Mohon tunggu...
Irpanudin .
Irpanudin . Mohon Tunggu... Petani - suka menulis apa saja

Indonesianis :) private message : knight_riddler90@yahoo.com ----------------------------------------- a real writer is a samurai, his master is truth, his katana is words. -----------------------------------------

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Melampaui Standar Kesempurnaan Berkendara Bersama Honda Vario 150 eSP

5 Mei 2016   09:36 Diperbarui: 5 Mei 2016   23:15 216
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mengendarai sepeda motor sebenarnya susah loh, biarpun setiap hari jutaan sepeda motor berlalu-lalang di jalan raya. Sekedar “naik motor” sih memang gampang, apalagi motor matic. Latihan sekali dua kali ibu-ibu sudah bisa bawa matic ke jalan raya, walau pun masih kebalik ngasih lampu sein.

Apalagi kesempurnaan berkendara, itu bukan sekedar meliuk di tikungan sampai siku menyentuh aspal a la Marc Marquez. Kesempurnaan berkendara merupakan kombinasi ideal kecepatan, kenyamanan, dan keselamatan berkendara di atas motor.  Keselamatan menjadi utama sebab jalanan sebenarnya berbahaya. Tercatat  sepanjang tahun 2015 saja,  data Korlantas Polri menunjukkan angka hampir 27.000 orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas di seluruh wilayah Indonesia. Sebagian besar pengendara sepeda motor di usia produktif (solopos.com).

Selain faktor berupa kemahiran, kehati-hatian, perlengkapan, dan persiapan pengendara sebelum  menaiki sepeda motor, kesempurnaan berkendara juga terkait dengan faktor kendaraan. Karena ternyata sebuah sepeda motor bisa menjadi unsur utama yang mendukung kesempurnaan melaju di atas roda dua.

Penampilan Vario 150 Sempurna ( sumber: astra-honda.com )

Sebelum menentukan apakah sebuah sepeda motor mendukung kesempurnaan berkendara, ada 3 ujian perjalanan yang harus dilalui.

Pertama, bagaimana saat digunakan berkendara di jalan normal/biasa?

Kedua, bagaimana saat digunakan berkendara melewati jalan berkondisi ekstrim (tidak normal)?

Dan ketiga, bagaimana saat digunakan untuk perjalanan jauh?

vario-572aade92323bdaa07733f70.jpg
vario-572aade92323bdaa07733f70.jpg
3 Ujian Kesempurnaan Melaju Di Atas Roda Dua (ilustrasi pribadi)

Jika sudah melewati 3 perjalanan tersebut, barulah penilaian terhadap sebuah sepeda motor bisa lebih obyektif. Untuk itu izinkan saya berbagi informasi kesempurnaan berkendara dengan sepeda motor matic Honda Vario 150 eSP, dengan fitur-fitur yang disematkan padanya.

Berkendara Sempurna Di Jalan Biasa

Pernah mencoba memacu sepeda motor kencang-kencang? Jangan bohong bilang belum pernah loh, kalau jalan mulus dan sepi pasti pernah curi-curi kesempatan kan? Sobat riders mungkin merasakan ketika mendekati kecepatan 70-80 km/jam stang sebagian motor sudah mulai bergetar. Semakin kencang getaran ini, semakin sulit kita mengendalikan kendaraan, terutama untuk menikung atau menyalip yang membutuhkan presisi pengendalian. Jangan khawatir, getaran semacam itu tidak ada di Honda Vario 150 eSP. Stang Honda Vario 150 eSP sangat kokoh dan minim getaran, tanpa kehilangan presisi kendali.  

Meski pun tongkrongannya macho dengan karakter sporty dan gagah, mesin Honda Vario 150 eSP justru berwatak feminim, halus dan lembut sejak pertama kali dinyalakan. Itu berkat teknologi stater "Alternating Curent Generator" (ACG Starter). Hebatnya, saat dipacu pun suara dan getaran mesin masih terasa halus. Sedikit putaran gas cukup membuat Honda Vario 150 eSP ngacir tidak terkejar motor sekelas dari merk tetangga, sangat nyaman untuk menyalip.  

Bagi yang kesehariannya di daerah berbukit tarikan mesin 150 cc membuat Honda Vario 150 eSP sangat mudah melahap tanjakan. Tidak mengherankan karena dengan V-matic Technology akselerasi kendaraan lebih responsif, kerja mesin lebih halus, stabil dan bertenaga. Sebuah test dari pengguna independen menunjukkan Vario 150 eSP memiliki performa terbaik di kelasnya dengan akselerasi 12,3 detik pada jarak 0-201 m, sementara kecepatan maksimumnya mencapai 115 km/jam.

Bagaimana saat Honda Vario 150 eSP dibawa menikung? Kawan saya yang bernama Bang Iyan menceritakan pengalamannya melewati sebuah bundaran menunggangi Honda 150 eSP miliknya saat jalan sepi. Dalam kecepatan sekitar 60 km/jam yang sempat diliriknya di speedometer, Bang Iyan melibas bundaran sambil memiringkan motor hingga nyaris rebah. “Berasa jadi pebalap motogp” katanya sambil terbahak. Walau pun aksi nekat Bang Iyan sebaiknya tidak ditiru, bisa disimpulkan kenyamanan menikung dengan Honda Vario 150 eSP tidak perlu diragukan.

Sayangnya realita sehari-hari, jalanan sepi adalah kemewahan yang jarang kita temui, apalagi pagi hari di ibukota. Naik motor lebih sering pelan merayap, menekan rem dan tarik ulur gas adalah hal yang biasa. Fitur Combi-Brake System (CBS) yang dipatenkan Honda berfungsi melakukan sinkronisasi rem depan dan belakang, sehingga pengereman menjadi lebih optimal, membuat Honda Vario 150 eSP nyaman digunakan ketika kita harus sering menekan tuas rem.

Nyaman untuk melaju kencang, melahap tanjakan, berbelok di tikungan, dan meliuk melewati padatnya lalu lintas terasa mudah berkat fitur yang disematkan di Honda Vario 150 eSP. Tapi biarpun Honda Vario 150 eSP asyik dibawa ngebut dan dilengkapi sistem pengereman modern, perhatikan rambu lalu lintas, tetap hati-hati dan waspada saat berkendara, ingat keluarga menanti di rumah. Buat apa kencang, kalau tidak bisa sampai rumah dengan selamat?

jalan-normal-572afeba8623bdb60c44eba3.jpg
jalan-normal-572afeba8623bdb60c44eba3.jpg
Berkendara Sempurna Di Jalan Biasa ( ilustrasi pribadi )

Berkendara Sempurna Dengan Kondisi Jalan Ekstrim (Tidak Normal)

Tadi kita bercerita tentang berkendara sempurna di jalan biasa. Bagaimana kalau Honda Vario dibawa ke jalanan esktrim? Masihkah mendukung kesempurnaan berkendara? Ok, sebelumnya kita klasifikasikan yang dimaksud jalan ekstrim yang sering kita temui.  

Pertama kondisi hujan. Sobat riders yang sering menerjang hujan pasti pernah merasakan licinnya jalanan yang tertutup air, saat mengerem motor akan meluncur lebih jauh dibanding kondisi jalan kering. Bahkan kalau hujan lebat di beberapa daerah kadang terjadi banjir.  Sistem pengereman CBS yang tadi diceritakan, sangat mampu diandalkan untuk menghentikan laju sepeda motor sekaligus mencegahnya tergelincir ketika meluncur di jalanan yang tertutup air. Lalu dengan jarak terendah bagian sasis Honda Vario 150 eSP 135 mm, dan dengan lubang knalpot 4.050 mm dari permukaan tanah, Honda Vario 150 eSP cukup tinggi untuk melintasi genangan air setinggi betis orang dewasa.

Walau pun menunggangi Honda Vario 150 eSP untuk melibas hujan cukup asyik, tapi tetap hati-hati ya sobat. Sebab jalan berlubang dan rusak sama ratanya dengan jalan mulus ketika tertutup air karena hujan lebat.

Kalau cerita jalan rusak dan bergelombang, kondisi ekstrim kedua yang sering kita temui, pastinya berhubungan dengan shockbreaker, atau peredam kejut. Setting lengan ayun dengan shockbreaker tunggal untuk bagian belakang dan Teleskopik untuk bagian depan, Honda Vario 150 eSP lebih dari nyaman untuk dikendarai sehari-hari. Apalagi kondisi jalan di negara kita yang banyak polisi berbaring di tengah jalan (baca: polisi tidur).   Tapi kalau sobat ingin suspensi yang lebih empuk karena jalan yang sehari-hari dilewati sudah rusak parah, di pasaran pun sudah banyak produsen memproduksi shockbreaker yang sesuai untuk Honda Vario 150 eSP. Didukung jok yang lembut namun tidak mudah kempes, Honda Vario 150 eSP tergolong sangat ramah pada pantat, nyaman meski diduduki lama.

Kondisi ekstrim ketiga adalah jalanan gelap, atau khusus teman-teman yang sering melintasi gunung: jalan berkabut. Revolusi penerangan dari Honda Vario 150 eSP menghadirkan penggunaan Light-Emiting Diode (LED) di 4 titik, 2 untuk lampu jauh dan 2 untuk lampu pendek, sebagai lampu utamanya. Penggunaan Lampu LED di 4 titik ini diperkuat multireflektor, membuat penerangan lebih fokus dan maksimal, membantu kita berkendara sempurna baik di jalan tertutup kabut, atau pun melintasi malam gelap gulita tanpa terang rembulan dan bintang bertaburan.

img-20160427-122847-572aafe12e97736e05976c90.jpg
img-20160427-122847-572aafe12e97736e05976c90.jpg
Desain Sporty Lampu Utama Dengan LED (sumber : dok pribadi )  

Pemilihan lampu LED ini tentunya memiliki alasan, antara lain cahaya yang dihasilkan lampu LED 9x lebih terang dibandingkan lampu pijar. Sehingga untuk tingkat kecerahan yang sama lampu LED hanya mengkonsumsi energi sekitar 10% dibanding lampu pijar yang masih banyak digunakan kendaraan lain.  Selain itu jika tidak ada gangguan kelistrikan, umur lampu LED bisa 20-40 kali lebih awet dari lampu pijar. Jadi meski pun lampu utama wajib dinyalakan pada pagi, siang, dan malam hari, memakai Honda Vario 150 eSP membuat kita melupakan kapan harus mengganti lampu utama.  

Tidak kalah dari lampu depan, bagian belakang Honda Vario 150 eSP juga dilengkapi multireflektor yang memberikan cahaya lebih terang untuk memberi isyarat. Terangnya sangat mudah menarik perhatian tetapi tidak mengganggu pandangan pengendara lain di belakang dan samping, sehingga meningkatkan keselamatan diri kita dan pengendara lain.

img-20160427-122719-572aafaef1927351048b4583.jpg
img-20160427-122719-572aafaef1927351048b4583.jpg
Desain Elegan Lampu Belakang ( sumber: dok pribadi )

Jika membicarakan keselamatan dalam perjalanan, sekali lagi penulis ingatkan keselamatan tetap prioritas utama dalam kesempurnaan berkendara. Meski pun dengan Honda Vario 150 eSP mampu berkendara sempurna melintasi jalan rusak, melewati hujan dan banjir, hingga kondisi gelap dan berkabut, itu bukan alasan untuk kita ngebut-ngebutan. Sampai rumah dengan selamat tetap diutamakan.

jalan-ekstrim-572aaec36c7e6147056ae47a.jpg
jalan-ekstrim-572aaec36c7e6147056ae47a.jpg
Berkendara Sempurna Di Jalan Ekstrim ( ilustrasi pribadi )

Berkendara Sempurna Dalam Perjalanan Jauh

Manusia mengalami kelelahan fisik dan mental saat perjalanan jauh, sementara sebuah kendaraan dipaksa melalui berbagai kondisi jalan, setiap komponennya melakukan kerja maksimal dan mesin menghasilkan panas tinggi dari gesekan piston. Jika perjalanan melewati berbagai kondisi tuntas terbahas, bagaimana dengan panas mesin berlebih yang bisa mengganggu kinerja motor? Intelegent Low Friction (Teknologi Minim Gesekan) yang disematkan pada mesin Honda Vario 150 eSP dirancang meminimalisir gesekan, selain mengurangi energi yang terbuang, juga meminimalisir panas yang dihasilkan mesin. Teknologi ini mencegah mesin mengalami panas berlebih yang akan mengganggu kinerja sepeda motor saat perjalanan jauh.

Perjalanan jauh juga tidak lepas dari barang bawaan. Untuk kenyamanan perjalanan jauh anda, Honda Vario 150 eSP menyediakan bagasi ber-volume 18 liter, yang sanggup menampung sebuah helm full face. Bagasi yang lapang sangat berguna mengurangi beban bawaan. Saat beban bawaan lebih banyak berada di bagasi, kendaraan pun lebih stabil dikendarai, pada utamanya meningkatkan keselamatan kita ketika berkendara jauh.

honda-cengkareng-572aaf31f1927351048b457b.png
honda-cengkareng-572aaf31f1927351048b457b.png
Bagasi Yang Lapang ( sumber : www.hondacengkareng.com )

Belum cukup dengan bagasi lapang?  Ada rak serbaguna di bawah stang. Rak yang sangat fungsional ini bermanfaat untuk menyimpan barang bawaan berukuran kecil dan sering digunakan selama perjalanan, seperti tempat minum, tissue atau sarung tangan.

Walau pun desain Honda Vario 150 eSP dirancang sedemikian rupa agar menghasilkan posisi duduk yang nyaman bagi sebagian orang Indonesia, tetap saja kalau perjalanan jauh kita mengalami kelelahan, paling tidak pegal kaki. Nah, kalau kaki mulai lelah dengan posisi di bawah, sobat riders bisa mengistirahatkan kaki dengan merubah posisi dan meletakkannya di pijakan samping. 

img-20160423-154149-572aaf75b6937345080699a0.jpg
img-20160423-154149-572aaf75b6937345080699a0.jpg
Istirahatkan Kaki Saat Lelah ( sumber: dok pribadi )

Berkendara sempurna untuk perjalanan jauh, Honda Vario 150 eSP jawabannya. Menggunakan Honda Vario 150 eSP dengan berbagai kelengkapannya akan mengurangi keletihan fisik dan mental selama perjalanan panjang. Tapi tetap jangan lupakan istirahat secara berkala, agar lebih konsentrasi mengemudikan kendaraan dan mengurangi resiko kecelakaan. 

Fitur Honda Vario 150 eSP Lain Yang Mewujudkan Kesempurnaan Berkendara

Dari tadi disebut terus-terusan, sebenarnya apa sih kepanjangan eSP? ESP adalah “Enhanced Smart Power”, teknologi rangkaian mesin generasi terbaru model skuter matic global keluaran Honda. Sepeda motor yang menggunakan teknologi eSP ini memiliki efisiensi pembakaran optimal dan mereduksi energi yang terbuang, sehingga penggunaan bahan bakar lebih efisien. Hasilnya adalah sebuah sepeda motor yang memiliki performa maksimal namun hemat bahan bakar. 

esp-572b021107b0bd1a058842e8.png
esp-572b021107b0bd1a058842e8.png
Honda eSP ( sumber: hondacengkareng.com )

Belum lagi dukungan teknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection), yaitu teknologi untuk mengoptimalkan pembakaran dengan injektor yang mensuplai bahan bakar secara presisi dan menghasilkan pembakaran lebih sempurna (highly efficient combustion) di dalam ruang bakar mesin, menjadikannya lebih efisien. Tidak heran jika hasil test otomotifnet.com menemukan konsumsi bahan bakar Honda Vario 150 eSP hanya 48km/liter, yang terbaik di kelasnya.

Bagi para pecinta lingkungan, pembakaran sempurna di ruang mesin merupakan sebuah kabar baik. Karena semakin efisien pembakaran, semakin rendah emisi gas buang berbahaya (seperti CO dan NOx) yang dihasilkan sebuah mesin, semakin ramah lingkungan. Apalagi didukung fitur Idling Stop System (ISS), fitur yang akan otomatis mematikan mesin Honda Vario 150 eSP setelah berhenti selama 3 detik. Untuk menyalakan mesin kembali cukup tarik gas, langsung ngacir tanpa perlu menekan tombol starter.  

Masih ingat saat Bang Iyan yang ngebut di bundaran? Berkat desain panel meter elegan dan indikator fungsional yang lengkap, memiliki konfigurasi jelas, mudah dipantau, dan informatif, Bang Iyan mampu melibas bundaran dalam laju cukup tinggi sambil memantau kecepatan tunggangannya.

img-20160423-154033-572ab041b69373d0080699a0.jpg
img-20160423-154033-572ab041b69373d0080699a0.jpg
Desain Speedometer Yang Mudah Dibaca Dan Handling Stang Prima ( sumber : dok pribadi )

Aman dan nyaman tidak hanya saat pengendara duduk di atas jok, tapi juga saat kendaraan ditinggalkan. Untuk itulah Honda Vario 150 eSP dilengkapi Secure Key Shutter sebagai alat keamanan kendaraan dari tindak curanmor disertai tombol pembuka jok untuk memudahkan akses ke bagasi di bawah jok dan tangki bahan bakar.

img-20160423-153758-572b0562709773230c75bef3.jpg
img-20160423-153758-572b0562709773230c75bef3.jpg
Secure Key Shutter, Tombol Pembuka Jok dan Rak Serbaguna (sumber: dok pribadi)

Sobat riders mungkin pernah mengalami atau melihat orang berteriak: “standar bang” sambil menunjuk ke bawah motor karena standar belum dinaikkan. Pada banyak kasus, keteledoran kecil semacam ini bisa menjadi penyebab kecelakaan fatal. Nah, guna mengurangi resiko kecelakaan akibat pengendara lupa menaikkan standar samping, Honda Vario 150 eSP dilengkapi Side Stand Swicth. Fungsinya mematikan mesin secara otomatis saat standar samping diturunkan atau belum dinaikkan, sebagai kelengkapan keselamatan yang mendukung kesempurnaan berkendara. 

img-20160430-160841-572ad62e7097732c0a75bf00.jpg
img-20160430-160841-572ad62e7097732c0a75bf00.jpg
Side Stand Switch ( sumber: dok pribadi )

Masih untuk melindungi dari ketidaksengajaan yang membahayakan, Honda Vario 150 eSP juga dilengkapi Parking Brake Lock. Fitur ini berfungsi mencegah motor bergerak secara mendadak atau meloncat saat mesin dihidupkan dan pada saat berhenti. 

Keselamatan juga tidak cuma bagi pengendara dan “selamat di jalan raya”, tapi juga perlindungan penumpang dan dari hal-hal yang membahayakan di kendaraan, panas knalpot misalnya. Menyadari adanya potensi bahaya internal tersebut Honda Vario 150 eSP dilengkapi pelindung knalpot, yang akan menjamin orang-orang yang anda cintai terlindung dari resiko terpapar panas knalpot saat dibonceng.

img-20160502-111741-572ab0b6717a61f509f811d7.jpg
img-20160502-111741-572ab0b6717a61f509f811d7.jpg
Gagah Sejak Diangkut ( sumber: dok pribadi ) 

Selain cepat, nyaman, dan aman, Honda Vario 150 eSP memberikan satu bonus yaitu: keren! Honda Vario 150 eSP terbaru didesain sporty, elegan, dan artistik. Dilengkapi desain velg palang 10 dan tulisan emblem 3 Dimensi di body motor, memberi kesan bahwa Honda Vario 150 eSP bukan sekedar kendaraan tapi sebuah karya seni. Membikin bangga kalau dibawa menjemput si dia di rumah calon mertua buat nonton ondel-ondel.

Ketika kesempurnaan berkendara lebih dari sekedar kata-kata, Honda  Vario 150 Sempurna mewujudkannya.

Bahan bacaan dan sumber gambar

1. http://www.hondacengkareng.com/fitur-canggih-pada-motor-honda-vario-150-esp/  

2. http://www.motorexpertz.com/read/2015/01/14/6716/Fitur-fitur-Ini-Nih-yang-Bikin-Vario-150-eSP-Lebih-Eksklusif

3. http://www.astra-honda.com/produk/kendaraan/vario-150-esp/  

4. http://www.hondacengkareng.com/teknologi-combi-brake-system-motor-honda/

5. http://otomotifnet.com/Motor/Test/Test-Ride-Honda-Vario-150-Esp-Ini-Data-Lengkap-Akselerasi-Dan-Konsumsi-Bbm-Nya  

6. http://dishub-kablumajang.blogspot.co.id/p/blog-page_1627.html

7. http://solopos.com/2016/04/10/angka-kecelakaan-sepanjang-2015-27-000-orang-meninggal-di-jalan-708925

8. http://www.oled-a.org/images/pdfs/OLED%20Myths.pdf 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun