Mohon tunggu...
Hendrikus Dasrimin
Hendrikus Dasrimin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Scribo ergo sum (aku menulis maka aku ada)

Kunjungi pula artikel saya di: (1) Kumpulan artikel ilmiah Google Scholar: https://scholar.google.com/citations?user=aEd4_5kAAAAJ&hl=id (2) ResearchGate: https://www.researchgate.net/profile/Henderikus-Dasrimin (3)Blog Pendidikan: https://pedagogi-andragogi-pendidikan.blogspot.com/ (4) The Columnist: https://thecolumnist.id/penulis/dasrimin

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Rekomendasi Perpustakaan yang Layak Anda Kunjungi di Kota Malang

19 Mei 2022   08:41 Diperbarui: 22 Mei 2022   08:00 3713
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Perpustakaan Universitas Negeri Malang (Foto: Dokpri)

Jika ditanya di mana perpustakaan asyik favorit kamu yang ada di kota Anda. Saya akan secara spontan menjawab "Perpustakaan Universitas Negeri Malang". 

Mungkin bisa dimaklumi karena saya adalah salah satu mahasiswa yang saat ini sedang mengais ilmu di kampus yang dijuluki "The Learning University" ini. 

Namun hal ini tidak menjadi alasan satu-satunya. Dengan tidak bermaksud mengabaikan kualitas beberapa perpustakaan lain yang pernah saya kunjungi di bumi arema ini, perpustakaan Universitas Negeri Malang (UM), yang sudah mendapat akreditasi A ini layak direkomendasikan sebagai perpustakaan yang cocok untuk dikunjungi. 

Apa alasannya? Saya akan mengulasnya dalam tulisan ini. Namun, perlu diketahui sebelumnya bahwa demi memberikan informasi yang akurat, maka dalam ulasan ini saya menggunakan akun resmi/ website Perpustakaan UM sebagai rujukan utama.

Sertifikat Akreditasi Perpustakaan UM (Foto: lib.um.ac.id)
Sertifikat Akreditasi Perpustakaan UM (Foto: lib.um.ac.id)

Alamat dan Jam Layanan
Perpustakaan Universitas Negeri Malang terletak di Jl. Semarang 5 Malang 65145, Jawa Timur-Indonesia. Jam layanan Perpus UM: Senin-Kamis (07.00-19.00). Jumat (08.00-11.00; 13.00-19.00). Sabtu (08.00-15.00). 

Peminjaman buku juga dapat dilakukan kapanpun dan di manapun, secara digital melalui layanan mandiri. Dengan menggunakan SIAKAD, para dosen dan mahasiswa pun bisa mengases artikel jurnal internasional dan buku secara gratis. 

Pihak kampus sudah berlangganan dengan 11 jurnal internasional yang terindeks skopus. Jurnal langganan UM dan tampilan layanan mandiri untuk peminjaman buku, dapat dilihat pada gambar berikut:

Layanan mandiri Perpustakaan melalui SIAKAD (Foto: Screenshot akun pribadi)
Layanan mandiri Perpustakaan melalui SIAKAD (Foto: Screenshot akun pribadi)

 Gedung dan Fasilitas:
Lantai 1: Ruang Sirkulasi (Pengembalian dan Perpanjangan, Peminjaman Mandiri (07.00-19.00); Ruang Serial dan Informasi Terseleksi (07.00-19.00); BI Corner (07.00-19.00); Ruang Reserve (07.00-19.00); Ruang Internet Gratis (07.00-19.00); Ruang Tata Usaha (07.00-16.00); Mushola; Ruang Pengadaan, Pengolahan dan Perbaikan; Ruang Co-Working Space; Ruang Rapat

Lantai 2: Ruang Reference dan Karya Ilmiah; Ruang Internet Lesehan; Ruang Aula

Lantai 3: Ruang Baca; Mushola; Ruang Multimedia/Audio Visual; Ruang Multi Platform Digital Library

Dena Perpustakaan UM (Foto: lib.um.ac.id)
Dena Perpustakaan UM (Foto: lib.um.ac.id)

Rak Buku: Lantai 1 - Buku Reserve; Lantai 2 - Buku dengan Kode 000-499.99; Lantai 3 - Buku dengan Kode 500-999.99; Lantai 3 - Buku Oversize

Ruang/area yang tersedia di perpustakaan: Ruang / Area koleksi, Ruang Baca, Ruang Sirkulasi, Ruang Kerja, Ruang Audio Video dan Multimedia, Ruang Diskusi, Ruang Baca Khusus, Ruang Multiplatform Digital Library

Sarana Pengamanan: Rak Penitipan Tas (loker), CCTV, Pintu Detektor, APAR dan Hydrant

Fasilitas Umum Perpustakaan: Kafe Pustaka, Mushola, Ruang Rapat, Aula dan Area Parkir

Pelataran perpustakaan yang sudah dilengkapi fasilitas internet (Foto: Dokpri)
Pelataran perpustakaan yang sudah dilengkapi fasilitas internet (Foto: Dokpri)

Layanan Perpustakaan:

Layanan peminjaman bahan; Merupakan layanan peminjaman bahan pustaka khususnya untuk buku teks.

Layanan Serial; Merupakan layanan untuk koleksi terbitan berseri. Terdiri dari layanan koran, layanan majalah, majalah ilmiah, layanan jurnal dan layanan jurnal CD-ROM. Layanan serial tidak untuk dibawa pulang, melainkan hanya bisa baca di tempat dan atau difoto copy.

Layanan referensi dan koleksi karya ilmiah; Adalah layanan perpustakaan UM di bidang rujukan dan penuluran informasi bagi pengguna yang membutuhkan. 

Yang termasuk layanan di bagian ini adalah layanan tentang karya ilmiah sivitas akademika UM. Layanan ini pun tidak untuk dibawa pulan melainkan hanya untuk dibaca di tempat dan difoto copy.

Layanan buku tandon (reserved book); Merupakan layanan tentang kesiapan perpustakaan tentang ketersediaan bahan pustaka. Batas waktu peminjaman hanya 1 hari. Tujuannya selain untuk kesiapan ketersediaan buku juga untuk pemerataan kesempatan bagi pengguna untuk meminjam buku.

Layanan penelusuran informasi; Merupakan layanan untuk membantu pengguna yang mengalami kesulitan dalam menemukan koleksi perpustakaan dan layanan untuk menemukan sumber informasi yang dibutuhkan.

Layanan Internet; Merupakan layanan hasil kerjasama perpustakaan dengan pihak luar. Koneksi internet secara gratis juga disediakan melalui wire less yang terpasang di ruang gedung perpustakaan, pemakai dapat langusung login tanpa harus mendaftarkan diri ke petugas.

Layanan foto copy; Perpustakaan menyedian layanan foto copy bagi pengunjung yang membutuhkan. Layanan ini tersedia di dalam perpustakaan sehingga tidak perlu keluar perpustakaan jika akan foto copy.

Layanan ruang baca; Perpustakaan UM menyediakan ruang baca yang memadai dengan kapasitas 400 kursi, sudah termasuk 218 study carrel yang tersebar di ruang baca mulai lantai 1 sampai lantai 3. 

Selain menyediakan tempat duduk (kursi), perpustakaan juga menyediakan ruang baca santai dengan berkarpet dan meja rendah tanpa kursi dengan luas ruangan sekitar 60 m2.

Layanan antar perpustakaan; Perpustakaan UM tergabung dalam Forum Komunikasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri (FKP2TN). 

Salah satu kegiatan forum ini adalah adanya layanan peminjaman antar perpustakaan dengan menggunakan kartu sakti. Maka setiap orang yang memiliki kartu sakti ini dapat menggunakan pelayanan di perpustakaan UM.

Apakah Perpustakaan UM juga bisa digunakan oleh masyarakat umum?
Perpustakaan UM boleh digunakan oleh masyarakat umum. Namun demikian, ada syaratnya yakni harus memiliki kartu khusus. Bagaimana caranya untuk membuatan kartu khusus ini? Ikuti langkah berikut:

Datang ke Ruang Tata Usaha pada jam dinas ( Senin s.d Kamis pukul 07.30-16.00 dan Jum'at pukul 07.30 -- 15.00) dengan membawa:
-- Identitas diri yang masih berlaku
-- Pasphoto 2 x3 sebanyak 1 lembar (hitam/warna) atau juga bisa foto di tempat

Membayar biaya administrasi.

Dengan memiliki Kartu Khusus ini, pengunjung umum dapat menggunakan fasilitas perpustakaan UM. Fasilitas atau layanan yang didapatkan oleh pemegang Kartu Khusus ini antara lain:

  • Dapat memanfaatkan seluruh koleksi/informasi di perpustakaan UM sesuai ketentuan yang berlaku
  • Pemanfaatan koleksi/informasi bagi pemegang Kartu Khusus ini terbatas hanya untuk dimanfaatkan di dalam perpustakaan (baca di tempat dan fotokopi), dan tidak dapat dipinjam pulang.
  • Kartu Khusus hanya berlaku di perpustakaan universitas (perpustakaan pusat), tidak berlaku di perpustakaan fakultas, jurusan, lembaga, atau pusat studi.

Contoh kartu khusus untuk masyarakat umum (Foto: lib.um.ac.id)
Contoh kartu khusus untuk masyarakat umum (Foto: lib.um.ac.id)

Tata Tertib Perpustakaan UM

1. Pada waktu akan masuk Perpustakaan, pemakai jasa Perpustakaan harus:

  • Check in absensi
  • Menunjukkan kartu anggota perpustakaan
  • Bersepatu

2. Pada waktu masuk Perpustakaan, pemakai jasa Perpustakaan tidak boleh:

  • Membawa tas
  • Memakai kartu anggota orang lain
  • Memakai jaket dan kaos oblong

3. Pada waktu di dalam gedung perpustakaan, pengunjung tidak boleh:

  • Mencoret, menyobek dan merusak bahan pustaka
  • Mencoret perlengkapan, barang-barang dan dinding Perpustakaan
  • Merokok, makan dan minum
  • Membuang sampah di sembarang tempat
  • Membuat gaduh dan mengganggu pemakai jasa perpustakaan yang lain

4. Ketika hendak keluar dari gedung Perpustakaan, pemakai jasa perpustakaan harus bersedia diperiksa oleh petugas pintu.

Dengan membaca ulasan ini maka pertanyaan mengapa Perpustakaan UM dapat menjadi salah satu Rekomendasi Perpustakaan yang patut Anda kunjungi, dapat terjawab.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun