Mohon tunggu...
Henny Gloria
Henny Gloria Mohon Tunggu... Mahasiswa - Sedang Belajar Menulis

Menjalani karier sebagai penulis selalu dianggap sebagai pekerjaan yang keren. Hal ini menjadi motivasi saya untuk melatih dan mengasah kemampuan saya dalam menulis cerita.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Membangun Literasi dan Numerasi Melalui Kampus Mengajar Universitas Negeri Medan

1 Agustus 2023   19:11 Diperbarui: 1 Agustus 2023   19:15 454
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hai teman-teman pada artikel ini, kami akan menceritakan terkait pengalamn yang kami alami selama bertugas di kampus mengajar.

1. Sekolah SDN 024868 Medan

Perkenalkan nama saya Irene Karolina Samosir dari Universitas Negeri Medan Jurusan Matematika Prodi Pendidikan Matematika. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman dan kesan yang saya terima selama saya menjadi bagian dalam Kampus Merdeka, yaitu program Kampus Mengajar angkatan kelima. Menjadi hal yang sangat berkesan karena saya di beri kesempatan untuk pertama kali merasakan dalam berkontribusi meningkatkan literasi dan numerasi di sekolah SDN 024868. 

Pertama kali saya dan tim melakukan observasi untuk minggu pertama. Setelah itu di minggu kedua sampai masa akhir penugasan kami melakukan hal menarik, dan kegiatan menarik untuk meningkatkan literasi dan numerasi. Terkhusus yang saya lakukan untuk kegiatan literasi dan numerasi adalah sebagai berikut : Literasi,  Tugas saat saya melakukan game ini adalah mengeprint 38 nama provinsi lalu di gunting, kemudian digulung di masukkan ke dalam pipet sehingga membentuk sebuah tablet obat.

Kemudian di letakkan 38 nama provinsi yang sudah di dalam pipet ke sebuah toples.  Seperti contoh: Provinsi Sumatera Utara, Ibu Kota : 13,5,4,1,14. Demikian seelanjutnya. Untuk numerasi yang saya lakukan adalah pembuktian rumus luas permukaan bola dengan menggunakan media kulit jeruk. Jadi yang saya lakukan adalah membimbing siswa untuk membelah jeruk menjadi 2 bagian, dan membimbing sampai terbentuknya rumus  luas permukaan bola yaitu 4 .π.r². Dan berbagai acara seperti untuk gebyar ramadhan, dan saat itu ada lomba  tahfizh, lomba adzan untuk menyambut bulan ramadhan.

Hal yang paling berkesan adalah ketika kami datang dan menerapkan kegiatan menarik literasi dan numerasi setiap siswa merasa tertarik, dan bahagia mengikuti pembelajaran. Kehadiran kami sangat berdampak bagi peningkatan nilai literasi dan numerasi terkhusus pada masa post test AKM. Ketika kami selesai penugasan, kami merasa tersentuh karena setiap guru, siswa dan orangtua murid merasa kehilangan dan menasehati kami untuk lebih baik lagi, lebih rajin, untuk tetap maju dan semangat dalam menyelesaikan perkuliahan kami. Begitulah pengalaman yang saya alami selama penugasan dalam masa Kampus Mengajar.

2. SD Negeri 060824 Medan

Perkenalkan nama saya Henny Datubara dari Universitas Negeri Medan. Saya juga alumni dari Program Kampus Mengajar 5. Saya ingin berbagi pengalaman saya selama saya mengikuti program Kampus Mengajar lewat artikel yang saya buat ini.

Pendidikan adalah kunci bagi perkembangan masyarakat dan generasi mendatang. Melalui pendidikan yang berkualitas, anak-anak dapat dikembangkan potensinya dengan baik. Saya merasa beruntung menjadi salah satu mahasiswa yang terpilih untuk mengikuti program Kampus Mengajar di SD Negeri 060824 Medan.

Dalam penerimaan saya mengikuti program Kampus Mengajar di SD Negeri 060824 Medan, baik kepala sekolah, guru, dan siswa-siswi di SD Negeri 060824 Medan menyambut saya bersama teman-teman dengan respon positif terhadap kami mahasiswa Kampus Mengajar. Mereka menyambut kami dengan senang hati dan memberikan dukungan penuh dalam kegiatan pembelajaran. Kepala sekolah dan guru memberikan panduan dan arahan yang berharga dalam upaya kami untuk memberikan kontribusi terbaik bagi kemajuan pendidikan di sekolah ini.

Tanggapan positif juga datang dari siswa-siswi, mereka antusias dalam pembelajaran dan senang dengan pendekatan baru yang kami hadirkan. Melihat mereka semakin tertarik dan antusias dalam belajar, membuat kami semakin termotivasi untuk memberikan yang terbaik dalam program Kampus Mengajar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun