Mohon tunggu...
Hendrikus Dasrimin
Hendrikus Dasrimin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Scribo ergo sum (aku menulis maka aku ada)

Kunjungi pula artikel saya di: (1) Kumpulan artikel ilmiah Google Scholar: https://scholar.google.com/citations?user=aEd4_5kAAAAJ&hl=id (2) ResearchGate: https://www.researchgate.net/profile/Henderikus-Dasrimin (3)Blog Pendidikan: https://pedagogi-andragogi-pendidikan.blogspot.com/ (4) The Columnist: https://thecolumnist.id/penulis/dasrimin

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Puisi Antagonis Nietzsche dan Analisis Sastra Mangunwijaya tentang Atheisme Kaum Beragama

27 April 2022   11:27 Diperbarui: 3 September 2022   07:56 1128
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Nietzsche (Sumber: Kabar Damai)

Ungkapan "Tuhan telah mati" yang pertama kali muncul dalam Die frhliche Wissenschaft, dan juga muncul dalam buku Also sprach Zarathustra ini, menjadi pernyataan antagonis jika dihadapkan dengan kedua puisi ini. Kebenaran tesis ini tentu belum mampu dijelaskan secara valid hingga saat ini, walaupun demikian secara implisit setidaknya Nietzshe pernah mengakui adanya Tuhan yang hidup, tetapi dibunuh.

Inilah hakikat sebuah karya sastra. Ketika pengungkap "Tuhah telah mati", itu telah mati, maka semua puisinya menjadi milik publik. Nietzsche sebagai subjek penyair itu telah mati. Sekarang tidak ada lagi manusia, tetap yang ada hanya catatan romantisme biografis, yang kadangkala dijadikan acuan untuk memahami teks. Kini yang ada adalah 'aku penafsir' (I) dan 'engkau objek' (Thou, teks). 

Idealnya 'aku penafsir' tidak menghancurkan berbagai makna dalam konteks sejarah. Penafsir dan teks harus selalu dalam situasi dialogis dan saling menyediakan cakrawala untuk bertemu dengan mesra. Pertemuan tersebut bagi Hans Georg Gadamer disebutnya sebagai "suatu penyingkapan" atau "pertemuan ontologis". 

Lantas, apakah "sang pembunuh Tuhan" ini bukanlah seorang atheis sejati, lantaran beberapa puisinya yang terkesan antagoni? Jawabannya kembali lagi kepada "aku penafsir".

Ilustrasi Nietzsche (Sumber: Kabar Damai)
Ilustrasi Nietzsche (Sumber: Kabar Damai)

Antagonisme Kaum Beragama

Sastra Amerika Latin selalu terbakar dalam nyala pertanyaan, bukan pertanyaan Nietzsche atau Sartre, yakni atheisme yang membunuh Tuhan, akan tetapi atheisme dalam berbentuk lain, atheisme yang paradoksal yakni atheisme para pendekar-pendekar Tuhan dan Agama. 

Maka baiklah kita ingat pada analisis seorang novelis dan penyair Meksiko, yang sekaligus adalah diplomat dan ilmuwan juga, yakni Octavio Paz. Baginya "implisit atau eksplisit, atheisme itu universal". Namun demikian, kita harus mengkasifikasikan beberapa cabang atheisme, yakni: 

Pertama, mereka yang percaya bahwa mereka percaya pada Tuhan yang hidup, tetapi dalam kenyataannya berpikir dan hidup seolah-olah Tuhan tidak pernah ada (inilah atheis-atheis tulen, dan kebanyakan dari orang-orang kita tergolong yang berpendapat demikian).

Kedua, atheis-atheis semu, semu karena bagi mereka Tuhan tidak pernah mati, sebab tidak pernah ada: namun toh mereka pun percaya pada pengganti-pengganti Tuhan (rasio, kemajuan, sejarah): dan akhirnya mereka yang menerima kematiannya, lalu mencoba menjalani hidup mereka di dalam perspektif yang belum pernah ada itu.

Atheisme yang kedua dapat dibagi lagi menjadi dua jenis: mereka yang tidak sumarah dalam hatinya, seperti tokoh Orang Gila Nietzsche yang menyanyikan Reguiem aeternam deo (lagu Beristirahatlah selama-lamanya untuk jenazah Tuhan): dan mereka yang menghayati atheisme sebagai suatu kepercayaan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun