Mohon tunggu...
Debora Wany Yunenda
Debora Wany Yunenda Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pelaksanaan Program MBKM Kampus Mengajar Angkatan 1 di SD Klasikal Terang Nusantara

8 September 2021   12:59 Diperbarui: 8 September 2021   13:00 439
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pandemi Covid-19 telah memberikan gambaran atas kelangsungan dunia pendidikan di masa depan melalui bantuan teknologi. Namun, teknologi tetap tidak dapat menggantikan peran guru, dosen, dan interaksi belajar antara pelajar dan pengajar sebab edukasi bukan hanya sekedar memperoleh pengetahuan tetapi juga tentang nilai, kerja sama, serta kompetensi. 

Situasi pandemi ini menjadi tantangan tersendiri bagi kreativitas setiap individu dalam menggunakan teknologi untuk mengembangkan dunia pendidikan. Dengan situasi seperti ini pemerintah mengambil kebijakan agar sistem pembelajaran dilakukan dengan sistem dalam jaringan (daring), Teknologi yang sangat penting dalam mendukung sistem daring ini.

Ada dua dampak bagi keberlangsungan pendidikan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Pertama adalah dampak jangka pendek, yang dirasakan oleh banyak keluarga di Indonesia baik di kota maupun di desa. Seluruh elemen pendidikan secara kehidupan sosial "terpapar" sakit karena covid-19. Pelaksanaan pengajaran berlangsung dengan cara online. Proses ini berjalan pada skala yang belum pernah terukur dan teruji sebab belum pernah terjadi sebelumnya. 

Tak Pelak di desa-desa terpencil yang berpenduduk usia sekolah sangat padat menjadi serba kebingungan, sebab infrastruktur informasi teknologi sangat terbatas. Penilaian siswa bergerak online dan banyak trial and error dengan sistem yang tidak ada kepastian, malah banyak penilaian yang banyak dibatalkan. Kedua adalah dampak jangka panjang. 

Banyak kelompok masyarakat di Indonesia yang akan terpapar dampak jangka panjang dari covid-19 ini. Dampak pendidikan dari sisi waktu jangka panjang adalah aspek keadilan dan peningkatan ketidaksetaraan antar kelompok masyarakat dan antardaerah di Indonesia (Syah, 2020).

Maka dari itu Program Kampus Mengajar muncul dari pemikiran dimana keadaan mahasiswa yang melakukan aktivitas perkuliahan secara daring seharusnya dapat membantu adik-adik nya khususnya jenjang Pendidikan Dasar dalam melakukan pembelajaran selama masa pandemi ini. 

Selain itu, kemampuan yang dimiliki mahasiswa dapat dimanfaatkan juga dalam membantu tenaga pendidik dalam menciptakan pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19. Program Kampus Mengajar ini dilaksanakan mulai dari tanggal 23 Maret-25 Juni. 

Dengan adanya Program Kampus Mengajar ini, mahasiswa diharapkan akan lebih berkontribusi dalam membantu meningkatkan mutu pendidikan melalui kegiatan yang nantinya dapat membantu murid, guru atau tenaga pendidikan lainnya dalam melaksanakan pendidikan daring selama masa pandemi. 

Sekolah yang menjadi sasaran Program Kampus Mengajar adalah sekolah dasar yang memiliki Akreditasi paling tinggi B yang terletak baik ditengah kota maupun di pedalaman desa. Program ini dilakukan secara Daring maupun Luring sesuai dengan kondisi dan peraturan wilayah sekolah masing masing. Adapun salah satu Sekolah Dasar yang menjadi tempat dijalankannya Program Kampus Mengajar yakni SD Klasikal Terang Nusantara yang terletak di Jalan Jamika no 88 Kecamatan Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Sebelum Program Kampus Mengajar dilaksanakan, mahasiswa terlebih dahulu melakukan permohonan perizinan kepada dinas pendidikan setempat untuk dapat melaksanakan kegiatan di sekolah penempatan tersebut. Setelah itu mahasiswa melakukan Analisis Kebutuhan di sekolah yang bertujuan agar mahasiswa memperoleh gambaran mengenai proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah berserta kelengkapan sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran.

Selama pelaksanaan program Kampus Mengajar, semua mahasiswa khususnya mahasiswa yang di tempatkan di SD Klasikal Terang Nusantara telah mengalami mengajar siswa secara langsung baik dalam mata pelajaran IPA, IPS, Bahasa Indonesia, dan Matematika. Kegiatan mengajar dilakukan ada yang secara langsung dan ada pula yang secara daring menggunakan aplikasi Zoom. 

Selain itu, mahasiswa juga membantu guru dalam membimbing siswa yang membutuhkan bimbingan belajar tambahan selama siswa tersebut berada di sekolah. Kegiatan mengajar ini tentunya dilaksanakan dengan menerapkan konsep Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar sehingga nantinya dapat memberikan perubahan bagi guru dan siswa dalam pembelajaran ke arah yang lebih baik, memperbaiki karakter siswa,  penggunaan bahasa siswa dalam kehidupan sehari-hari serta meningkatkan minat siswa dalam belajar.

Dokpri
Dokpri

Hasil pelaksanaan Program Kampus Mengajar yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa Kampus Mengajar khususnya di SD Klasikal Terang Nusantara telah sesuai dengan ketercapaian tujuan Program Kampus Mengajar baik dari segi penanaman empati dan kepekaan sosial pada diri mahasiswa terhadap permasalahan kehidupan kemasyarakatan yang ada disekitarnya; mengasah keterampilan berpikir dalam bekerja bersama lintas bidang ilmu dan ragam asal mahasiswa dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi; mengembangkan wawasan, karakter dan soft skills mahasiswa; mendorong dan memacu pembangunan nasional dengan menumbuhkan motivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan; serta meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional.

Adapun dampak yang dirasakan siswa yakni meningkatnya motivasi dan minat belajar siswa baik dari segi literasi maupun dari segi numerasi. Hal tersebut telah sesuai dengan ketercapaian yang termuat dalam tujuan Program Kampus Mengajar. Sedangkan dampak yang dirasakan oleh guru dan sekolah yakni dapat memudahkan dan membantu guru dalam melakukan pembelajaran Daring maupun Luring.

Sumber :

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun