Mohon tunggu...
Debi Destiana
Debi Destiana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa ilmu politik Universitas Sains Al Qur'an

Tetaplah bergerak maju, meskipun langkahmu kecil, karena setiap langkah mendekatkan mu pada tujuan.

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Peran Strategis Palang Merah Indonesia dalam Penanggulangan Bencana

28 Desember 2024   10:48 Diperbarui: 28 Desember 2024   11:36 39
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.instagram.com/p/DECLrg7vau3/?igsh=MTV0dmdyYnBnNHlkMA==

Palang Merah Indonesia (PMI) merupakan lembaga kemanusiaan yang berperan penting dalam penanggulangan bencana dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. Berdiri sejak 17 September 1945, PMI telah menjadi garda terdepan dalam merespons berbagai jenis bencana, mulai dari bencana alam hingga bencana non-alam.

Sejarah PMI

1. Didirikan pada 17 September 1945 oleh Dr. R.M. Slamet Iman Santoso.

2. Diakui oleh PBB pada tahun 1950 sebagai anggota Palang Merah Internasional.

3. Mengembangkan program-program kemanusiaan.

4. Membangun jaringan relawan dan donatur.

Struktur Organisasi PMI

1. Dewan Pimpinan Nasional (DPN)

2. Dewan Pimpinan Daerah (DPD)

3. Dewan Pimpinan Cabang (DPC)

4. Unit Pelaksana Teknis (UPT) untuk operasional lapangan.

Tugas Utama PMI dalam Penanggulangan Bencana

1 Struktur Organisasi PMI

1. Dewan Pimpinan Nasional (DPN)

2. Dewan Pimpinan Daerah (DPD)

3. Dewan Pimpinan Cabang (DPC)

4. Unit Pelaksana Teknis (UPT) untuk operasional lapangan.

 Tanggap Darurat: mengirimkan tim medis dan relawan.

2. Bantuan Logistik: mendistribusikan makanan, air bersih, pakaian dan perlengkapan.

3. Bantuan Psikososial: memberikan dukungan psikososial.

Kolaborasi dengan Instansi Lain

1. Pemerintah

2. Lembaga kemanusiaan

3. TNI

4. Polri

5. Organisasi internasional

Program Mitigasi dan Edukasi Bencana

1. Pelatihan Pertolongan Pertama

2. Simulasi Bencana

3. Edukasi Tanggap Bencana

4. Penyuluhan kesehatan dan kebersihan

5. Pelatihan evakuasi dan penggunaan teknologi

Program dan Layanan PMI

1. Bantuan Kesehatan: vaksinasi, pengobatan dan pelayanan kesehatan darurat.

2. Bantuan Sosial: bantuan makanan, pakaian dan perlengkapan.

3. Pendidikan: pelatihan keterampilan dan pendidikan kesehatan.

4. Penanggulangan Bencana: evakuasi, penyelamatan dan rehabilitasi.

5. Pelayanan darurat: pencarian dan penyelamatan.

Penyuluhan tentang Kesehatan dan Kebersihan

1. Penyuluhan Kesehatan: pentingnya menjaga kebersihan diri dan sanitasi.

2. Layanan Medis dan Pengobatan: pelayanan medis darurat.

Relawan PMI sebagai Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Relawan PMI dilatih profesional untuk menghadapi situasi darurat.

Program Pemulihan Pasca-Bencana

1. Rehabilitasi dan Rekonstruksi: membangun kembali fasilitas yang rusak.

2. Pemberdayaan Masyarakat: bantuan modal usaha dan pelatihan keterampilan.

Prestasi PMI

1. Penghargaan dari PBB (2010)

2. Penghargaan dari Pemerintah Indonesia (2015)

3. Pengakuan dari masyarakat internasional

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun