Mohon tunggu...
Daniel Setiawan
Daniel Setiawan Mohon Tunggu... Administrasi - Seorang karyawan swasta

Segala Sesuatu Ada Masanya, Ikhlas dalam Menjalaninya disertai dengan Pengucapan Syukur.\r\n

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Cerita Bang Jek Membuat Saya Kepincut Motor Ini

30 April 2016   06:47 Diperbarui: 2 Mei 2016   06:57 1796
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Vario 150 eSP yang sempurna/welovehonda.com

"Ride The Perfection ____ "                                                                                                                 

Ini cerita tentang seorang pengojek via aplikasi online, yang membuat saya terkesan. Saya memang biasanya kalau pulang kerja selalu menggunakan ojek online sebagai media transportasi. Murah dan cepat daripada naik angkot yang suka ngetem dan tidak leluasa ketika berhadapan dengan situasi macet yang akan membuat perjalanan pulang lebih lama.

Hari itu Jumat (22/04) seperti biasa saya memesan ojek online dari tempat kerja saya yang berada di Lapangan Tembak, Cibubur menuju ke Stasiun Universitas Indonesia yang mana selanjutnya saya akan menggunakan commuter line menuju Bogor.

Tak sampai beberapa menit driver ojek online-nya sudah tiba untuk menjemput saya di tempat dimana saya minta dijemput. Tidak biasanya, motor yang digunakan driver ini cukup baru dengan warna hitam dop secara keseluruhan. Sungguh elegan dan mewah,  sungguh sayang motor semewah ini cuma dibuat ngojek, pikir saya.

Ketika saya naik keboncengan, menurut saya motornya tidak terlalu tinggi sehingga tidak susah untuk naik ke sadelnya. Suara mesinnya tidak terdengar bergemuruh seperti motor-motor yang lain, senyap. Wah, ini baru motor yang canggih pikir saya, tarikannya pun terasa mulus tak ada hentakan sekali pun.

Saat melihat lebih lanjut, saya yakin motor yang saya naiki saat itu adalah Vario 150 Sempurna, Karena tampilannya sungguh persis dengan yang tertera pada blog-event Vario 150 eSP di Kompasiana. Saya pun melancarkan pertanyaan mengenai pengalaman sang driver mengenai Vario 150 Sempurna kesayangannya.

Sudah berapa lama mas makai Vario-nya?

Sudah sekitar delapan bulan, pak” jawab sang driver yang bernama Aldi

Ooo... gimana kesannya selama pakai Vario?” tanya saya lagi

Enak-enak aja pak. Gak rewel”

Yang penting harus diservis dan ganti oli secara teratur” lanjutnya

Ooo gitu ya..., keren ya “ kata saya “suaranya gak bising”.

Iya pak... Inilah salah satu alasan saya beli Vario” katanya.

"Gak sayang apa Vario barunya dibuat, ngojek?" tanya saya

"Gaklah pak... inikan buat cari duit... kalau sayang gak ada hasilnya" 

"Mau gimana lagi pak... Yang penting kita hati-hati aja membawanya..." sambung Aldi.

"Ya mas... kalau gak hati-hati sayang sama motornya..." kata saya.

Karena drivernya sedang konsentrasi, saya urung bertanya lebih lanjut.

Sampai di lampu merah Simpang Empat Kelapa Dua, kami harus berhenti. Baru saja berhenti, tiba-tiba mesin motornya mati. Dan lampu hijau di panel meter-nya berkedip-kedip. Saya pun tanya,

Mas, kok lampu hijau-nya berkedip-kedip?

Oh, itu lampu ISS pak, kalau kita berhenti beberapa detik mesinnya langsung berhenti juga, biar irit

Oh gitu ya...” saya pura-pura baru tahu (padahal sih emang belum tahu..), terus saya lanjutkan,"ngomong-ngomong soal irit, irit gak Vario-nya?"

"irit pak...., itulah sebabnya saya beli Vario. Khan mesinnya sudah injection jadi irit. cuma sayang pak... motor injection gak bisa servis di bengkel di pinggir jalan, pada gak mau nerima"

"kenapa mas?"

"gak ada alatnya kata tukang bengkelnya..."

"Oooo...."

Obrolan kami terhenti karena lampu hijau sudah menyala. Dan dengan entengnya si mas driver menarik tuas gas dan mesin motornya langsung nyala, wow keren amat pikir saya. Oh gitu toh teknologi ISS punya Honda, pikir saya.

Dan yang lebih membuat saya berdecak kagum  adalah si mas driver ojek online begitu lincah membawa motornya menyalip di antara kemacetan jalan Kelapa Dua dan tak terasa telah sampai di Stasiun UI kurang dari 18 menit.

Rasa penasaran saya membuat saya kepingin tahu lebih lanjut mengenai informasi tentang Vario 150 Sempurna, dan saya mulai searching di http://www.welovehonda.com untuk mengetahui lebih banyak informasi tentang Vario 150 eSP sehingga saya bisa menginformasikan kecanggihan dari Vario 150 eSP kepada pembaca Kompasiana, agar tidak salah membeli motor. Dan inilah hasil searching saya di portal milik Honda tersebut.

***

Teknologi Mesin Vario 150 eSP

Teknologi eSP (echanged Smart Power) adalah generasi terbaru mesin matik Honda yang diterapkan secara global dan dirancang sempurna untuk menghasilkan performa tinggi, efisiensi bahan bakar lebih baik dan tentu saja ramah lingkungan. Mesin matik eSP 150 CC didukung dengan teknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection) Honda yang dirancang sempurna untuk menghasilkan pembakaran sempurna yang mampu memberikan tenaga besar dan akselerasi responsif dengan efisiensi bahan bakar sehingga lebih ramah lingkungan.

Mesin matik injeksi dari Honda tentu akan memberikan penghematan dalam pemakaian bahan bakar tidak seperti motor yang masih menggunakan sistem karburator yang cenderung boros dalam pemakaian bahan bakar.

Mesin matik Vario 150 eSP mampu melaju hingga pada kecepatan 102 KM/jam dan mampu menempuh jarak 48 KM hanya dengan 1 liter bbm pada saat fitur ISS diaktifkan (metode ECE R40) dan diukur dengan metode euro 3. Sangat irit bukan?

Dan satu lagi teknologi yang diterapkan pada mesin matik eSP ini adalah fitur ACG Starter, teknologi canggih ini memberikan sensasi kepuasan menghidupkan mesin tanpa suara. Sehingga kita tidak akan merasakan bahwa mesin motor kita telah menyala karena hampir tidak ada suara yang ditimbulkan.

 [caption caption="Mesin Matic Vario 150 eSP/welovehonda.com"]

[/caption]Fitur-fitur Canggih Vario 150 eSP

1. ISS (Idling Stop System)

Fitur premium ini hanya ada pada sepeda motor Honda, yang mana motor akan secara otomatis matikan mesin saat motor berhenti lebih dari 3 detik, dan mesin otomatis menyala kembali saat tuas gas diputar. Teknologi ini membantu mencegah bahan bakar terbuang percuma pada saat berhenti, lebih irit dan ramah lingkungan dan performa mesin dan aki tetap optimal.

Vario 150 eSP dilengkapi tombol ISS untuk mengaktifkan atau menon-aktifkan fitur Idling Stop System.

2. CBS (Combi Brake System)

Dengan Combi Brake System pengereman lebih mudah dan nyaman. Combi Brake System memudahkan keseimbangan pengereman roda belakang dan depan secara bersamaan hanya dengan menekan tuas kiri. Fitur ini memberikan kenyamanan disaat berkendara dan lebih praktis di semua kondisi jalan.

3. ABS (Answer Back System)

Fitur ini sangat membantu kita yang suka lupa. Lupa menaruh kendaraan di tempat parkir yang luas tentu merupakan sebuah bencana. Membuang waktu dan energi hanya sekedar menemukan motor yang kita lupa menaruhnya dimana. Tetapi dengan ABS sebuah fitur yang disematkan pada Vario 150 eSP membuat kita tidak perlu lagi membuang-buang waktu dan energi. Cukup hanya menekan sebuah tombol pada remote, maka seketika itu juga kita akan menemukan motor kesayangan kita. Canggih bukan? Makanya dapatkan segera Vario 150 Sempurna, jangan yang lain.

4. SSS (Side Stand Switch)

Fitur ini diperuntukkan untuk kenyamanan dan keselamatan bagi pengendara. Jika standar samping diturunkan maka secara otomatis mesin akan mati dan bila distarter mesin tidak akan menyala. Hal ini penting, karena standar samping yang turun akan membahayakan pengendara disaat mengemudi.

Bisa saja standar samping yang turun tersebut membentur pembatas jalan atau benda-benda yang dapat menimbulkan kecelakaan pada saat berkendara.

Jadi fitur ini ditanamkan ke Vario 150 eSP untuk keamanan dan keselamatan pemakainya.

5. Brake Lock 

Fitur ini sangat membantu ketika kita berhenti pada tanjakan turun. Pada saat kita harus mempertahankan tuas rem agar motor tidak terus meluncur ke bawah. Maka fitur ini sangat membantu, jika fitur ini digunakan maka kita tidak perlu menahan tuas rem terus menerus, karena dengan fitur ini otomatis rem akan terkunci dengan sendirinya.

Fitur ini juga sangat berguna pada saat parkir. Apalagi tempat parkir dengan posisi yang agak menurun. Dengan fitur ini, motor kita akan tetap pada posisinya, karena ban depan mau pun ban belakang telah terkunci secara otomatis.

 [caption caption="Fitur-fitur Vario 150 Sempurna/dokpri"]
[/caption]

 

Fitur-Fitur Pendukung Lainnya

Kapasitas bagasi terbesar di kelasnya yaitu sebesar 18 liter yang tentu saja mampu menyimpan helm full face. Tangki bahan bakar yang dapat menampung sebanyak 5,5 liter bahan bakar. Velg Cast Wheel dengan motif yang dinamis seperti velg motor racing dan tambah keren lagi karena Vario 150 eSP menggunakan tubeless tire yang mana ban yang digunakan tidak menggunakan ban dalam.

Salah satu teknologi baru disematkan pada Vario 150 eSP adalah lampu depan yang sempurna. New Dual Keen Eyes Led Headlight, lampu depan double dengan desain baru yang agresif memberikan pencahayaan yang lebih terang. 

Beberapa pilihan warna yang ditampilkan Vario 150 eSP membuat penampilanmu bertambah sempurna. Mau yang exclusive atau pun yang sporty bisa kamu pilih di sini. Warna pilihan exlusive seperti Matte Black, Pearl White, Matte Blue, Matte Brown, Black Metallic sedangkan yang sporty dapat dipilih yang Titanium Black, Sonic White Blue, Bionic Red.

Desain Vario 150 eSP bertambah mewah dengan emblem 3D Honda yang eklusif, membuat Vario 150 eSP bertambah sempurna. Mau menambah accesories buat Vario 150 eSP? Tidak perlu kuatir Honda menyediakan beberapa Honda Genuine Accesories (HGA) dengan harga yang terjangkau baik harga satuan mau pun harga paket.

 [caption caption="Fitur-fitur tambahan Vario 150 eSP/welovehonda.com"]

[/caption]

Setelah menyimak berbagai kesempurnaan dari Vario 150 eSP, dengan teknologi-teknologi canggih yang dikembangkan khusus untuk produk Honda dan tidak ada pada motor merk lain. Apakah kita masih ragu untuk menentukan pilihan? 


***

Tip Vario 150 Sempurna dan Awet

Kamu sudah mengetahui teknologi canggih yang diterapkan pada Vario 150 eSP, dan tentu kamu tidak ingin teknologi canggih tersebut menjadi sia-sia akibat dari keteledoran atau kelalaian kamu dalam memperlakukan Vario 150 eSP kesayanganmu tersebut. Dan ini adalah beberapa tip yang perlu kamu perhatikan agar Vario-mu tetap terawat, tetap sempurna dan tetap kencang larinya.

1. Servis Berkala

Yang dimaksud dengan servis berkala adalah kamu harus melakukan servis rutin tiap-tiap 2000 km - 4000 km jarak tempuh Vario-mu, agar Vario-mu tetap terawat. Pada saat diservis Vario-mu akan di tune-up agar larinya tetap kencang, mesinnya tetap tokcer. Dan juga Vario-mu akan dicek apakah parts-nya ada yang perlu diganti, agar parts yang telah rusak tersebut tidak mempengaruhi kinerja parts yang lainnya.

2. Ganti Oli Mesin Secara Teratur

Minyak pelumas mesin menjadi salah satu komponen yang cukup mempengaruhi kinerja mesin, oleh karena itu pelumas juga perlu diganti secara rutin agar mesin tetap stabil dan kinerjanya tidak menurun. Setiap 2000 km oli sudah harus diganti dengan yang baru, atau pun jika jarak tempuh belum mencapai 2000 km maka oli juga perlu diganti setiap dua bulan sekali.

Perlu juga diperhatikan, tidak semua jenis oli bisa digunakan pada mesin matic. Gantilah oli yang sesuai diperuntukkan untuk motor matic, agar Vario-mu tidak mengeluh telah diberikan oli yang salah. Untuk oli yang tepat buat Vario kesayanganmu adalah oleh produk AHM yaitu SPX2. 

Oh ya, jangan lupa juga untuk mengganti oli gardan setiap Vario-mu menempuh jarak 8000 km. 

[caption caption="Gunakan Pelumas khusus untuk motor matic SPX2 untuk Variomu / dokpri"]

[/caption]

3. Bengkel Resmi Honda 

Servislah Vario-mu di bengkel resmi Honda, yaitu bengkel yang bertanda khusus AHASS (Astra Honda Authorized Service Station). Mengapa Vario-mu harus diservis di bengkel resmi Honda? Karena tidak semua bengkel non-AHASS mampu untuk melakukan perawatan terhadap motor matic injeksi seperti Vario-mu. Honda Vario bukanlah seperti motor yang menggunakan karburator yang gampang untuk diservis, tetapi Vario menggunakan sistem injeksi yang penyemprotan bahan bakarnya diatur secara computerize sehingga perlu sebuah alat untuk mendeteksi sensor injeksi tersebut. Kalau servis di bengkel non-resmi, takutnya performa Vario-mu bukan malah tambah kencang, malahan sebaliknya.

Di Bengkel resmi Honda, digunakan sebuah alat yang dapat mendeteksi setiap sensor injeksi via ECM (Electronic Control Module) namanya HiDS. Dengan alat ini mekanik tidak perlu mengamati tiap komponen secara manual.

[caption caption="Servis berkala dan ganti oli rutin di Bengkel Resmi Honda (AHASS) / dokpri"]

[/caption]

4. Bensin Tanpa Timbal

Kenapa kamu harus menggunakan bensin tanpa timbal untuk Vario-mu? Karena pada mesin PGM-FI dilengkapi katalis yang menyempurnakan pembakaran yaitu dengan memfilter gas buang sehingga gas-gas yang belum sukses terbakar sempurna akan terbakar, bila menggunakan bensin bertimbal, debu timbal akan menempel pada katalis dan menjadi kerak.

Masak sih kamu bisa beli Vario yang berharga puluhan juta rupiah tetapi tidak bisa membeli pertamax yang seliternya tidak sampai 9000 rupiah? Sayangkan dengan Vario-mu.

5. Honda Genuine Parts

Nah ini yang kadang-kadang diremehkan oleh konsumenVario 150 Sempurna. Mengganti suku cadang motor sembarangan yang penting murah. Tidak memperhatikan apakah suku cadang tersebut asli atau abal-abal. Kasihan dong dengan Vario-mu jika kamu memberikan suku cadang abal-abal untuk motormu. Dengan suku cadang abal-abal bukan hanya akan merusak komponen mesin Vario-mu, juga akan membuat Vario-mu menjadi tidak sempurna lagi. Inilah sebabnya kenapa banyak konsumen Vario yang mengeluh Vario mereka cepat sekali jebol dan performanya menurun. Ya iyalah, yang dipakai suku cadang abal-abal. Makanya jangan pilih yang murah tetapi pilih yang asli walau pun harganya mahalan dikit.

Oleh karena itu, pastikan bahwa suku cadang yang dipakai untuk Vario-mu adalah dari Honda Genuine Parts yang bertanda khusus berhologram HGP Honda AHM. Kenapa harus pakai Honda Genuine Parts? Agar Vario-mu mendapatkan suku cadang asli dari Honda yang terjamin kualitasnya sehingga Vario-mu tetap awet dan terawat. Tetap kencang tarikannya dan tetap sempurna.

 [caption caption="Sebagian Honda Genuine Parts Jaminan keaslian suku cadang Honda untuk Motor Honda-mu / dokpri"]

[/caption]

Kita sudah mengulik kecanggihan teknologi yang disematkan pada Vario 150 eSP dan juga beberapa tip yang berguna agar Honda Vario 150 eSP tetap sempurna untuk dikendarai dan performanya tetap yahud sehingga kepuasan memiliki Vario 150 tetap sempurna. Bagi kamu yang lagi pilih-pilih motor untuk kegiatan sehari-hari, jangan salah pilih motor. Pilih yang sempurna, pilih Vario 159 eSP. Motor yang cocok untuk maskulin mau pun feminin.

"THE ONE AND ONLY"


Salam Satu Hati..!

Sumber referensi : welovehonda.com dan dari berbagai sumber.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun