Mohon tunggu...
Dea Novita
Dea Novita Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

haloo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Mengajar di SMAN 1 Pandaan

20 Juni 2023   22:10 Diperbarui: 20 Juni 2023   22:31 240
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Asistensi mengajar adalah program yang dirancang oleh universitas negeri malang untuk menambah pengalaman dan melatih mahasiswa dalam bidang pendidikan khususnya dalam mengajar dan mengetahui bagaimana lingkungan sekolah yang sebenarnya, tujuan dari proker ini adalah untuk melatih para mahasiswa dengan jurusan Pendidikan untuk menjadi pengajar yang baik dan benar. 

Proker ini berlangsung selama 5 bulan ini banyak sekali memberi saya pengetahuan dan pengalaman baru akan kehidupan sebagai pendidik dan saya menemukan hal baru dalam mengelola intuisi terhadap peserta didik, hal ini mungkin sesuatu pertama yang saya pikirkan ketika ditanya hal apa yang kamu dapat di kegaiatan asistensi mengajar ini yaitu intuisi akan peserta didik.

Muncul nya perasaan tersebut dimulai dari penyerahan kelas dari guru pamong, kita mulai cerita dari awal terlebih dahulu,jadi saya penempatan awal sebenarnya di SMAN pujon dikarenakan kalah cepat dengan teman-teman lainnya pengambilan didekat malang kota. 

Namun teman ku alumni SMAN 1 pandaan menawari untuk mengurus ke LP3 dan pindah sekolah ke SMAN 1 Pandaan dan saya langsung setuju mengenai hal itu, alasannya selain say alumni sekolah itu juga dari segi jarak juga lebih terjangkau tiddak terlalu jauh dari rumah setelah itu saya menunggu konfirmasi dan tetap menyiapkan ke pujon apabila tidak di acc dari pihak LP3, namun kabar baik datang jika kita bisa melaksanakan AM di SMAN 1 pandaan.

Kegiatan awal AM saya adalah berkumpul dengan mahasiswa lainnya sebelum datang ke SMA, kita berkumpul di UM dan saling mengenalkan diri agar lebih akrab, kita disitu membahas mengenai apa yang akan kita susun terlbih dahulu untuk dijelaskan ke guru penanggung jawab am di beberapa hari kedepan, jadi kita mengatur jadwal kosong untuk datang ke SMAN 1 pandaan. 

Akhirnya datang lah hari dimana kita berkunjung ke sma, hari pertama datang ke sekolah lama saya sangat hangat dan banyak memori yang teringat kembali, masa-masa sma yang saya jalani ditempat itu terasa sangat jelas di memori saya namun dihari pertama saya datang ke sma mendapat pengalaman buruk yaitu ban saya bocor dijalan dan aku waktu itu berangkat dari malang yang akhirnya menyebabkan saya datang terlambat bersama teman magang dan kebetulan teman dekat ku satu prodi sosiologi.

Sesampainya disana pertemuan suda dimulai dan ternyata guru penanggung jawab di SMAN 1 pandaan masih mengenali muka saya, beliau adalah Widyatuti Ismani, S.Pd. atau kerap disapa bu Wid. Beliau sangat ramah dan langsung akrab karena dulu sering bertemu denganku, diperteuan pertama kami langsung menemui guru pamong setiap prodi kami masing masing, guru pamong kami dari prodi sosiologi adalah bpk Achro Fahmi atau kerap disapa pak fahmi beliau juga menjadi guru sosiologi saya waktu sma dulu jadi kurang kebih sudah kenal dan bisa cepat akrab. 

Pertemuan pertama kita membahas apa itu kegiatan am, menjelaskan kriteria yang sudah diberikan dari UM setelah itu membahas tanggal mulai kapan kita bisa mengikuti kegiatan pembelajaran di sman 1 pandaan. Setelah itu dilanjutka pertemuan kedua yang sudah masuk ke fase kita diantarkan oleh dosen dari universitas negeri malang, kami diantar oleh pak zamroni selaku dosen dari jurusan BK.

Pertemuan kita sudah sampai di pertemuan ketiga dimana kita disambut oleh kepala sekolah beserrta waka dan guru pamong tentunya, kami disambut sangat hangat dan semua guru sangat exited diakrenakan ini pertama kali ada kegiatan seperti ini di SMAN 1 pandaan. 

Kami meminta bimbingan dan arahan dari bapak ibu guru selama berjalannya kegiatan ini dan mereka sangat senang menerima kami, setelah itu beberpaa hari kemudian kita memulai kegiatan AM dengan mengikuti kegiatan upacara bendera dan dilanjutkan dengan membahas spp dengan pak fahmi, kami memustuskan untuk mendampingi beliau selama 2 minggu untuk melakukan observasi pengajaran dan kami diarahkan bagaimana untuk menguasai suasana dalam kelas saat pembelajaran berlangsung. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun