Photo credit: FreepikÂ
Menjalankan bisnis atau jasa reflexology massage di era yang serba canggih seperti sekarang ini tentu membutuhkan strategi pemasaran yang lebih modern. Tidak lagi bisa dilakukan melalui flyer, iklan di televisi, atau mengandalkan iklan di radio. Penyedia jasa reflexology kini harus menerapkan strategi pemasaran digital atau digital marketing untuk bisa menjangkau calon customer.Â
Pemilik jasa massage juga bisa mengiklankan jasanya secara online atau bergabung di aplikasi urban lifestyle on-demand yang bekerja sama dengan vendor-vendor untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat. Berikut ini beberapa contoh strategi digital marketing yang bisa Anda coba untuk menawarkan layanan massage, reflexology, ataupun bisnis dan jasa lainnya.
Content marketing
Content marketing merupakan sebuah strategi digital marketing yang banyak dilakukan beberapa tahun ke belakang. Caranya adalah dengan membuat konten yang menarik audiens baru untuk promosi bisnis dan layanan, misalnya saja jasa reflexology massage, kemudian mengubah audiens menjadi customer yang menggunakan bisnis Anda. Pada intinya, Anda membuat suatu promosi yang berbeda dan mengandung pesan di dalamnya.
Anda bisa membuat content marketing ini dalam bentuk audio, video, artikel, gambar, dan sebagainya. Pastikan konten ini mendidik, informatif, menghibur, dan yang pasti menarik.
Salah satu contohnya adalah video tentang manfaat refleksi kaki sebagai bagian dari bisnis Anda. Video-video seperti ini berpotensi menarik viewers dan calon customer karena sifatnya yang informatif. Serta, sangat terbuka jika ingin dibagikan ulang ke khalayak ramai!
Search Engine Optimization
Search Engine Optimization (SEO) adalah istilah terkenal yang berhubungan dengan search engine. Ketika Anda mengetikkan sebuah keyword pencarian di Google, tentu akan ada banyak data yang ditampilkan. Secara alami, Anda tentu akan meng-klik atau memilih website teratas yang muncul di hasil pencarian teratas. Sedangkan website di peringkat bawah, ataupun page berikutnya, memiliki kesempatan yang lebih kecil untuk dikunjungi.
Inilah yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan website layanan reflexology massage Anda. Dengan menerapkan teknik SEO yang tepat, ada kemungkinan website reflexology milik Anda tampil di laman pertama dan teratas mesin pencarian Google. Dengan begitu, akan semakin banyak traffic dan jumlah calon customer yang berpotensi menggunakan layanan yang ditawarkan.
Video marketingÂ
Youtube menjadi salah satu layanan nonton video yang masih lumayan populer dan banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Viewer bulanan Youtube bahkan mencapai angka 2 miliar sepanjang tahun 2019. Angka yang cukup fantastis dan peluang yang cukup besar untuk memasarkan konten marketing Anda dengan berupa video singkat perkenalan jasa reflexology yang ditawarkan.
Namun demikian, ada ratusan video yang diunggah di Youtube setiap menit dan jamnya. Anda harus pastikan konten marketing refleksi kaki yang ditawarkan sesuai dengan algoritma Youtube 2020 sehingga bisa meningkatkan traffic organic. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan kata kunci di judul yang sesuai dengan isi video, memasukkan transcript di dalam video, dan memanfaatkan kotak deskripsi dengan mengisikannya tema dan isi video beserta keyword.
Salah satu contoh perusahaan layanan yang telah menerapkan strategi digital marketing di atas untuk meningkatkan brand awareness dan sales adalah Halo Jasa, aplikasi urban lifestyle yang menyediakan layanan on-demand, salah satunya adalah reflexology massage dan refleksi kaki. Strategi digital marketing yang dilakukan oleh layanan on-demand ini mampu menarik banyak audiens baru dan mengubahnya menjadi customer.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H