Mohon tunggu...
Davina Indah zarani
Davina Indah zarani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Mahasiswi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Media Ajar Menggunakan Aplikasi Kahoot

14 Juli 2024   17:45 Diperbarui: 14 Juli 2024   17:55 48
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Media pembelajaran menggunakan Kahoot merupakan salah satu alternatif yang dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik. Kahoot adalah aplikasi yang memungkinkan guru untuk membuat kuis interaktif yang dapat diakses melalui internet. Berikut adalah penjelasan tentang penggunaan media pembelajaran menggunakan Kahoot:

Media pembelajaran menggunakan Kahoot adalah salah satu alternatif yang dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik. Kahoot adalah aplikasi yang memungkinkan guru untuk membuat kuis interaktif yang dapat diakses melalui internet. Berikut adalah penjelasan tentang penggunaan media pembelajaran menggunakan Kahoot:

Penggunaan Kahoot sebagai Media Pembelajaran

1. Tujuan dan Manfaat:
   - Media pembelajaran merupakan bagian penting dalam proses kegiatan belajar mengajar. Dengan menggunakan media, peserta didik dapat lebih mudah menyerap dan memahami materi yang disampaikan, baik di dalam maupun di luar kelas[1].
   - Kahoot dapat digunakan sebagai variasi dalam kegiatan belajar mengajar, karena peserta didik membutuhkan pembelajaran yang tidak monoton. Ini juga membantu guru untuk menunjang pembelajaran mereka di kelas, sehingga peserta didik lebih termotivasi dan merasa senang saat proses belajar mengajar sedang berlangsung[1].

2. Cara Kerja Kahoot:
   - Kahoot adalah aplikasi yang memungkinkan guru untuk membuat kuis interaktif yang dapat diakses melalui internet. Guru dapat membuat soal pilihan ganda dan memasukkannya ke dalam aplikasi Kahoot. Peserta didik dapat mengakses kuis ini menggunakan perangkat seperti laptop, smartphone, atau tablet yang terhubung ke internet.
   - Setelah peserta didik mengakses kuis, mereka dapat langsung menjawab soal dengan menggunakan perangkat mereka. Hasilnya dapat dilihat secara langsung dengan urutan peringkat, yang dapat meningkatkan motivasi peserta didik untuk berpartisipasi lebih aktif dalam proses belajar.

3. Tipe Penggunaan Kahoot:
   - Ada dua tipe dalam menggunakan Kahoot, yaitu klasik dan mode. Klasik adalah tipe yang paling umum digunakan, di mana peserta didik dapat menjawab soal dengan cepat. Mode adalah tipe yang lebih interaktif, di mana peserta didik dapat berpartisipasi dalam permainan yang lebih dinamis[1].

4. Implementasi dan Evaluasi:
   - Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan Kahoot dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan menunjukkan perbedaan yang signifikan.

5. Pengembangan dan Evaluasi Media:
   - Proses pembelajaran yang menggunakan Kahoot dapat diuji coba dan divalidasi oleh validator. Hasil validasi dapat dilihat pada tabel penilaian yang menunjukkan bahwa media Kahoot dapat menarik perhatian peserta didik dan memiliki nilai rata-rata yang tinggi. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji coba media yang menunjukkan bahwa peserta didik merasa bahwa media Kahoot dapat menarik perhatian mereka dan membuat proses belajar tidak membosankan[3].

Kesimpulan

Kahoot adalah media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik. Dengan menggunakan Kahoot, guru dapat membuat kuis interaktif yang dapat diakses melalui internet, yang dapat meningkatkan partisipasi peserta didik dalam proses belajar. Media ini juga dapat digunakan sebagai variasi dalam kegiatan belajar mengajar, yang dapat membantu peserta didik tetap termotivasi dan merasa senang saat belajar.

Pembuatan media pembelajaran dengan Kahoot melibatkan beberapa tahap yang harus dilakukan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Registrasi dan Login:
   - Akses website Kahoot.com.
   - Jika belum memiliki akun, daftar dengan tombol "Sign Up".
   - Setelah login, isi data diri seperti nama, username, negara, dan nama sekolah.

2. Membuat Akun:
   - Klik tombol "Create" di bagian kanan atas dashboard.
   - Pilih "Create a new kahoot".
   - Masukkan nama kahoot, deskripsi, dan kategori.

3. Membuat Soal:
   - Tambahkan soal dengan jenis "Quiz" atau "True or False".
   - Masukkan pertanyaan dan pilihan jawaban.
   - Tambahkan gambar atau video jika diperlukan.
   - Atur batas waktu dan poin untuk setiap pertanyaan.

4. Pratinjau dan Simpan:
   - Pratinjau kahoot untuk memastikan bahwa semua pertanyaan dan pengaturan sesuai.
   - Klik "Save" untuk menyimpan kahoot.

5. Bermain Kahoot:
   - Untuk bermain, peserta didik dapat mengakses link atau PIN yang diberikan oleh guru.
   - Peserta didik dapat mengakses kahoot.it dan masuk dengan menggunakan PIN yang diberikan.

6. Evaluasi:
   - Setelah bermain, peserta didik dapat melihat hasilnya secara langsung dengan urutan peringkat.
   - Guru dapat menggunakan hasil ini untuk menilai pemahaman peserta didik.


cara menggunakan dalam pembelajaran

1. Kami memberikan materi menggunakan power point.

2. Kami memberikan tugas melalui aplikasi kahoot.

3. Murid membuka link yang sudah kami berikan.

4. mengerjakan beberapa soal yang telah kami berikan.

5. mengevaluasi dari hasil yang sudah di kerjakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun