Mahasiswa KKN Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya berupaya Meningkatkan Daya Tarik Petis Kupang Senipa Lewat Strategi Logo & Kemasan
Mahasiswa KKN Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya NR 05 SUB 08, membantu meningkatkan daya tarik Petis Kupang Senipa melalui logo dan kemasan baru
(11/05/24) Mahasiswa KKN Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya NR 05 SUB 08,melakukan Kuliah Kerja Nyata di Desa Balonggabus ,Candi,Sidoarjo,Jawa Timur.
berdasarkan hasil survei yang kami lakukan kami bertemu UMKM Petis Kupang Senipa yang menarik perhatian kami ,seperti kita ketauhi Petis merupakan makanan / saus khas dari Sidoarjo yang biasa dicampur dengan berbagai macam masakan seperti Rujak,Gorengan,Lontong Balap,Lontong Kupang, dll. Kami menemukan kemasan lama Petis Kupang Senipa kurang menarik dan kurang aman, mereka hanya menggunakan kantong plastik kiloan dan karet dengan tidak memiliki logo/label pada Kemasan,sehingga pembeli tidak mengetahui detail mengenai produk,sehingga Kurang dikenal masyarakat, terutama generasi milenial.
Petis Kupang juga memiliki kekurangan yaitu ;
Daya tahan produk pendek sehingga pembeli harus mengetauhi bagaimana menyimpan petis kupang agar tetap fresh saat dikonsumsi.
Petis Kupang bagi sebagian orang juga akan memicu alergi sehingga biasanya saat menyantap Lontong Kupang diimbangi oleh Es Kelapa Muda,maka dari itu pembeli tidak dapat mengetahui informasi mengenai petis kupang yang terkadang akan memicu alergi.
Â
Â
Solusi:
kami menyerukan solusi bagi UMKM Petis Kupang Senipa yaitu dengan mengganti kemasan lama yang menggunakan plastik ke Kemasan baru dengan menggunakan toples/thinwall/wadah tertutup yang tentu aman dan lebih higenis saat dibawa perjalanan
Desain logo baru : kami juga menyiapkan Logo baru untuk Petis Kupang Senipa yang didalamnya tercantum gambar dengan visual menarik dan menambahkan informasi tentang detail produk seperti komposisi,cara penyimpanan,dll
Kemasan baru :
Bahan aman dan ramah lingkungan
Dilengkapi logo dan informasi produk
Praktis jika ingin disimpan dan dibawa bepergian
Aman untuk pengiriman
Dampak yang kami harapkan:
Peningkatan daya tarik produk dan pengetauhan pembeli tentang produk
Kenaikan penjualan
Pujian dari pelanggan atas desain logo dan kemasan
UMKM Petis Kupang Senipa dapat bersaing di pasar
Kesimpulan:
Logo yang menarik dan kemasan yang aman dapat meningkatkan daya tarik produk dan memikat konsumen. Partisipasi dan arahan dari Mahasiswa KKN Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya NR 05 SUB 08 semoga dapat menjadi solusi UMKM Petis Kupang Senipa lebih dikenal banyak orang dan memiliki jangkauan luas dengan Kemasan yang aman dan Logo yang menarik.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI