Mohon tunggu...
Dea Laila Puspita Sari
Dea Laila Puspita Sari Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa aktif Universitas Negeri Semarang yang baru menulis di Kompasiana. Melalui tulisan, saya ingin menginspirasi dan memberi manfaat bagi pembaca. Siap untuk terus belajar dan berkembang!

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Melalui Drama di Sekolah Dasar

2 Desember 2024   15:08 Diperbarui: 2 Desember 2024   15:30 90
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Pementasan Drama Anak Sekolah Dasar. (sumber: https://images.app.goo.gl/U8Y6kx4EfjxE2PWL

Kepercayaan diri adalah modal penting bagi anak-anak untuk berkembang, baik di sekolah maupun kehidupan sehari-hari. Menurut KBBI, kepercayaan diri diartikan sebagai keyakinan atas kemampuan diri sendiri. Namun, bagi banyak anak, tampil di depan umum atau berbicara di kelas bisa menjadi hal yang menakutkan. Mereka sering merasa malu atau ragu dengan kemampuan diri. Lalu, bagaimana cara membantu anak-anak mengatasi rasa tidak percaya diri ini? Salah satu solusi yang efektif adalah melalui drama.

Melalui drama, anak-anak tidak hanya belajar mengekspresikan diri dan bekerja sama, tetapi juga mendapatkan pengalaman berharga tampil di depan orang lain dengan percaya diri. Aktivitas ini mengajak anak-anak untuk keluar dari zona nyaman mereka, memainkan peran yang berbeda, dan belajar menghadapi tantangan dengan cara yang menyenangkan. Drama, lebih dari sekadar seni pertunjukan, menjadi alat yang ampuh untuk membangun rasa percaya diri yang akan bermanfaat sepanjang hidup mereka.

Pembelajaran Drama di Sekolah Dasar

Pendidikan di Sekolah Dasar sangat penting dalam membentuk keterampilan dasar dan pengetahuan siswa untuk jenjang pendidikan selanjutnya. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, perlu dilakukan perbaikan dalam proses pembelajaran dan pengembangan kompetensi guru. Hal ini dapat dicapai dengan mengembangkan materi pelajaran yang ada dan meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan metode pembelajaran yang efektif, sehingga siswa dapat menyerap materi dengan lebih baik.

Drama di Sekolah Dasar bukan hanya tentang menghafal naskah atau memahami unsur-unsur drama, tapi juga tentang bagaimana siswa bisa merasakannya dan mempraktikkannya. Melalui drama, anak-anak diajak untuk berbicara di depan umum, bekerja sama dengan teman-teman, dan mengekspresikan perasaan mereka melalui karakter yang mereka perankan.

Drama membantu mengenalkan nilai-nilai seperti kerja sama, empati, dan keberanian. Saat memerankan tokoh, siswa belajar memahami perspektif orang lain dan merasakan emosi yang berbeda, yang meningkatkan karakter dan rasa percaya diri mereka, berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Mengapa Drama Dapat Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak?

Drama melibatkan anak-anak dalam berbagai kegiatan yang menuntut mereka untuk berinteraksi, berbicara, dan berpikir kreatif. Drama membantu meningkatkan percaya diri, keberanian berbicara, dan keterampilan sosial anak. Selain itu, drama memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk “keluar dari diri mereka sendiri.” Mereka dapat memerankan karakter lain, yang membantu mereka mengurangi rasa takut akan penilaian orang lain.

Manfaat drama di sekolah dasar meliputi:

  • Meningkatkan keberanian berbicara di depan umum dan membangun rasa percaya diri.
  • Mengembangkan keterampilan sosial, seperti kerja sama, mendengarkan, dan saling menghargai.
  • Mendorong kreativitas dalam mengekspresikan ide dan emosi melalui pemainan peran.

Langkah Praktis Menerapkan Drama di Kelas untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri

Berikut beberapa langkah praktis untuk menerapkan drama sebagai sarana membangun kepercayaan diri di sekolah dasar:

  • Pilih Tema yang Dekat dengan Kehidupan Anak: Tema yang relevan, seperti dongeng rakyat atau cerita kehidupan sehari-hari, akan lebih mudah dipahami dan menarik bagi anak-anak.
  • Sesuaikan Peran dengan Kemampuan Anak: Peran yang disesuaikan dengan kepribadian anak sangat penting. Anak yang lebih pemalu bisa diberikan peran sebagai narator atau tokoh pendukung, sementara anak yang lebih percaya diri bisa memerankan tokoh utama.
  • Ciptakan Lingkungan yang Aman dan Mendukung: Guru perlu menciptakan suasana yang aman dan nyaman, dengan memberi umpan balik positif. Ini akan membantu anak merasa didukung dan percaya diri dalam mengekspresikan diri mereka melalui drama.

Kendala dalam Pelaksanaan Drama dan Cara Mengatasinya

Pelaksanaan drama di sekolah sering mengalami kendala teknis dan psikologis. Kendala teknis meliputi waktu latihan yang terbatas akibat jadwal pelajaran yang padat dan keterbatasan sumber daya seperti properti atau ruang. Solusinya, guru dapat memanfaatkan waktu luang, seperti jam istirahat atau kegiatan ekstrakurikuler, serta menggunakan barang-barang sederhana untuk properti agar tetap kreatif.

Kendala psikologis seperti rasa malu atau takut tampil di depan umum, terutama pada anak pemalu, dapat diatasi dengan pendekatan bertahap. Latihan dimulai dalam kelompok kecil sebelum beralih ke audiens yang lebih besar. Pendekatan ini membantu anak membangun rasa percaya diri secara perlahan tanpa tekanan. Dengan strategi yang tepat, kendala dapat diminimalkan, dan anak-anak memperoleh manfaat maksimal dari kegiatan drama.

Guru memainkan peran kunci dalam kegiatan drama sekolah dengan membimbing siswa memahami karakter dan emosi yang harus diperankan. Mereka juga memberikan dukungan untuk siswa yang kurang percaya diri, memotivasi mereka untuk tampil, dan memberikan umpan balik positif. Dukungan ini membantu siswa merasa dihargai dan termotivasi untuk terus berkembang.

Contoh Nyata Penerapan Drama

Di banyak sekolah dasar di Indonesia, kegiatan drama sering kali dimanfaatkan untuk menyampaikan nilai-nilai kehidupan atau memperingati hari besar. Sebagai contoh, dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, siswa memerankan peristiwa perjuangan tokoh nasional seperti Bung Tomo atau Cut Nyak Dien. Mereka menampilkan adegan perjuangan melawan penjajah untuk meraih kemerdekaan. Drama ini tidak hanya mengenalkan sejarah perjuangan bangsa tetapi juga membangkitkan semangat patriotisme pada siswa. Selain itu, mereka diajak untuk memahami makna keberanian dan pengorbanan.

Drama di Sekolah Dasar merupakan alat yang efektif untuk membangun kepercayaan diri anak. Melalui drama, anak-anak belajar mengekspresikan diri, bekerja sama, dan tampil di depan umum, yang semuanya penting untuk perkembangan sosial dan emosional mereka. Drama juga mengajarkan nilai-nilai seperti empati, keberanian, dan kerjasama. Meskipun menghadapi tantangan seperti keterbatasan waktu dan sumber daya, dengan pendekatan yang tepat, kendala-kendala ini dapat diatasi. Strategi untuk melibatkan anak-anak, terutama yang pemalu, termasuk memberi peran yang sesuai, membangun kepercayaan diri secara bertahap, dan fokus pada proses belajar. Secara keseluruhan, drama memberikan manfaat besar dalam meningkatkan keterampilan sosial, keberanian, dan kreativitas anak-anak.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun