Mohon tunggu...
Dany PutraHermawan
Dany PutraHermawan Mohon Tunggu... Freelancer - content writer

Saya content writer

Selanjutnya

Tutup

Money

Cara Press Release Seperti Apa yang Efisien untuk Perusahaan Startup?

20 Mei 2020   13:55 Diperbarui: 20 Mei 2020   13:52 104
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: saveasbrand.com

Press release yang efisien merupakan salah satu press release yang memiliki fungsi dan tujuan yang tepat sebagai upaya promosi perusahaan. Metode ini juga menjadi pilihan bagi perusahaan start up.  Perusahaan start up merupakan perusahaan yang masih dalam tahap merintis dan cenderung masih baru. Bagi yang belum familiar, press release atau biasa disebut dengan siaran pers merupakan sejumlah bentuk informasi yang dibuat dalam bentuk berita yang biasanya ditulis oleh bagian Public Relation (PR) dari suatu perusahaan atau oraganisasi yang ditujukan kepada redaksi dari media masa untuk dapat disiarkan atau dipublikasikan pada media tersebut. Media masa tersebut dapat berupa tv, radio, media cetak dan media online.

Bagi perusahaan start up, press release memiliki peranan penting agar setiap kegiatan atau informasi yang dilakukan dapat diketahui oleh masyarakat luas. 

Secara sederhana dapat dikatakan sebagai berita yang berasal dari suatu perusahaan. Media yang digunakan adalah media massa yang ramai dikunjungi oleh publik sebagai wadah untuk mengumpulkan semua informasi. berikut akan diberikan beberapa cara yang dapat digunakan oleh start up :

Melakukan Identifikasi Terhadap Sasaran dan Media

sumber gambar: saveasbrand.com
sumber gambar: saveasbrand.com
Press release yang efisien dapat dimulai dengan memilih media yang tepat untuk menyampaikan informasi untuk berita perusahaan start up yang kita miliki. Contohnya, apabila perusahaan start up yang kita miliki bergerak dalam layanan jasa berbasis aplikasi mobile, maka media yang dapat kita pilih sebagai tempat menyiarkan press release adalah media berita online. 

Pertimbangan dari pemilihan ini adalah sasaran dari informasi kita adalah kaum milenial perkotaan yang membutuhkan jasa dari kita. Sebagaimana yang kita ketahui media berita online merupakan salah satu platform online yang banyak digunakan oleh kaum milennial diperkotaan untuk mencari informasi mengenai berbagai hal. Sehingga berita dari perusahaan kita akan tepat sasaran.

Membuat Isi Press Release Dengan Maksimal

sumber gambar: badrulmozila.com 
sumber gambar: badrulmozila.com 

Dari sisi konten atau isi dari informasi harus disampaikan dengan efektif dan efisien. Anda sebagai pemilik perusahaan start up dapat menugaskan bagian Public Relation pada perusahaan anda untuk membuat press release dengan singkat, padat dan jelas. Press Release juga harus dibuat berdasarkan kejadian atau kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan start up.

Setiap isi press release harus menyampaikan 5W+1H dengan baik.  5W+1H merupakan kepanjangan dari What, Why, Who,Where, When, How. Hal ini memiliki pengertian bahwa berita yang kita berikan harus menjelaskan peristiwa apa yang terjadi, kenapa peristiwa itu dapat terjadi, siapa saja yang terlibat pada peristiwa tersebut, kapan peristiwa terjadi serta bagaiman proses dari peristiwa tersebut. Dengan melengkapi item tersebut maka berita yang kita sampaikan akan menjadi lebih lengkap.

Menggunakan format Press Release Yang Sesuai

Setiap berita tidak akan terlepas dari sebuah format. Format yang umum digunakan pada press release adalah memiliki jumlah halaman yang singkat, berkisar 1-1,5 halaman dan juga menyampaikan kapan tanggal press release perusahaan start up untuk dipublikasikan atau disiarkan.untuk memudahkan pemirsa dapat menangkan makna dan maksud dari informasi, maka press release harus dibuat dengan gaya piramida terbalik. Dimana gaya penulisan ini dimulai dengan menyampaikan topik utama pada bagian awal dan selanjutnya baru dilanjutkan dengan informasi yang lebih rinci. Dari segi spasi, press release efisien harus memiliki 2 spasi.

Salah satu daripada perusahaan yang menggunakan kemampuan press release nya adalah halo jasa. Bagi halo jasa memang telah membuat press release efisien mereka, bisa dilihat pada ketersediaannya produk mobile android atau apk, instagram dan pinterest serta promosi menggunakan website mereka dengan informasi-informasi layanan mereka, seperti halo clean, halo fix, halo auto, dan halo message. Uraian singkat mengenai ketiganya adalah

Halo Clean: jasa cleaning service ini berguna sekali bagi anda yang terlalu sibuk dengan rutinitas anda, membersihkan ruangan anda dengan tenaga cleaning service professional. Adapun hunian yang dapat dilayani pada Halo Clean adalah kantor/ruko, rumah/kost, apartemen. 

Halo Fix: jika AC anda bermasalah atau memang anda tidak punya waktu untuk merawat secara berkala AC anda, maka layanan Halo Fix ini tentu akan sangat membantu. Jasa service AC ini mempunyai teknisi yang begitu handal dan professional selain itu juga harga daripada jasa ini begitu transparan.

Halo Message: bagi anda yang terlalu bekerja keras di kantor atau sering kali bepergian, tentunya badan akan merasakan keletihan yang berujung pada nyeri otot atau pegal-pegal. Layanan halo jasa ini memberi manfaat untuk anda supaya badan anda terasa bugar kembali. Jasa massage ini bisa anda pesan melalu apk Halo Jasa untuk kemudian memesan pemijat datang kerumah atau kantor anda.

Halo Auto: layanan cuci mobil dan motor ini kapanpun dan dimanapun anda berada kendaraan anda tersebut akan terjaga kebersihannya. Kemudahan pada Halo Auto adalah lebih fleksible dalam menentukan tempat dan waktu yang anda inginkan, selain itu anda juga akan lebih hemat biaya dan bensin anda.

Demikian adalah ulasan tentang bagaimana press release yang efisien untuk bisnis anda, semoga informasi di atas bermanfaat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun