informasi di media sosial sangat tidak terbendung dan menyebar begitu cepatnya. Namun sayangnya, tidak semua informasi yang beredar itu akurat. Hoaks atau berita bohong seringkali muncul dan menyebar dengan cepat, terutama saat terjadi krisis. Hal ini tentu saja sangat berbahaya karena dapat memperkeruh suasana dan memperparah dampak krisis.
Seringkah kamu merasa bahwa di era digital saat ini,Jika kamu bekerja sebagai corporate communication, pastinya ancaman hoax  bisa menimbulkan berbagai krisis komunikasi, antara lain dapat merusak citra dan kepercayaan publik terhadap brand, konflik dengan berbagai pihak terkait, seperti pelanggan, investor, mitra bisnis, bahkan pemerintah hingga ketidakpercayaan antar karyawan dan manajemen, yang pada akhirnya berdampak pada produktivitas kerja.
Lalu, mengapa sih hoaks mudah menyebar?
1. Kecepatan penyebaran informasi. Informasi bisa menyebar dengan cepat melalui media sosial dan platform digital.
2. Informasi yang bersifat emosional atau kontroversial cenderung lebih mudah menyebar.
3. Kurangnya literasi digital sehingga menyebabkan orang kurang memiliki kemampuan untuk membedakan mana informasi yang benar dan salah.
Untuk itu, dalam menghadapi tantangan hoaks di tengah krisis, corporate communication perlu melakukan beberapa langkah sebagai berikut:
1. Segera tanggapi informasi yang tidak benar atau rumor yang beredar.
2. Pastikan perusahaan memiliki saluran komunikasi yang jelas untuk menyampaikan informasi yang akurat kepada publik.
3. Bekerja sama dengan pihak terkait dalam menyebarkan informasi cukup bermanfaat dengan memanfaatkan media yang kredibel.
4. Bangun kepercayaan publik dengan bersikap transparan dan jujur.