Mohon tunggu...
irsyadul albaab
irsyadul albaab Mohon Tunggu... -

hilangkan keakuan

Selanjutnya

Tutup

Money

Silabus

31 Oktober 2012   04:21 Diperbarui: 24 Juni 2015   22:11 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Lembar Kerja

MATAKULIAHPENYUSUNAN SILABUS

BERDASARKAN PERMENDIKAS NO, 22 TH. 2006 TENTANG STANDAR ISI

DAN NO, 41 TH, 2007 TENTANG STANDAR PROSES

Nama Mahasiswa

Fifit Nur Maysaroh

NIM

210310187

Kelas

TB.F

Semester

V(Lima) Program Sudi Pendidikan Agama Islam

DosenPembina

Dr. Basuki, M.Ag



Langkah-Langkah Pengembangan Silabus

Sebelum mengembangkan silabus setiap Mata Pelajaran, KKG/MGMPharus mengkaji dan mengidentifikasi terlebih dahulu SK dan KD sebagaimana telah ditetapkan dalam Permendiknas No. 22 tahun 2006

Langkah Pertama

Mengisi identitas mata pelajaran pada kolom Lembar Kerja-1

Langkah Kedua

Menulis SK dan KD pada kolom Lembar Kerja-1.SKditulis dengan memberi nomor satu digit dan KD ditulis dengan memberi nomor dua digit sesuai dengan nomor yang telah ditetapkan dalam Permendiknas no. 22 tahun 2006

Langkah

Ketiga

Mengembangkan KD menjadi sejumlah Indikator, dengan beberapa tahapan sebagai berikut:

1.Melakukan analisis KD yang akan dikembangkan menjadi sejumlah indikator. Analisis KD bisa mencakup salah satu dari tiga aspek , atau dua aspek, yaitu aspek kognitif,afektif dan psikomotorik.Untuk mempermudah melakukan analisis KD, gunakan Lembar Kerja – 2

2.Memilih KKO (Kata Kerja Operasional) yang sesuai dengan masing-masing aspek untuk merumuskan Indikator sementara, Untuk mempermudah merumuskan indikator sementara,gunakan Lembar Kerja – 3

3.Mengurutkan semua indikator yang ditulis pada Lembar Kerja - 3 berdasarkan logika dan tingkat kompleksitas masing-masing indikator dengan memberikan nomor tiga digit pada kolom Lembar Kerja– 4

4.Semua rumusan indikator pada Lembar Kerja - 4 yang telah diberi nomor tiga digit, disalin dan dicopy ke dalam kolom lembar kerja – 1

Langkah Keempat

1.Mengidentifikasi materi yang akan dipelajari untuk setiap indikator. Materitersebut meliputi materi pokok bahasan dan sub pokok bahasan. Untuk mengidentifikasi materi, gunakan Lembar Kerja – 5

2.Semua Pokok bahasan dan sub pokok bahasan yang telah diidentifikasi pada Lembar Kerja – 5, disalin dan dicopy ke dalam kolom Lembar Kerja - 1

Langkah Kelima

Langkah-langkah mengembangkan Kegiatan Pembelajaran Aktif

1.Menentukan strategi active learning yang sesuai dengan indikator dan karakteristik materi yang akan dipelajari

2.Menentukan sumber/bahan/alat yang akan digunakan atau dimanfaatkan selama kegiatan pembelajaran

3.Mendeskripsikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran aktif . Deskripsi kegiatan pembelajaran dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari dan sumber/bahan/alat yang akan digunakan. Untuk mempermudah mendeskripsikan kegiatan pembejalaran aktif gunakan Lembar Kerja - 6

4.Deskripsi kegiatan pembelajaran yang telah dirumuskan pada Lembar Kerja-6 , disalin dan dicopy ke dalam kolom Lembar Kerja -1

Langkah Keenam

Menentukan bentuk dan jenis penilaian yang akan digunakan untuk mengukur ketercapaian masing-masing indikator dengan menggunakan Lembar Kerja - 7. Bentuk dan jenis penilaian yang telah ditentukan ditulis langsungpada kolom penilaian yang ada Lembar Kerja -1

Langkah Ketujuh

Menentukan alokasi waktu yang akan dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran per KD. Alokasi waktu yang telah ditentukan ditulis langsungpada kolom penilaian yang ada Lembar Kerja -1 (Gunakan Lembar Kerja 8)

Langkah Kedelapan

Sumber/bahan/alat yang telah ditentukan pada Lembar Kerja – 6, disalin dan dicopy ke dalam dalam Lembar Kerja -1 (Gunakan Lembar Kerja 9)



LEMBAR KERJA -1

ÞIsilah identitas mata pelajaran dan tulislah SK dan KD pada kolom Lembar Kerja-1.SK ditulis dengan memberi nomor satu digit dan KD ditulis dengan memberi nomor dua digit sesuai dengan nomor yang telah ditetapkan dalam Permendiknas no. 22 tahun 2006

Nama Sekolah

:MAN 1 Ponorogo

Kelas/Semester: X_________________________________

Mata Pelajaran

:al-Qur’an Hadits

Alokasi Waktu: __________________________________

Standar Kompetensi:3. Memahami fungsi al-Qur’an dalam kehidupan

Kompetensi

Dasar

Indikator

Materi

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber/ Bahan/ Alat

3.2. Menunjukkan perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an

_____________________________________________.

Guru Mapel _________________________________



LEMBAR KERJA -2

ÞKembangkan satu KD yang andatulis, menjadi beberapa Indikator dengan beberapa lembar kerjaLK-2, LK-3 dan LK-4

ÞLakukan analisis tehdap KD yang anda tulis. Analisis KD bisa mencakup salah satu dari tiga aspek , atau dua aspek, yaitu aspek kognitif,afektif dan psikomotorik.Untuk mempermudah melakukan analisis KD, gunakan Lembar Kerja – 2

Kompetensi Dasar

Pengetahuan apa sajakah yang harus diketahui siswa ?

Ketrampilan apa sajakah yang harus dapat ditunjukkan siswa ? (produk)

Apa yang harus bisa diperagakan siswa ? (kinerja)

Sikap apa/perilaku apa sajakah yang harus dimiliki siswa ?

Pengetahuan

Ketrampilan

Sikap

3.2.Menunjukkan perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an

Menunjukkan perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia

Menunjukkan perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai sumber pokok ajaran Islam

Menunjukkan perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai pelajaran bagi manusia

NB : Tidak semua kompetensi memuat jawaban untuk semua aspek.Hal ini turut ditentukan oleh jenis kompetensi dasarnya. Jika kompetensi dasar bersifat kognitif, sudah pasti rincian tandanya pun cenderung kognitif.



LEMBAR KERJA -3

ÞPilihlah KKO (Kata Kerja Operasional) yang sesuai dengan masing-masing aspek untuk merumuskan Indikator sementara, Untuk mempermudah merumuskan indikator sementara,gunakan Lembar Kerja – 3

Kata Kerja Operasional

Aspek pengetahuan atau ketrampilan atau sikap yang harus dimiliki oleh siswa

Menunjukkan

Perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia

Menunjukkan

Perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai sumber pokok ajaran Islam

Menunjukkan

Perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai peringatan bagi manusia

LEMBAR KERJA -4

ÞUrutkan semua indikator yang ditulis pada Lembar Kerja - 3 berdasarkan logika dan tingkat kompleksitas masing-masing dengan memberikan nomor tiga digit pada kolom Lembar Kerja– 4

Rumusan Indikator Sementara

Urutan Nomor Indikator

Menunjukkan perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia

3.2.1

Menunjukkan perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai sumber pokok ajaran Islam

3.2.2

Menunjukkan perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai peringatan bagi manusia

3.2.3

Semua rumusan indikator pada Lembar Kerja - 4 yang telah diberi nomor tiga digit, disalin dan dicopy ke dalam kolom lembar kerja – 1



Nama Sekolah

:MAN 1 PONOROGO

Kelas/Semester: X/II

Mata Pelajaran

: Al-Qur’an Hadits

Alokasi Waktu: __________________________________

Standar Kompetensi:3. Memahami fungsi al-Qur’an dalam kehidupan

Kompetensi

Dasar

Indikator

Materi

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber/ Bahan/ Alat

3.2. Menunjukkan perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an

3.2.1Menunjukkan perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia

3.2.2Menunjukkan perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai sumber pokok ajaran Islam

3.2.2Menunjukkan perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai peringatan bagi manusia

_____________________________________________.

Guru Mapel _________________________________

LEMBAR KERJA -5

ÞMelakukan Identifikasi materi untuk setiap indikator yang meliputi materi pokok bahasan dan sub pokok bahasan.

Untuk mengidentifikasi materi, gunakan Lembar Kerja – 5

Nomor Indikator

Pokok Bahasan

Sub Pokok Bahasan

3..2.1

Perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia

3.2.2

Perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai sumber pokok ajaran Islam

3.2.3

Perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai peringatan bagi manusia

Semua Pokok bahasan dan sub pokok bahasan yang telah diidentifikasi pada Lembar Kerja – 5, disalin dan dicopy ke dalam kolom Lembar Kerja - 1



Nama Sekolah

:MAN 1 PONOROGO

Kelas/Semester: X/II

Mata Pelajaran

: Al-Qur’an Hadits

Alokasi Waktu: __________________________________

Standar Kompetensi:3. Memahami fungsi al-Qur’an dalam kehidupan

Kompetensi

Dasar

Indikator

Materi

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber/ Bahan/ Alat

3.2. Menunjukkan perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an

3.2.1Menunjukkan perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia

Perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia

3.2.2Menunjukkan perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai sumber pokok ajaran Islam

Perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai sumber pokok ajaran Islam

3.2.2Menunjukkan perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai peringatan bagi manusia

Perilaku orang yang memfungsikan Al-Qur’an sebagai peringatan bagi manusia

_____________________________________________.

Guru Mapel _________________________________

LEMBAR KERJA -6.1

ÞMendeskripsikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran berbasis active learning. Deskripsi kegiatan pembelajaran dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari dan sumber/bahan/alat yang akan digunakan. Untuk mempermudah mendeskripsikan kegiatan pembejalaran aktif gunakan Lembar Kerja – 6

Nomor Indikator

Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan

Nama Strategi yang akan digunakan

Sumber/Bahan/Alat yang dimanfaatkan

Deskripsi Kegiatan Pembelajaran Berbasis Active Learning

A

ÞDeskripsi kegiatan pembelajaran yang telah dirumuskan pada Lembar Kerja-6 , disalin dan dicopy ke dalam kolom Lembar Kerja -1



LEMBAR KERJA -6.2

ÞMendeskripsikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran berbasis active learning. Deskripsi kegiatan pembelajaran dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari dan sumber/bahan/alat yang akan digunakan. Untuk mempermudah mendeskripsikan kegiatan pembejalaran aktif gunakan Lembar Kerja – 6

Nomor Indikator

Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan

Nama Strategi yang akan digunakan

Sumber/Bahan/Alat yang dimanfaatkan

Deskripsi Kegiatan Pembelajaran Berbasis Active Learning

A

ÞDeskripsi kegiatan pembelajaran yang telah dirumuskan pada Lembar Kerja-6 , disalin dan dicopy ke dalam kolom Lembar Kerja -1



LEMBAR KERJA -6.3

ÞMendeskripsikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran berbasis active learning. Deskripsi kegiatan pembelajaran dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari dan sumber/bahan/alat yang akan digunakan. Untuk mempermudah mendeskripsikan kegiatan pembejalaran aktif gunakan Lembar Kerja – 6

Nomor Indikator

Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan

Nama Strategi yang akan digunakan

Sumber/Bahan/Alat yang dimanfaatkan

Deskripsi Kegiatan Pembelajaran Berbasis Active Learning

A

ÞDeskripsi kegiatan pembelajaran yang telah dirumuskan pada Lembar Kerja-6 , disalin dan dicopy ke dalam kolom Lembar Kerja -1



LEMBAR KERJA -7

ÞTentukan bentuk dan jenis penilaian yang akan digunakan untuk mengukur ketercapaian masing-masing indikator. Untuk mempermudah menentukan bentuk dan jenis penilaian gunakan Lembar Kerja -7

ÞBentuk dan jenis penilaian yang ditetapkan pada Lembar Kerja -7, disalin dan dicopy pada kolom lembar kerja -1

Nomor

Indikator

Aspek Kemampuan yang akan diukur

Bentuk dan Jenis Penilaian

LEMBAR KERJA -8

ÞMenentukan alokasi waktu yang akan dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran per KD. Alokasi waktu yang telah ditentukan ditulis langsungpada kolom penilaian yang ada Lembar Kerja -1

LEMBAR KERJA -9

ÞSumber/bahan/alat yang telah ditentukan pada Lembar Kerja – 6, disalin dan dicopy ke dalam dalam Lembar Kerja -1

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
  15. 15
Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun