dalam siklus tersebut guru mengumpulkan data pembelajaran, melakukan refleksi dan melakukan perbaikan terhadap kekurangan- kekurangan yang ditemukan dalam proses pembelajaran.
Daftar Pustaka:
Copyright 2016, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, DIrektorat Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H