Mohon tunggu...
Dea WS
Dea WS Mohon Tunggu... Administrasi - Administrasi Pendidikan-Universitas Jambi. Mahasiswa Pejuang Nilai Dosen Yang Memiliki Semangat 45 :)

Manjadda Wa Jadda

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Pendidikan Inklusi di Kalangan ABK

2 Juni 2022   07:00 Diperbarui: 2 Juni 2022   07:12 401
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan inklusi ialah sebuah sistem layanan pendidikan yang mengatur siswa dan siswi nya agar dapat dilayani di sekolah terdekat, umumnya dengan bersama-sama teman sebayanya. Tanpa di kosan kelasnya agar siswa dapat belajar bersama dengan akses dan sarana yang mendukung untuk semua siswa tanpa terkecuali di fabel. 

Pendidikan inklusif memiliki tujuan, memastikan semua anak memiliki akses terhadap pendidikan yang terjangkau dan efektif efisien. Memberi dorongan dan semangat serta memastikan semua pihak agar dapat membuat sebuah lingkungan belajar yang kondusif di dalam pembelajaran. 

Anak kebutuhan khusus atau ABK ialah anak yang memerlukan sebuah perhatian khusus karena dengan adanya gangguan perkembangan dan kelainan yang dialami oleh anak tersebut. 

Berkaitan dengan kata disabilitas, anak yang memiliki kebutuhan khusus ialah anak yang memiliki keterbatasan dalam beberapa kemampuan baik itu secara fisik seperti tuna rungu, tunanetra maupun beberapa kekurangan psikologis yang di dialami oleh anak tersebut.

Pengertian lain juga menyebutkan bahwasanya Pendidikan inklusi merupakan sebuah penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para peserta didik yang mempunyai kelainan dan memiliki sebuah potensi dalam kecerdasan atau Bakat istimewa yang bertujuan untuk mengikuti sebuah pembelajaran dalam pendidikan di dalam satu lingkungan pendidikan dengan bersama-sama hal seperti sekolah pada umumnya. 

Pesan untuk para pemerintah bahwasanya pendidikan inklusi khususnya pada pendidikan dasar perlu mendapat perhatian lebih. Karena pendidikan inklusi merupakan sebuah layanan pendidikan yang mengatas dasarkan untuk mengikutsertakan anak berkebutuhan khusus belajar dengan anak normal usia yang sebaya di anak luar biasa atau biasa yang dekat dengan tempat tinggalnya. 

Pada kalangan anak-anak yang memiliki ABK bersekolah terdekat dengan tempat tinggalnya merupakan sebuah mimpi yang mereka inginkan.

Di sekolah dasar pendidikan inklusi belum setara dengan visi pendidikan yang berdasarkan dengan inklusi etos yang menyongsong dan mengedepankan keragaman dan kesamaan hak dalam memperoleh suatu pendidikan. 

Dengan alasan kurikulum dan metode pembelajaran yang kaku sulit untuk dipelajari dan diakses oleh ABK masih belum pecahkan permasalahannya pada inklusi. Kemudian kurikulum juga belum dapat teratasi Karena kurangnya kemampuan guru. Tenaga pendidik juga belum dapat training tentang sebuah praktik dan kebanyakan mereka memberikan pembelajaran yang sifatnya hanya sebatas sosial saja. 

Dengan hal ini sekolah formal yang memiliki satu atau beberapa anak ABK gurunya masih menunjukkan sikap terpaksa dalam mendampingi ABK untuk memahami sebuah materi pembelajaran.

Dalam pendidikan inklusi terdapat beberapa kendala yang ditemukan dalam mengimplementasikannya. Yaitu masih minimnya sarana dan prasarana untuk menunjang sistem pendidikan inklusi, dan terbatasnya kemampuan serta pengetahuan tentang keterampilan yang dimiliki oleh para guru di sekolah inklusi. 

Tertawa sekolah yang memiliki anak yang difabel. Dalam hal ini bisa dikategorikan pada pembelajaran di lembaga pendidikan tersebut merupakan praktik sebuah program eksperimental saja. Dalam permasalahan ini jelas menambah sebuah tanggung jawab yang besar yang harus dibuat bagi para tenaga pendidik untuk menghadapi sebuah persoalan di lapangan pembelajaran.

Dangan begitu sekolah pada kendaraan pendidikan inklusif perlu didukung dengan sebuah tenaga pendidik dengan mempunyai keahlian khusus dalam memproses pembelajaran dan membimbing serta membina anak-anak berkebutuhan khusus secara umum di sekolah umum yang memiliki pendidikan inklusi. 

Guru pembimbing khusus ialah guru yang yang diamanahkan untuk mendampingi anak berkebutuhan khusus dalam proses pembelajaran di kelas reguler yang berkualifikasi pendidikan luar biasa atau guru ini pernah mendapatkan dan mengikuti pelatihan tentang penyelenggaraan sekolah inklusi.

Dengan demikian, pentingnya sebuah peran dan tugas guru pembimbing khusus dalam penyelenggaraan sebuah pembelajaran di sekolah inklusi mencakup semua permasalahan yang terjadi di ABK khususnya di sekolah. Dengan memiliki sebuah sarana dan prasarana di sekolah inklusi yang dikhusus kan untuk guru pembimbing khusus. Dengan tujuan agar terciptanya sebuah pembelajaran yang semestinya bukan hanya sekedar pelabelan dan formalitas saja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun