Haveaniesday, Aksi Nyata Anak Muda Indonesia Non-Partisan Politik
Anak muda Indonesia terus menunjukkan kesadaran mereka terhadap pentingnya perpolitikan negara saat ini. Mereka sudah tidak lagi menjadi penonton pasif dalam dunia politik, namun aktif ikut serta dalam menyuarakan gagasan dan aspirasi mereka.
Salah satu contoh nyata dari keterlibatan anak muda saat ini adalah dengan hadirnya halaman web Have Anies Day (Haveaniesday.com).
Haveaniesday.com dibuat oleh sekelompok anak muda yang menamakan diri Humanies yang memiliki semangat kuat untuk mendukung pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.
Halaman web ini tidak sekadar mencoba meng-influence pemilih, tetapi juga menjadi tempat bagi mereka untuk mengenal lebih dekat paslon nomor 01, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, mulai dari rekam jejak, visi-misi, sampai dengan counter atas black campign yang kerap diembuskan paslon lain.
Haveaniesday.com diketahui berafiliasi dengan Anies Bubble. Anies Bubble sendiri merupakan komunitas daring anak muda pecinta K-Pop. Komunitas tersebut memiliki tujuan yang sama dengan Humanies yaitu mendukung Anies Baswedan dalam pencalonannya di pilpres tahun 2024.
Salah satu fitur menarik dari halaman web Haveaniesday.com adalah tampilannya yang menggunakan gambar atau ilustrasi lucu, menarik, dan interaktif. Gambar-gambar tersebut secara simbolis mewakili pribadi serta gagasan-gagasan yang diusung oleh Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.
Selain menghasilkan konten yang informatif, hal ini juga dapat memberikan kesan yang lebih menarik dan menggugah minat para pemilih, khususnya anak muda untuk lebih mengenal paslon pilihannya.
Berbeda dengan buzzer atau tim sukses (timses) pasangan Anies-Imin, Haveaniesday secara jujur mengaku bukan bagian dari kampanye resmi. Mereka secara terbuka menyatakan bahwa mereka bukanlah bagian dari timses ataupun buzzer.
Di bio akun instagramnya (@haveaniesday) mereka menulis not a timses/buzzer. Just for gigs and laugh. Bukan timses, hanya wadah bagi pemikiran dan ekspresi anak muda. Bukti akan ketidakafiliaasian ini telah dinyatakan oleh Anies Baswedan sendiri dalam acara Desak Anies edisi Purwokerto (24/01/2024).
Kehadiran Haveaniesday.com juga membuktikan bahwa masih banyak anak muda Indonesia yang peduli dengan politik tanpa embel-embel pragmatisme. Mereka berani mengungkapkan gagasan serta berani melakukan aksi nyata bermodalkan harapan dan keyakinan.
Mereka tidak hanya membatasi diri pada peran sebagai penonton, namun juga turut aktif dalam arus perubahan politik di negeri ini. Hal ini membawa harapan baru bagi masa depan bangsa, yaitu adanya pemimpin-pemimpin muda yang bergagasan dan berintegritas.
Selain membuat halaman web berisi profil dan gagasan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Haveaniesday.com juga memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mengambil bagian nyata dalam kampanye pasangan Anies-Imin dengan menyediakan menu urunan kampanye.
Melalui metode ini, Haveaniesday.com dapat menjadi sarana bagi mereka yang ingin mendukung AMIN tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Perlu diingat paslon Anies-Imin dikenal sebagai paslon dengan anggaran kampanye terhemat di antara dua paslon lainnya.
Urunan kampanye ini kemudian disalurkan ke paslon Anies-Imin dalam bentuk barang keperluan kampanye. Salah dua di antaranya adalah videotron dan juga LED truck.
Fenomena kehadiran Haveanisday.com dan rasa antusiasme anak muda terhadap pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar adalah bukti nyata bahwa keduanya benar-benar dicintai oleh masyarakat Indonesia, terutama kalangan anak muda.
Hal ini merupakan dorongan baru bagi politisi di negara ini untuk tetap mendengarkan suara-suara aspiratif generasi penerus, karena di tangan merekalah masa depan bangsa ini akan ada.***
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H