Mohon tunggu...
dany putrahermawan
dany putrahermawan Mohon Tunggu... Freelancer - content writer
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Saya content writer professional

Selanjutnya

Tutup

Money

Arti dari Data Kompetitor dan Cara Menggunakan nya

30 Maret 2020   09:57 Diperbarui: 6 Mei 2020   17:29 2533
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: slideshare.net 

Apa arti dari data kompetitor ? Kompetitor merupakan bagian terpenting dalam strategi pengembangan sebuah bisnis. Karena sebagaimana yang kita ketahui dalam sebuah bisnis ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk membuat bisnis kita berkembang. Hal ini dapat diwujudkan dengan pemilihan strategi yang tepat dalam memperlebar pasar dari bisnis kita.

Sumber gambar: hestanto.web.id

Kompetitor merupakan salah satu bisnis yang memiliki pasar yang sama dengan bisnis yang kita miliki. Salah satu upaya pengembangan bisnis kita adalah membuat konsumen dari pesaing yang kita miliki untuk berubah haluan dengan memilih produk yang kita miliki. Metrik dalam pemasaran memiliki definisi sebagai alat ukur yang dijadikan alat untuk membandingkan keberhasilan suatu bisnis, khususnya pemasaran dari produk.

Melakukan analisis secara mendalam terhadap cara kerja, ide dan inovasi yang dilakukan oleh pesaing merupakan hal yang wajar dalam dunia bisnis. Cara ini lebih sering dikenal dengan analisis konten yaitu dengan melakukan pemantauan terhadap strategi bisnis dari kompetitor. Metode ini dinilai lebih efektif dan efisien karena dapat memberikan ide dan beberapa pencerahan kepada kita untuk melakukan pengembangan bisnis. Supaya anda lebih paham lagi tentang apa arti dari data kompetitor lebih mendalam ? maka anda bisa menjalani beberapa langkah yang dapat dilakukan yang mana berguna juga untuk mendapatkan informasi pada strategi konten dari pesaing yang kita miliki:

Melakukan investigasi kepada media sosial

sumber gambar: digination.id
sumber gambar: digination.id

Media sosial merupakan sebuah platform yang dijadikan sebagai tempat untuk memasarkan produk. Sehingga dengan melakukan analisis terhadap strategi pemasaran yang digunakan, kita akan dapat melakukan perbandingan. Apabila bisnis kita memerlukan promosi yang lebih besar, maka kita dapat meningkatkan kualitas promosi yang kita lakukan. Kita juga bisa menambahkan media sosial yang akan dijadikan tempat promosi, seperti menggunakan media sosial Youtube sebagai tempat untuk meningkatkan jumlah konsumen yang mengetahui produk dari bisnis yang kita miliki.

Melakukan identifikasi pada kata kunci yang digunakan

Kata kunci yang digunakan untuk media promosi memberikan dampak pada kemunculan nama bisnis kita dalam pencarian pada halaman Google. Sehingga kita perlu mempelajari strategi yang digunakan pesaing dalam menggunakan kata kunci saat melakukan promosi melalui sebuah website

Mencoba menggunakan produkb jasa atau mengumpulkan data kompetitor yang ada.

sumber gambar: slideshare.net 
sumber gambar: slideshare.net 

Ini merupakan salah satu hal yang klasik yang dapat dilakukan. Anda sebagai pemilik bisnis dapat mencoba menggunakan dan membeli produk dengan brand lain yang sama jenisnya dengan produk yang kita jadikan bisnis. Sehingga kita dapat melihat perbandingan dengan produk yang kita miliki. Analisis dapat dilakukan dari segi jumlah dalam kemasan, tempat penjualan, tenaga penjualan bahkan dari segi kualitas dari produk tersebut. Sehingga kita dapat meningkatkan produk kita dengan memanfaatkan kelebihan dari produk lain dengan mengadopsinya kedalam produk yang kita miliki.

Selain menggunakan cara di atas, memang halo jasa juga berupaya untuk mengumpulkan data-data dari kompetitornya, misalnya adalah layanan cleaning service halo jasa. Halo clean melalui data yang telah dikumpulkan juga melihat data kompetitornya salah satunya adalah go-clean. Pada go-clean kelebihan-kelebihan yang ditawarkan oleh kompetitornya ini, membuat jasa cleaning service halo jasa juga semakin terus memperbaiki layanan bisnisnya menjadi lebih baik lagi. Update yang dihadirkan adalah kemudahan-kemudahn untuk customernya, keamanan, professional, mempunyai peralatan lengkap, dan layanan aplikasi yang semakin baik. 

Mengadopsi strategi bisnis yang dilakukan

Saat ini setiap bisnis mengalami persaingan yang ketat. Karena selera konsumen dapat saja berubah sewaktu-waktu. Untuk itu setiap pebisnis harus melakukan perbaikan secara terus menerus. Mengadopsi strategi bisnis merupakan salah satu upaya yang dpat dilakukan. Contohnya kita memiliki bisnis fashion yang menjual baju gamis. Sehingga untuk meningkatkan daya saing kita perlu melihat dan mengamati bagaimana strategi bisnis yang digunakan oleh toko lain yang juga menjual baju. Sehingga dengan mengamati, kita dapat mempelajari strategi bisnis yang mereka gunakan. Apabila kita aplikasikan hal yang kita dapat tersebut kepada produk yang kita jual, maka akan banyak pelanggan yang beralih memilih produk kita.

Dari penjelasan diatas dapat diketahui ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk memenangkan persaingan dalam bisnis secara sehat. Dengan melakukan langkah diatas, maka kita akan dapat menjadi bisnis yang terdepan dan menjadi lebih baik dari pada kompetitor kita. Demikian adalah arti dari data kompetitor dan bagaimana cara menggunakannya? Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun