Mohon tunggu...
irsyadul albaab
irsyadul albaab Mohon Tunggu... -

hilangkan keakuan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Dolanan

2 Januari 2013   03:35 Diperbarui: 24 Juni 2015   18:39 533
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik


  • STUDI MATERI AQIDAH AKHLAQ MTS/MA


(SKL, Karakteristik, Tujuan, & Ruang Lingkup Serta Refleksi dan Analisisnya scr Umum)

BAHAN PERSIAPAN UAS GASAL 2012/2013

PAI STAIN PONOROGO

DOSEN:

AHMAD FARUK, M.Fil.I


  • STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) MAPEL AQIDAH AKHLAQ UNTUK MTS:

  • ASPEK AQIDAH:


•Meningkatkan pemahaman dan keyakinan terhadap rukun iman melalui pembuktian dengan dalil naqli dan aqli, serta pemahaman dan penghayatan terhadap al-asma' al-husna dengan menunjukkan ciri-ciri/tanda-tanda perilaku seseorang dalam fenomena kehidupan dan pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari.


  • ASPEK AKHLAQ:


•Membiasakan akhlak terpuji seperti ikhlas, taat, khauf, taubat, tawakal, ikhtiar, sabar, syukur, qana'ah, tawadhu', husnuzh-zhan, tasamuh, ta'awun, berilmu, kreatif, produktif dan pergaulan remaja, serta menghindari akhlak tercela seperti riya, nifak, ananiah, putus asa, marah, tamak, takabur, hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan namimah.


  • STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)


MAPEL AQIDAH AKHLAQ UNTUK MA:


  • ASPEK AQIDAH:


•Memahami istilah-istilah akidah, prinsip-prinsip, aliran-aliran dan metode peningkatan kualitas akidah serta meningkatkan kualitas keimanan melalui pemahaman dan pengahayatan al-asma' al-husna serta penerapan perilaku bertauhid dalam kehidupan.


  • ASPEK AKHLAQ:


•Memahami istilah-istilah akhlak dan tasawuf, menerapkan metode peningkatan kualitas akhlak, serta membiasakan perilaku terpuji dan menghindari perilaku tercela.


  • KARAKTERISTIK MAPEL AQIDAH AKHLAQ UNTUK MTS & MA :

  • ASPEK AQIDAH:

  • Menekankan pada kemampuan memahami dan mempertahankan keyakinan/keimanan yang benar serta menghayati dan mengamalkan nilai-nilai al-asma' al-husna.

  • ASPEK AKHLAQ:

  • Menekankan pada pembiasaan untuk melaksanakan akhlak terpuji dan menjauhi akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari.

  • REFLEKSI ATAS


KARAKTERISTIK MAPEL AQIDAH AKHLAQ UNTUK MTS & MA :


  • Aspek Aqidah: Aku temukan diriku memiliki pemahaman ttg keimanan yg benar. Pemahaman yg didapatkan & divalidasi dari jalan intelektual ('aqli) dan transmisif (naqli).

  • Karena kebenarannya, keyakinan ini harus aku pertahankan.

  • Sisi ini merupakan sisi nalar teoritis (nadzari), dari nalarku sbg manusia yg berpengetahuan sbg pengetahuan sbgmana adanya.

  • Aspek Akhlaq: Aku temukan diriku sbg makhluk ber-akhlak. Karena aku mempunyai kehendak untuk melangkah menuju kebaikan.

  • Karena kebaikannya, pengetahuan ini harus dilaksanakan.

  • Sisi ini menekankan sisi nalar praktis ('amali), yaitu pengetahuan sbg mana seharusnya yg dilakukan.

  • TUJUAN MAPEL AQIDAH AKHLAQ


Di MTS DAN MA UNTUK:


  • [1] Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, & pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang akidah Islam, sehingga menjadi manusia muslim yg terus berkembang keimanan & ketakwaannya kepada Allah SWT;

  • [2] Mewujudkan manusia Indonesia yg berakhlak mulia dan menghindari akhlak tercela dlm kehidupan sehari-hari, baik dlm kehidupan individu maupun sosial, sbg manifestasi dari ajaran & nilai-nilai akidah Islam.

  • REFLEKSI ATAS TUJUAN MAPEL AQIDAH AKHLAQ


Di MTS DAN MA:

•Pengetahuan ttg aqidah ini aku & anak didik cari karena dirinya sendiri, bukan yg lain yakni demi keimanan & ketakwaan itu sendiri.

•Tujuan ini adalah moralitas religius, yakni baik/sebagai muslim = jika aku & anak didik mengikuti kehendak Tuhan. Karena sumber nilai moralitas adalah Tuhan.

•Di satu sisi, ini adalah moralitas deontologis, artinya baik atau menjadi muslim itu adalah karena keharusan, kewajiban, atau tugas bukan karena akibatnya.


  • RUANG LINGKUP MAPEL AQIDAH AKHLAQ


UNTUK MTS:


  • Aspek akidah terdiri atas dasar & tujuan akidah Islam, sifat-sifat Allah, al-asma' al-husna, iman kepada Allah, Kitab-Kitab Allah, Rasul-Rasul Allah, Hari Akhir serta Qada Qadar.

  • Aspek akhlak terpuji yg terdiri atas ber-tauhiid, ikhlaas, ta'at, khauf, taubat, tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukur, qanaa'ah, tawaadu', husnuzh-zhan, tasaamuh & ta'aawun, berilmu, kreatif, produktif, & pergaulan remaja.

  • Aspek akhlak tercela meliputi kufur, syirik, riya, nifaaq, anaaniah, putus asa, ghadlab, tamak, takabbur, hasad, dendam, giibah, fitnah, dan namiimah.

  • RUANG LINGKUP MAPEL AQIDAH AKHLAQ


UNTUK MA: [1] ASPEK AQIDAH:


  • Terdiri atas: prinsip-prinsip akidah & metode peningkatannya, al-asma' al-husna, macam-macam tauhiid seperti tauhiid uluuhiyah, tauhiid rubuubiyah, tauhiid ash-shifat wa al-af'al, tauhiid rahmaaniyah, tauhiid mulkiyah dll, syirik & implikasinya dlm kehidupan, pengertian &fungsi ilmu kalam serta hubungannya dgn ilmu-ilmu lainnya, & aliran-aliran dlm ilmu kalam (klasik dan modern).

  • RUANG LINGKUP MAPEL AQIDAH AKHLAQ


UNTUK MA: [2] ASPEK AKHLAQ:


  • Terdiri atas: masalah akhlak yg meliputi pengertian akhlak, induk-induk akhlak terpuji & tercela, metode peningkatan kualitas akhlak; macam-macam akhlak terpuji spt husnuzh-zhan, taubat, akhlak dlm berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu & menerima tamu, adil, ridha, amal salih, persatuan & kerukunan, akhlak terpuji dlm pergaulan remaja; serta pengenalan tentang tasawuf.

  • Akhlak tercela meliputi: riya, aniaya & diskriminasi, perbuatan dosa besar (seperti mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba), israaf, tabdzir, & fitnah.

  • ANALISIS SCR UMUM MAPEL AQIDAH AKHLAQ MTS/MA

  • Aspek formal: dalil 'aqli dan naqli, klasifikasi, perincian serta analisis para ulama.

  • Aspek material:

  • [A] Pada bagian aqidah bersifat jadali (dialektik; meyakinkan lawan bicara) sbgmana dikembangkan para mutakallimin.

  • [b] Pada bagian akhlak bersifat khithabi (retorik; membujuk lawan bicara) yg berpusat pd konsep "baik" dan "buruk" secara religius, sbgmana dikembangkan ulama akhlak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun