Mohon tunggu...
Darsono
Darsono Mohon Tunggu... Guru - Guru SMK Negeri 6 Surakarta

Guru SMK Negeri 6 Surakarta sejak Th. 1998 bidang mengajar Multimedia

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Aksi Nyata Modul 3.3 Gelar Karya Seni Lintas Budaya SMK Negeri 6 Surakarta

19 Juni 2022   11:14 Diperbarui: 19 Juni 2022   12:05 1514
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

AKSI NYATA MODUL 3.3

PROGRAM BERDAMPAK PADA MURID

"GELAR KARYA SENI LINTAS BUDAYA"

Oleh : Darsono - CGP SMK Negeri 6 Surakarta


Dokpri
Dokpri

PERISTIWA (FACT)

Pada hari Jumat, 17 Agustus 2022 SMK Negeri 6 Surakarta melalui panitia OSIS menyelenggarakan Gelar Karya Lintas Budaya di halaman tengah. Diawali dengan kedatangan beberapa pengurus OSIS ke Waka Kesiswaan yang mengadukan sejak pandemi 2 tahun lebih tidak ada acara hiburan bersifat pengerahan masal dan usulan mereka adalah menyelenggarakan semacam class meeting setelah mengikuti ujian semesteran untuk kenaikan kelas (aspek suara). 

Usulan ditangkap oleh Waka Kesiswaan bersama CGP sebagai mediator untuk merumuskan kegiatan yang melibatkan siswa sepenuhnya (aspek ownership), melalui diskusi cukup panjang muncul beberapa usulan yakni adanya lomba Mural, lomba senam Profil Pelajar Pancasila, Lomba Pidato Bahasa Inggris, Jawa dan Bahasa Indonesia dalam rangka Hari Pendidikan Nasional serta Gelar Karya sebagai acara puncak (aspek pilihan).

 Pada baba penyisihan hasil sketsa Mural, Lomba Senam dan Lomba pidato  dari kelompok/kelas dikirim melalui Google Drive untuk dinilai.  https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLScj9nu-znQz_sqMOQMVZHRELSiyrX3lY9H63LH1p3fHvH5dtw/viewform

Dokpri
Dokpri

Pada bab seleksi diambil rangking 1,2,3 sebagai pemenang lomba sedangkan pemenang pertama tampil di Gelar Karya.

Adapun tujuan Gelar Karya adalah :

  1. Memberi kesempatan murid untuk berkreasi, beraktivitas seni, beraksi sesuai dengan kemampuannya, pada Ajang pentas seni murid dalam meningkatkan kreativitas dan seni musik
  2. Ajang kreativitas mencurahkan ide dengan seni mural, corat-coret positif terhindar budaya Vandalism melalui aksi kerjasama, dan kemandirian.
  3. Ajang Kemandirian dan percaya diri tampil di muka umum untuk melatih kemampuan berespresi dan berbicara.
  4. Memastikan program / kegiatan Gelar Karya telah memenuhi sasaran, suara, pilihan dan kepemilikan murid sesuai tujuan Profil Pelajar Pancasila.

Kepanitiaan dari awal penyelenggaraan ini adalah pengurus OSIS dan acara dibuka oleh kepala sekolah. Guru hanya sebagai pendamping, pemantau dan fasilitator kegiatan. Pemenang mendapatkan penghargaan / Hadiah juara 1-2-3, hadiah langsung diberikan oleh kepala sekolah.

PENILAIAN SKETSA LOMBA MURAL HARDIKNAS 2022

No

Kelas

Link SKETSA

PERINGKAT

KELAS

1

X ULP 3 

https://drive.google.com/file/d/1YF86PlFiJ4IsJ3oOgffXPAhyMbbXG0EG/view?usp=sharing

1

X ULP 3 

2

X BP 

https://drive.google.com/file/d/1JG43LQsRCT1ZHn0tpKFAp5zeyZMtHzNN/view?usp=sharing

2

X BP 

3

X AKL 3 

https://drive.google.com/file/d/1NUGra4ZpCCzlgpKNttPu92DZGv54Elzy/view?usp=sharing

3

X AKL 3 

4

X DKV 2 

https://drive.google.com/file/d/1UUVk1zYQ0E7AVS9UOcDy0xf5j8XHsiWm/view?usp=sharing

4

X DKV 2 

5

XI AKL 3

https://drive.google.com/file/d/1t1YB5nrfu5oI3vwDnz41Hxr1XxctRbx_/view?usp=sharing

5

XI AKL 3

6

X PM 1 

https://drive.google.com/file/d/1aGJpVCoN_Hy3Fyphc9fSMzy_0pghjoHY/view?usp=sharing

6

X PM 1 

7

X MPLB  2 

https://drive.google.com/file/d/128ypDR7LSy7ZAOKSLBMjxxX-8BPdsP6Z/view?usp=sharing

7

X MPLB  2 

8

X AKL 2 

https://drive.google.com/file/d/1jtGkr57mI9-AjhI62yh-Bn3NSA65Ghc9/view?usp=sharing

8

X AKL 2 

9

XI AKL 2

https://drive.google.com/file/d/1WSgVENVtlT727HPCwDbZ0E55bn-F_o6S/view?usp=sharing

9

XI AKL 2

10

X AKL 1 

https://drive.google.com/file/d/15oHGWD296i6YtkFED2bObSh7xYbE6P3d/view?usp=sharing

10

X AKL 1 

11

XI UPW 2 

https://drive.google.com/file/d/1Q_MpaiNT0LH-6lc-pt5dNG3Gt-Ef-DNV/view?usp=drivesdk

11

XI UPW 2 

12

XI BDP 2 

https://drive.google.com/file/d/1Hv2otqt_CWUnJ0swBbyPiJ6QmvrOuSoa/view?usp=sharing

12

XI BDP 2 

13

XI OTKP 2

https://drive.google.com/file/d/1ZA6vkY4EJ5mRtMz-scEP6NPdHHYanthE/view?usp=sharing

13

XI OTKP 2

14

X ULP 1 

https://drive.google.com/file/d/1fpxPcGRfiCUkXBt41He5RP7HheaLHKK-/view?usp=sharing

14

X ULP 1 

15

X ULP 2 

https://drive.google.com/file/d/1ZPaRQGE2ljUGuszB7nf8eBBnChC_EA9V/view?usp=sharing

15

X ULP 2 

16

XI UPW 1

https://drive.google.com/file/d/18LF4MyMKbotoLTtZlydVxjOhD3rTPE_g/view?usp=sharing

17

XI OTKP 3

https://drive.google.com/file/d/1L_cJq3lZFj9yQbqrkD1KEilJRpvvz8Gt/view?usp=sharing

18

X DKV 1

https://drive.google.com/file/d/1DeQQ3-XB1nWwG74zSc669Gon-56PA9tA/view?usp=sharing

19

XI UPW 3

https://drive.google.com/file/d/1Qhj4yPQR8Iw9TuRwvjcTP3xR7CaqTnz0/view?usp=drivesdk

20

XI MM 1

https://drive.google.com/file/d/1VLXr9l_TzTKM8lFjGtzde1P_v8_8K4IL/view?usp=sharing

21

XI RPL

https://drive.google.com/file/d/1O_g0IO1ahMpcMlnecZh5kgWucjAgR_Ka/view?usp=sharing

22

XI OTKP 1

https://drive.google.com/file/d/1D2XjfUGyEKHG-WSeOWZCxjxEUoPMryoe/view?usp=sharing

23

X PPLG

https://drive.google.com/file/d/13nBi3SKAjhHeW7g1-tC92uion6P4tPxF/view?usp=sharing

24

X PM 2

https://drive.google.com/file/d/16ht6jwdl1pZxc4Acjyur1L8u-U1Mj7lM/view?usp=sharing

25

XI MM 2

https://drive.google.com/file/d/1xPGBCOTXcXQEO84T6p1X3SCzlDiTZXVz/view?usp=sharing

26

XI BDP 1

https://drive.google.com/file/d/11MzTV9hMvcDC3OmovrGp7WLW_1X-KdxZ/view?usp=sharing

27

X MPLB 1

https://drive.google.com/file/d/1OYTs2jqC6eoV1zZmwZ4gxthDrzsRbi_v/view?usp=sharing

28

X MPLB 3

https://drive.google.com/file/d/1GIkV0jdS2YsuQc_ps5BjBIZ-sHgN1bg8/view?usp=sharing

Dan berikut hasil curah ide Mural di tembok parkir sekolah yang diambil 5 besar !

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Dan berikut penyerahan hadiah lomba mural, lomba senam PPP dan lomba pidato yang diserahkan langsung oleh kepala sekolah :

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

PERASAAN (FEELING)

Saya merasa bersyukur, bangga, termotivasi dan terinspirasi untuk selalu menetapkan semua program atau kegiatan berorientasi pada pembelajaran berbasis murid, berorientasi pada keberpihakan dan kebermaknaan untuk pendewasaan murid untuk bekal masa depan. Melalui aksi nyata modul Student Agency ini diharapkan dapat menjadi solusi terbaik semua program sekolah atau komunitas praktisi mengedepankan keterdampakan murid melalui aspek suara (voice) , pilihan (choice) dan kepemilikan (ownership) di dalam ruang lingkup kegiatan baik intra, ko dan ekstra kurikuler di sekolah.

Modal aset ketujuh dari guru, kepala sekolah, tenaga kependidikan, murid, sosial, fisik, lingkungan, politik, agama dan budaya serta finansial diberdayakan sebesar-besarkan untuk mendongkrak mensukseskan program-program yang berdampak pada murid. Seperti musik, seni tarik, seni vocal, mural, grafiti, dan lain-lain yang melibatkan murid baik dari pra, proses maupun pasca produksi sehigga benar-benar menjadi ajang kreativitas murid.

PEMBELAJARAN

Pembelajaran yang bisa kita ambil dalam aksi nyata pengelolaan program berdampak pada murid adalah adanya kolaborasi, gotong royong, keberpihakan pada murid, penyaluran suara, kebebasan memilih kegiatan dan peran, serta partisipasi murid totalitas untuk kepemilikan program secara utuh sehingga muncul rasa handabeni (memiliki), rasa tanggung jawab. Melalui aksi nyata pengelolaan program berdampak pada murid dapat ditarik pelajaran penting bahwa sebuah kegiatan semakin diberikan kepada murid (dipercaya) maka akan membekas kuat di benak murid dalam jangka yang lama. Terlebih kegiatan itu merupakan ajang kesukaan mereka seperti menari, bernyanyi, berjoget, menggambar sebagai ekspresi kebebasannya.

PENERAPAN MASA DEPAN

Pemetaan sekolah sangat penting dilakukan untuk mendapatkan data terkait aset atau kekuatan yang dimiliki sekolah. Kekuatan yang dimiliki sekolah dijadikan sebagai modal dalam membantu sekolah menjalankan program-program yang berdampak pada murid. Proses pemetaan yang dilakukan sebagai salah satu upaya sekolah dalam menerapkan inkuiri apresiatif tahapan BAGJA.

Program berdampak pada murid akan menjadi proyek berkelanjutan diterapkan di sekolah dengan langkah konkrit menerapkan BAGJA (paradigma inkuiri) yakni :

Menyusun rencana perubahan

Memahami kekuatan yang ada di sekolah, sebagai dasar untuk melakukan perubahan positif

Mengevaluasi hal-hal positif yang ada di sekolah

Berkolaborasi dengan stakeholders dan rekan sejawat

Dukungan dan motivasi dari seluruh stakeholders

  1. Pendekatan psikologi positif.

Semua langkah yang kita susun kita upayakan untuk menemukenali hal yang positif untuk dikembangkan bukan hal yang negatif, artinya menggunakan pendekatan berbasis aset bukan pendekatan berbasis kelemahan sampai pada akhirnya menyelaraskan kekuatan dengan pemetaan tujuh aset untuk dikelola menjadi kekuatan dukungan pengembangan program berdampak pada murid yang disinkronkan dengan Visi Misi sekolah utamanya menuju Profil Pelajar Pancasila.

2. Tindak Lanjut

Tidak hanya sampai di situ acara ini berlanjut ke CFD Solo di Flash Mob bersama Pak Gubernor Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama seni tari SMK Negeri 6 Surakarta Berikut dokumentasinya !


whatsapp-image-2022-06-19-at-06-45-22-1-62aeac82fdcdb460325023f4.jpeg
whatsapp-image-2022-06-19-at-06-45-22-1-62aeac82fdcdb460325023f4.jpeg


whatsapp-image-2022-06-19-at-06-46-54-62aeac96bb448651c0112002.jpeg
whatsapp-image-2022-06-19-at-06-46-54-62aeac96bb448651c0112002.jpeg




3. Monitoring dan Evaluasi

  • Monitoring dan evaluasi direncanakan menggunakan MELR lewat format-format khusus seperti format rantai hasil (input-activity-output-outcome dan impact), format kerangka Monev (pertanyaan kunci evaluasi, fokus monitoring, metode yang digunakan dan strategi pengolahan data), serta format manajemen risiko (kemungkinan yang terjadi, ukuran risiko dan strategi pengendalian).
  • Saya mohon maaf belum bisa menyajikan laporan Monev karena terkendala siswa sudah liburan sekolah dan materi monev ini baru saja disampaikan Pengajar Praktik (PP) pada loka 6 sedangkan demi mengejar momentum aksi nyata saya dapatkan satu hari sebelum Loka 6. Sebagai refleksi diri saya sebelum datang sub tugas Aksi Nyata Modul 3.3 saya sudah mencari-cari referensi mengenai program berdampak pada murid pada web, blog, youtube, FB dan lain-lain.Saya dapati banyak aksi nyata yang melibatkan murid skala besar praktis saya harus gerak cepat berkoordinasi dengan waka kesiswaan dan jajarannya untuk mengkondisikan, mengelaborasi, membantu mewarnai serta menebengi aksi ini agar bisa menjadi aksi bersama baik sekolah dan CGP, sebab jika semua kegiatan ini dari pribadi tentu ini sebuah kemustahilan karena CGP tidak punya akses cukup kuat di sekolah oleh karenanya waka kesiswaan membantu untuk mengemas kegiatan ini menjadi kegiatan aksi nyata modul 3.3 dan kegiatan sekolah berdampak pada murid.
  • Refleksi lebih lanjut bahwasannya menjadi CGP dalam memenuhi tugas-tugas yang padat harus dapat mengambil momentum dengan gerak cepat sebab momentum datangnya hanya sekali, dan akan datang lagi pun tidak cukup waktu. Sehingga koordinasi, kolaborasi, kerjasama, konsolidasi dengan jajaran, teman guru, waka dan kepala sekolah sangat-sangat penting agar tugas-tugas CGP dipaksa atau tidak disadari menjadi tugas sekolah, tugas bersama yang saling melengkapi.

Salam Guru Penggerak !!!

Referensi :

https://smkn6solo.sch.id/2022/06/18/smk-viska-helat-gelar-karya-lintas-budaya-2022/

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
  15. 15
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun