Apa itu market leader ? Seperti yang diketahui memang jika perekonomian Indonesia mengalami pasang surut beberapa tahun terakhir. Beberapa sektor bisnis telah meningkatkan kapasitasnya masing-masing. Salah satu sektor yang paling menjadi perhatian adalah sektor jasa. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pengusaha untuk menjadi market leader jasa.Â
Dalam teori bisnis, persaingan dalam pasar pada sebuah negara dapat dikelompokkan menjadi empat. Antara lain pemimpin pasar (market leader), pengikut pasar (market follower), penantang pasar (market challenger), serta relung pasar (market nicher). Â Jenis pasar ini dikategorikan sesuai dengan jumlah konsumen dari masing-masing pasar. Pengusaha dengan pasar yang paling besar disebut dengan market eader. Pada artikel kali ini kita akan membahas lebih rinci mengenai market leader pada sektor jasa.
Apa itu Market Leader sektor jasa
Market Leader Jasa adalah sejumlah perusahaan atau bisnis yang telah menguasai sebagian pasar dengan produk jasa yang sejenis. Bisa dikatakan pebisnis pada sektor jasa ini memiliki konsumen yang lebih banyak apabila dibandingkan dengan penyedia jasa sejenis. Salah satu contoh yang dapat kita lihat adalah dengan melihat perusahaan Halo Jasa yang telah menjadi market leader dalam menyediakan jasa service ataupun jasa cleaning service. Jenis market leader menjadi patokan dan orientasi bagi para pesaing dalam memperbesar jumlah pasar mereka. Berikut adalah beberapa hal yang dilakukan oleh halo jasa dalam menggoyangkan pasaran yang sebelumnya dirajai oleh pesaingnya.
- Meningkatkan Kualitas Dari Jasa Yang Ditawarkan
Tanpa diragukan lagi, Start Up halo jasa telah menjadi perusahaan unicorn yang telah menjadi pilihan utama dalam jasa on demand. Dalam memberikan layanan, halo jasa memberikan kualitas pelayanan yang prima. Salah satunya dapat dilihat dari pemilihan petugas yang sangat selektif, bahkan untuk mendaftar sebagai penyedia layanan, seseorang perlu memiliki keterampilan yang sudah sesuai standar yang ada.
Cara ini dilakukan untuk menarik konsumen agar menjadi nyaman menggunakan halo jasa. Dapat kita bayangkan dahulunya, ketika disekitar kita penyedia layanan jasa sangat sedikit dan memiliki harga yang sangat mahal. Kehadiran Halo Jasa memudahkan hidup konsumen dalam beraktifitas sehari-hari.
- Memberikan Diversifikasi Layanan
Meskipun saat ini terdapat berbagai penyedia jasa yang mulai muncul disekitar kita. Pesona halo jasa tidak pudar, karena halo jasa selalu memunculkan inovasi baru. Salah satunya adalah dengan memberikan berbagai layanan baru seperti halo massage dan halo clean. Kemunculan fitur baru pada aplikasi ini membuat konsumen menjadi lebih bersemangat dalam menggunakan aplikasi ini. Halo massage maka akan memberikan jasa pijat langsung ke rumah Anda. Sedangkan untuk halo clean maka kita akan mudah membersihkan rumah melalui aplikasi ini.
Memberikan variasi pada jasa yang kita tawarkan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan jumlah konsumen. Dengan diversifikasi maka jumlah jasa yang kita tawarkan menjadi meningkat.
- Memberikan Upaya Promosi Yang Bertujuan Kepada Kepuasan Konsumen.Â
Promosi merupakan hal yang membuat banyak konsumen memilih jasa yang kita miliki. Karena hampir semua orang menyukai hal-hal yang menguntungkan berupa promo dari jasa yang diberikan. Halo Jasa  merupakan salah satu perusahaan yang selalu melakukan pengembangan terhadap selera konsumen. Promo yang sering dilakukan oleh halo jasa adalah memberikan diskon bagi pelanggan yang baru mendownload aplikasi ini. halo jasa  juga memberikan banyak diskon pada pengguna, sehingga pengguna mendapatkan banyak keuntungan dari aplikasi ini.Â
Layanan halo jasa adalah halo clean, banyak kelebihan-kelebihan yang di tawarkan oleh halo clean di antaranya adalah waktu layanan yang fleksible, hal ini berarti anda dapat memilih waktu kerja dan layanan menyesuaikan pada kebutuhan yang anda inginkan, bisa anda memesan hari yang sama atau keesokan harinya bisa dipakai. Â Harga yang ditawarkan juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan, di sini anda bisa memlih item layanan kebersihan yang ada menyesuaikan dengan yang memang dibutuhkan. Pelayanan yang selektif dan berverifikasi, pekerja halo clean terkenal mempunyai ethos kerja yang jujur serta professional yang mana akan memberi pengalaman-pengalaman terbaik mereka. Kualitas kerja yag telah tersertifikasi dengan baik dan juga mempunyai vendor-vendor yang mengikuti program pelatihan dengan standarisari peralatan-peralatan kerja yang begitu modern dan produk-produk kebersihan yang terbilang begitu ramah lingkungan.Â
Jika di sandingkan dengan layanan yang lainnya semisal go-clean maka keduanya mempunyai kelebihan yang hampir sama. Gojek yang telah  menghadirkan layanan Go-clean.  Salah satu keuntungan yang sama dimiliki adalah sama-sama menerapkan layanan yang professional, dimana para petugas go-clean nantinya akan tahu tentang tugas-tugas yang diembannya dan juga tips melakukan pembersihan ruangan yang pada akhirnya diterima menjadi mitra go-clean. Sama dengan jasa cleaning service dari halo clean, go-clean juga memberikan pelatihan kepada calon cleanernya sebelum bertugas di lapangan. Kedua layanan ini memang menggunakan layanan berbasis apps android.
Dari hal diatas dapat dilihat bahwa ada tiga hal yang dilakukan oleh halo jasa dalam menggoyang Market leader Jasa. Hal tersebut adalah peningkatan kualitas, diversifikasi produk dan promosi yang berotientasi pada kepuasan konsumen. Demikian adalah ulasan tentang apa itu market leader dan bagaimana cara menggoyangkan posisinya?, semoga bermanfaat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H