Kereta api menjadi moda transportasi favorit masyarakat Indonesia saat ini. Banyak hal yang bisa diperoleh saat naik kereta api, misal pemandangan indah berupa sawah yang hijau, pegunungan, hingga laut yang luas.
Selain itu, kereta api juga terkenal dengan ketepatan waktunya, baik saat berangkat maupun tiba di stasiun tujuan. Ketepatan waktu inilah yang menjadi salah satu nilai plus jika  dibandingkan transportasi darat lainnya.
Dari segi fasilitas, KAI juga telah melakukan berbagai inovasi yang membuat penumpang merasa nyaman saat naik kereta api. Bahkan fasilitas yang berada di stasiun pun tak kalah baiknya.
Di tangan Direktur Utama KAI saat ini, yakni Bapak Didiek Hartantyo, kereta api diubah menjadi salah satu transportasi dengan berbagai keunggulan.
Salah satu hal yang membuat saya terkesan adalah pengadaan gerbong kereta baru yakni Kereta Api Stainless Steel New Generation buatan PT INKA (Persero).
Kereta api Stainless Steel New Generation memiliki berbagai keunggulan seperti tampilan yang lebih mewah dan modern, pintu otomatis, adanya PIDS yang memberikan informasi nama stasiun, kecepatan kereta api saat berjalan hingga nama kondektur yang sedang bertugas.
Selain itu, untuk kereta kelas ekonomi Stainless Steel New Generation juga telah mengadopsi kursi yang searah dengan perjalanan kereta api. Hal ini semakin membuat nyaman perjalanan menggunakan kereta api.
Perubahan nyata lainnya yang dilakukan di era Bapak Didiek Hartantyo yakni dengan melakukan modifikasi kereta ekonomi Kemenhub kursi 2-2 yang masih saling berhadapan dengan kursi tegak lurus menjadi kereta ekonomi New Generation Modifikasi.
Perubahan tersebut tentu saja menjadi hal yang patut diapresiasi, karena pelanggan selalu menginginkan fasilitas yang nyaman saat naik kereta api.
Dari sisi stasiun, kini juga tampak berbagai perubahan. Misalnya dengan pengadaan fasilitas Face Recognition Boarding Gate yang membuat penumpang kini tak perlu lagi untuk antri saat akan masuk ke dalam stasiun.
Berbekal data dari KTP yang telah diinput ke aplikasi Access by KAI, penumpang hanya perlu 'setor' wajah untuk bisa masuk ke dalam stasiun tanpa antri lagi.
Adapun fasilitas lain seperti ruang tunggu yang nyaman hingga mesin dispenser untuk bisa memanfaatkan fasilitas minum gratis juga menjadi kemajuan KAI saat ini.
Kemudian hal lain yang juga mencuri perhatian saya sebagai salah satu pengguna kereta api yakni kemudahan dalam memesan tiket melalui aplikasi Access by KAI.
Penumpang yang akan naik kereta api lokal, KA jarak Jauh pun kini bisa melakukan reservasi tiket dengan mudah dan cepat, tanpa harus mengunjungi loket stasiun.
Selain itu masih banyak fitur yang bermanfaat dan memudahkan pengguna di aplikasi Access by KAI, seperti halnya memesan makanan dan minuman saat berada di dalam kereta api.
Semoga kedepan kereta api tetap menjadi transportasi pilihan masyarakat dan terus memberikan pelayanan terbaik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H