Mohon tunggu...
Danny Febrian
Danny Febrian Mohon Tunggu... Bankir - Corporate Communication Specialist

• Certified Public Media Relations Officer • Master degree in Corporate Communications/Public Relations. • 3 times The Best Employee (2019-2021) • Experienced corporate communication (+/- 8 years) • Skilled on content writing • Sosial media savvy

Selanjutnya

Tutup

Analisis Pilihan

Peran Penting "Whoosh" dalam Meningkatkan Brand Awareness KCJB

22 September 2023   18:09 Diperbarui: 22 September 2023   19:40 304
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: kompas

Dalam dunia bisnis dan pemasaran, sebuah nama bisa menjadi aset berharga yang mengubah nasib sebuah merek, tidak terkecuali bagi Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), yang baru-baru ini melakukan rebranding nama menjadi menjadi "Whoosh," pada Kamis, 21 September 2023. Menurut Ketua tim panel penilai lomba Identitas Jenama Kereta Cepat Indonesia, Triawan Munaf, nama Whoosh memiliki kepanjangan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal. "Nama Whoosh memiliki kepanjangan, Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal. Jadi sangat sesuai sekali," ungkap Triawan.

Beliau juga menjelaskan bahwa nama Whoosh bermakna "cepat", yang sesuai dengan kecepatan kereta api cepat. Dengan nama baru ini, pemerintah berharap Kereta Cepat Jakarta-Bandung dapat semakin dikenal dan diminati oleh masyarakat.

Dalam Strategu Marketingm, nama Whoosh sendiri memiliki peran penting yang dapat meningkatkan brand awareness KCJB, antara lain:

1. Unik dan mudah diingat

Nama Whoosh memiliki bunyi yang unik dan mudah diingat. Bunyi "whoosh" terdengar seperti suara angin yang bertiup kencang, yang menggambarkan kecepatan kereta api cepat. Nama ini juga mudah diucapkan dalam berbagai bahasa, sehingga dapat diterima oleh masyarakat luas.

2. Mencerminkan nilai dan manfaat produk

Nama Whoosh memiliki makna yang positif dan sesuai dengan nilai dan manfaat produk. Nama ini bermakna "cepat", yang sesuai dengan kecepatan kereta api cepat. Nama ini juga memiliki kepanjangan yang bermakna "Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal", yang menggambarkan keunggulan produk dari segi kecepatan, efisiensi, dan keamanan.

3. Mudah dikomunikasikan

Nama Whoosh mudah disampaikan melalui berbagai media komunikasi,  sehingga mudah ditulis, diucapkan, diingat dan mudah dipromosikan melalui iklan, media sosial, dan kanal media informasi lainnya.

Dengan perubahan ini, pemerintah berharap dapat menghidupkan kembali minat masyarakat terhadap Kereta Cepat Jakarta-Bandung. "Whoosh" bukan hanya sebuah identitas, melainkan juga sebuah alat efektif dalam upaya meningkatkan kesadaran akan merek ini. 

Melalui perpaduan unsur keunikan, makna positif yang terkandung dalam nama, dan kemudahan dalam komunikasi, "Whoosh" tampaknya memiliki potensi besar untuk membantu KCJB membangun citra yang kuat dan menjadi pilihan utama dalam perjalanan cepat antara dua kota metropolitan Jakarta-Bandung tersebut.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun