Mohon tunggu...
Darsono
Darsono Mohon Tunggu... Guru - Guru SMK Negeri 6 Surakarta

Guru SMK Negeri 6 Surakarta sejak Th. 1998 bidang mengajar Multimedia

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Aksi Nyata Modul 3.2 Pengelolaan Aset (Bookless) SMK N 6 Surakarta

31 Mei 2022   17:11 Diperbarui: 31 Mei 2022   17:14 731
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Meningkatkan budaya Literasi Melalui Digital Library

Melalui Pengembangan Komunitas Berbasis Aset

Aksi Nyata Modul 3.2

Oleh :

Darsono. CGP Angkatan 4 SMK Negeri 6 Surakarta

LATAR BELAKANG

Setelah mempelajari banyak sekali materi dalam modul yang ada dalam pendidikan guru penggerak ini sampai pada hingga Modul 3.2 mengenai Pemimpin Pengelolaan Sumber Daya Sekolah, maka pada saat itu saya melakukan pemetaan aset yang di luar sekolah dan di dalam sekoah menggunakan metode PKBA (Pendekatan Komunitas Berbasis Aset) pada 7 modal utama sumber daya yakni Manusia, Fisik, Sosial , Politik, Finansial, Lingkungan alam dan Agama serta Budaya.

Terkait dengan bidang dalam mengajar yang saya ampu yakni Multimedia di SMK Negeri 6 Surakarta maka saya mengambil inisiatif berkolaborasi dengan bagian perpustakaan untuk melakukan penguatan aset, identifikasi aset, dengan melakukan optimalisasi penggunaan HP sebagai sarana membaca buku digital melalui aplikasi Bookless. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa HP telah menjadi barang yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita baik dewasa maupun anak-anak hingga peserta didik. Sebagai orang tua tentu perlu menyikapi dengan bijak bahwa HP bisa digunakan hal-hal yang positif seperti tempo hari telah dilaksanakan ujian berbasis paperless menggunakan SmartPhone (HP) melalui Viska Learning, sebelumnya HP digunakan untuk tugas Fotografi, tugas Videografi, Zoom, Gmeet dan lain-lain. Maka dari itulah kali ini pemanfaatan HP untuk membaca.

Disamping itu pula sebagai upaya positif untuk menggerakkan lagi budaya literasi siswa dan guru yang sangat rendah. Hal inilah yang menjadi latar belakang saya mengangkat Digital Library sebagai aksi nyata Modul 3.2.

TUJUAN

Adapun tujuan diadakan Digital Library sebagai berikut :

  • Menggerakkan budaya literasi baik siswa maupun guru
  • Mengoptimalkan budaya literasi berbasis digital menggunakan HP
  • Meningkatkan partisipasi aktif anggota perpustakaan dalam memanfaatkan Bookless.

SASARAN

Adapun sasaran program Digital Library ini adalah sebagai berikut :

  • Murid
  • Guru
  • Tenaga Kependidikan
  • TOLOK UKUR KEBERHASILAN

Berbekal dukungan dari kepala sekolah dan semua warga sekolah program Literasi digital ini diyakini berhasil terbukti sudah disetujui program ini oleh kepala sekolah, tindak lanjut penempelan Flyer dan kerjasama dengan Vendor (Erfan Library).

Saya juga telah memastikan kolaborasi, koordinasi, konsolidasi dengan Kapus untuk program ini bersama-sama kita kawal sebagai aksi nyata untuk mendukung program pemerintah meningkatkan minat baca secara umum.

LINIMASA TINDAKAN

Untukmelaksanakan aksi nyata saya menyusun prosedur BAGJA

Buat Pertanyaan: Berkolaborasi dengan Kepala Perpustakaan: tentang bagaimana mengembangkan perpustakaan yang modern dan digemari siswa?

Ambil Pelajaran: Bagaimana menerapkan layanan HP sebagai media untuk membaca ?

Gali Mimpi: Apa dampak yang dirasakan Ketika menerapkan HP sebagai media membaca buku-buku digital ?

Jabarkan Rencana : membuat program: Bagaimana cara membuat perpus digital ? Bagaimana cara membuat pemetaan perilaku pembaca ? Bagaimana Cara membuat kesepakatan pembaca ?

Atur Eksekusi atau Deliver: menyusun tim kerja, siapa saja yang akan bergabung dalam bimtek panji-panji literasi ?

Adapun Prakarsa Perubahan selengkapnya sebagai berikut :

b. Rancangan tindakan

Prakarsa Perubahan 1 : Mewujudkan Perpustakaan berbasis Digital Library

PRAKARSA PERUBAHAN

 

TAHAPAN

Pertanyaan

Daftar tindakan/ riset/ penyelidikan yang perlu dilakukan untuk mendapatkan jawaban

B-uat pertanyaan (Define)

Membuat pertanyaan utama yang akan menentukan arah investigasi kekuatan/potensi/ peluang;

Menggalang atau membangun koalisi tim perubahan

Bagaimana mewujudkan aset perpustakaan yang nyaman, modern, sehingga bisa meningkatkan minat literasi siswa (kalian) ?

  • Membuka dialog dengan rekan guru, ketua perpustakaan, KS dan siswa soal program pengembangan perpustakaan di sekolah.
  • Membuka Gform pada siswa agar diisi sesuai gagasannya.

A-mbil pelajaran (Discover)

Menyusun pertanyaan lanjutan untuk menemukenali kekuatan/potensi/ peluang lewat investigasi;

Menentukan bagaimana cara kita menggali fakta, memperoleh data, diskusi kelompok kecil/besar, survei individu, multi unsur

  • Pengalaman apa yang menyenangkan dan berhasil yang pernah dialami siswa yang membuat betah belajar di perpustakaan ?
  • Apa saja buku bacaan yang disukai anak selama ini ?
  • Bagaimana pengadaan buku digital perpustaan yang berhasil dilakukan selama ini ?  
  • Mencari tahu siapa guru yang sudah pernah membuat perpus digital di sekolah (daring maupun luring)
  • Mendiskusikan dengan murid-murid bacaan yang disukai dan Melibatkan murid untuk menginventaris kekuatan, potensi yang dimiliki
  • Dialog dengan kepala sekolah tentang pengadaan aplikasi, buku dan prasarana yang dibutuhkan.

G-ali mimpi (Dream)

Menyusun deskripsi kolektif bilamana inisiatif terwujud;

Mengalokasikan kesempatan untuk berproses bersama, multiunsur (kapan, di mana, siapa saja).

  • Apakah kebiasaan-kebiasaan baru yang saya bayangkan terjadi ?
  • Seperti apa orang-orang yang terlibat di dalamnya terlihat, bertindak, berpikir dan merasa ?
  • Bagaimana penampakan lingkungannya secara fisik ?
  • Sumber daya apa yang kita bayangkan akan tersedia ?
  • Membuat deskripsi sikap saya dalam merespon kesalahan anak lewat survei.
  • Membuat daftar keterampilan baru yang akan saya peroleh dari literatur
  • Membuat gambaran sikap dan respon anak atas kesalahan yang mereka buat melalui wawancara

J-abarkan rencana (Design)

Mengidentifikasi tindakan konkret yang diperlukan untuk menjalankan langkah-langkah kecil sederhana yang dapat dilakukan segera,dan langkah berani/terobosan yang akan memudahkan keseluruhan pencapaian;

Menyusun definisi kesuksesan pencapaian

  • Apa langkah-langkah untuk menyiapkan perpust digital yang diimpikan?
  • Berapa lama target untuk menyiapkan perpust digital?
  • Bagaimana pengaturan agar perpust digital lengkap, berisi tetap nyaman dan menyenangkan?
  • Apa hal pertama yang dapat dilakukan untuk mewujudkan perpust digital yang nyaman dan berkelanjutan?
  • Membuat capaian yang realistis untuk setiap minggunya (presensi, partisipasi minat baca, respon siswa guru)
  • Menyusun aturan (yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan) agar perpust digital berisi, lengkap dan tetap nyaman dan berkelanjutan
  • Berdiskusi, konsultasi dengan vendor pembuat aplikasi digital library.

A-tur eksekusi (Deliver)

Menentukan siapa yang berperan/ dilibatkan dalam pengambilan keputusan;

Mendesain jalur komunikasi dan pengelolaan rutinitas (misal: SOP, knowledge management, monev/refleksi)

  • Apa saja peran yang dibutuhkan dan siapa yang mengisi peran tersebut?
  • Siapa yang bertanggung jawab memonitor agar perpus ditial dapat tetap nyaman dan berkelanjutan?
  • Kapan perpus digital ini dapat dibuka?
  • Menyusun siapa saja tim kerja dan deskripsi tugas setiap anggota
  • Melibatkan siswa untuk menjadi tim perumus/ penggagas.
  • Menentukan tenggat untuk penyelesaian tugas

  • Penutup

Dukungan sangat dibutuhkan dalam menjalankan aksi ini hingga berkelanjutan baik dari pihak sekolah maupun dari pengguna aplikasi. Tidak lupa kelengkapan sarana prasarana, jumlah buku yang di-barcode dan kemudahan akses barcode menjadi hal yang perlu diperhatikan, termasuk kecepatan data akses.

  • Dokumentasi

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Atas nama Peserta Calon Guru Penggerak Angkatan 4 Kota Surakarta mengucapkan banyak terima kasih karena telah dibantu dan didukung serta diperbolehkan menebeng Aksi Nyata Modul 3.2, Kepada Pak Hery Prakoso Utomo selaku Kepala Perpustakaan diucapkan terima kasih dan Kepala Sekolah serta semua guru, TU dan siswa semua atas dukungannya.

Sumber : Perpustakaan SMK Negeri 6 Surakarta

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun