Mohon tunggu...
Friska Mahesti
Friska Mahesti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi FKIP PPKN UNIVERSITAS PAMULANG

Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Prinsip Pengembangan Sumber Belajar

27 Maret 2022   12:50 Diperbarui: 27 Maret 2022   12:52 4260
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Prinsip Pengembangan Sumber Belajar

Secara umum, ada tiga prinsip pengembangan sumber belajar, antara lain dasar pengembangan, tujuan pengembangan, dan komponen pengembangan.

Dasar pengembangan tersebut mencakup beberapa hal, antara lain iptek yang bergerak terlalu cepat sehingga topik-topik buku teks tidak dapat mengikuti pada saat yang bersamaan, keterbatasan komunikasi tatap muka antara siswa dan guru, dan perlunya siswa dilatih untuk mencari, menemukan, memproses, dan menggunakan informasi secara mandiri. 

Tujuan pengembangan sumber belajar meliputi tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan keseluruhannya adalah untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa secara individu maupun kolektif melalui pemanfaatan berbagai sumber belajar. 

Tujuan khusus pengembangan sumber belajar mencakup beberapa aspek, antara lain memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih sumber belajar sesuai dengan karakteristiknya sendiri, memberdayakan siswa untuk belajar menggunakan berbagai sumber, dan mendorong penggunaan metode pembelajaran yang baru, kreatif, serta inovatif. Komponen pengembangan sumber belajar bisa mencakup ke dalam pesan, orang, bahan, alat, prosedur, lingkungan, dan pengelolaan. Untuk lebih jelasnya dapat dirinci sebagai berikut.

Prinsip pengembangan sumber belajar terdiri dari tiga hal yaitu :

1. Dasar Pengembangan

Perlunya pengembangan sumber belajar pada satuan pendidikan didasarkan pada pertimbangan sebagai berikut :

  • Ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni berkembang begitu pesat sehingga topik-topik yang dibahas dalam buku teks tidak dapat mengikuti semuanya secara bersamaan.
  • Waktu yang tersedia untuk pembelajaran tatap muka antara siswa dan siswa terbatas dan tidak cukup untuk mencakup semua mata pelajaran secara utuh, sehingga tidak dapat mencapai kompetensi yang ditentukan.
  • Setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda, dan tidak mungkin melakukan semuanya di dalam kelas.
  • Siswa perlu dilatih untuk menemukan, menemukan, mengolah dan menggunakan informasi secara mandiri.
  • Sumber belajar yang ada perlu dimanfaatkan secara terpadu dan optimal dalam proses pembelajaran di kelas untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran.
  • Learning Resource Center dapat menjadi motivasi untuk mengatasi berbagai masalah belajar dan belajar dengan cara yang kreatif dan inovatif dengan berorientasi pada keoentingan siswa.

2. Tujuan Pembelajaran

Tujuan pengembangan sumber belajar dapat dilihat baik dari aspek umum maupun aspek khusus. Secara umum bermanfaat untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar individu dan keseluruhan melalui penggunaan berbagai sumber belajar.

Adapun secara khusus, tujuan dari pengembangan sumber belajar dapat dilihat sebagai berikut :

  • Memenuhi kebutuhan belajar siswa sesuai dengan gaya belajarnya
  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih sumber belajar sesuai dengan karakteristiknya sendiri.
  • Memungkinkan siswa untuk menggunakan berbagai sumber daya.
  • Mengatasi masalah belajar siswa secara individu
  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan berbagai mode pembelajaran.

3. Komponen Pengembangan

Komponen sumber belajar yang perlu dikembangkan dapat dikelompokkan ke dalam kategori berikut :

1) Pesan

Yang perlu diperhatikan dalam pengembangan isi pesan yaitu :

a) Isi pesan saat ini, akurat dan kontekstual.

b) Menyajikan informasi menarik dan menginspirasi pembelajaran lebih lanjut.

c) Isi pesan mencakup kemampuan dan keterampilan yang dibutuhkan penduduk setempat.

d) Isi pesan terdapat semua mata pelajaran yang dibutuhkan siswa dan guru dalam lembaga pendidikan.  

2) Orang

Orang dalam komponen belajar mencakup beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu :

a) Mampu menguasai setiap hal dalam bidangnya.

b) Mempunyai informasi yang sama dengan kebutuhan siswa.

c) Mampu memotivasi lebih lanjut dalam belajar.

d) Bisa dihadirkan ke tempat belajar atau di tempat yang bersangkutan inginkan.

3) Bahan

Yang perlu diperhatikan yaitu dalam pengembangan bahan yaitu :

a) Mudah digunakan dan praktis.

b) Dapat melayani pelajar dengan gaya belajar yang berbeda. 

c) Membantu siswa menyajikan bahan ajar dalam berbagai sudut pandang.

d) Mendorong siswa untuk melakukan inovasi baru dalam penyajian bahan ajar.

3) Alat

Ketika mengembangkan komponen alat sebagai sumber belajar, hal-hal berikut harus dipertimbangkan yaitu :

a) Sesuai dengan kebutuhan masing-masing disiplin atau keahlian.

b) Tetap terinformasi tentang perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

c) Praktis dan mudah digunakan.

d) Aman dan menyenangkan untuk digunakan.

e) Siswa dapat menggunakannya secara individu atau kelompok.

5) Prosedur

Dalam hal ini yang perlu diperhatikan sebagai berikut :

a) Mengacu pada tujuan pembelajaran.

b) Sesuai dengan karakteristik buku teks.

c) Sesuai dengan karakteristik siswa.

d) Memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran.

e) Mengubah dan mengikuti perkembangan teori belajar dan mengajar.

6) Lingkungan

Mengembangkan lingkungan dalam hal ini yang harus diperhatikan yaitu :

a) Mengacu pada tujuan pembelajaran.

b) Sesuai dengan karakteristik buku teks.

c) Sesuai dengan karakteristik siswa.

d) Siswa mudah diakses.

e) Aman dan memberikan pengalaman otentik.

7) Pengelolaan

Komponen yang perlu diperhatikan dalam hal ini sebagai berikut :

a) Perencanaan secara sistematis dan terpadu, pengembangan kurikulum, silabus dan RPP memuat prinsip-prinsip pembelajaran berdasarkan berbagai sumber.

b) Koordinasi dengan melibatkan siswa, pengelola sumber belajar dan kepala sekolah/wakil kepala sekolah.

c) Mengintegrasikan dengan berbagai sumber belajar lain dan berkoordinasi untuk semua mata pelajaran.

d) Organisasi yang dapat dijadikan sebagai pusat sumber belajar, yang berfungsi mengkoordinasikan pengelolaan dan pemanfaatan berbagai sumber belajar di lembaga pendidikan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas.

e) Bertemu dengan pengelola yang berlatar belakang teknis dalam memanfaatkan dan mengembangkan sumber belajar dan mengembangkan desain pembelajaran berdasarkan berbagai sumber.

Semoga bermanfaat.. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun