Media sosial Instagram Uniqlo memiliki tata cara kelola yang unik dan kreatif. Setiap konten yang diunggah sungguh beragam dan memiliki nilai jual.
Media sosial merupakan media yang paling krusial digunakan dalam menjalankan sebuah bisnis atau memperkenalkan sebuah brand/merek. Berbagai jenis media sosial telah melekat dengan aktivitas masyarakat, salah satunya Instagram.Â
Mengutip dari BeritaSatu.com (2021), Instagram menduduki peringkat nomor tiga sebagai media sosial yang terpopuler di kalangan masyarakat Indonesia setelah Youtube dan WhatsApp.
Akibat kepopuleran di kalangan masyarakat, Instagram dijadikan sebagai sarana utama dalam mempromosikan sebuah brand/merek. Selain populer, fitur-fitur yang tersedia seperti feeds dan snapgram sangat menarik dan mudah untuk digunakan.Â
Dalam sebuah perusahaan khususnya perusahaan retail, tentu memiliki standar dalam mengelola media sosial Instagram, baik dari kualitas konten maupun kreativitas yang dituangkan. Umumnya, standar yang digunakan sesuai target segmentasi perusahaan.Â
Uniqlo
Uniqlo merupakan perusahaan retail Jepang bertaraf multinasional yang tersebar di berbagai negara, salah satunya Indonesia. Secara konsisten, Uniqlo memanfaatkan media sosial Instagram sebagai ajang promosi. Dengan memanfaatkan Instagram, masyarakat menjadi lebih aware terhadap brand Uniqlo. Â
Uniqlo memiliki akun Instagram utama yang meranah secara global yaitu @uniqlo. Selain itu, terdapat akun Instagram milik Uniqlo yang disesuaikan tempat beroperasinya, seperti @uniqloindonesia.Â
Mengingat Uniqlo bertaraf multinasional, tentu tidak secara sembarang dalam mengelola media sosial Instagram. Oleh sebab itu, berikut tata kelola media sosial Uniqlo yang diperoleh dari hasil pengamatan akun Instagram @uniqlo.Â
Bio Instagram
Admin menautkan website resmi Uniqlo dan alamat lengkap Uniqlo pusat yang berada di Jepang. Hal ini bertujuan untuk memperkaya informasi dari brand Uniqlo dan produk-produk yang ditawarkan.
Highlight Instagram
Konten yang dicantumkan dalam highlight sangat beragam dan tentunya informatif. Admin memanfaatkan fitur highlight Instagram agar informasi-informasi terkait Uniqlo tersampaikan secara menyeluruh.Â
Fitur ini semacam memori yang secara berulang dapat dibuka kembali oleh user Instagram. Konten yang dimuat di antaranya cuplikan video terkait project mendatang, foto dari koleksi produk Uniqlo yang terbagi menjadi beberapa seri, Â penjelasan kelebihan dari produk Uniqlo dan nilai-nilai yang terkandung, foto yang memperlihatkan outfit seseorang dengan brand Uniqlo, konten QnA dengan followers dan pesan dari Brand Ambassador Uniqlo.Â
Secara keseluruhan, admin Instagram Uniqlo ingin menonjolkan sisi keindahan dan kenyamanan dari brandnya meskipun hanya sebatas pakaian casual. Maka dari itu, di setiap highlightnya diselipkan gaya penampilan seseorang yang mengenakan brand Uniqlo.Â
Feeds Instagram
Total feeds Instagram @uniqlo hingga saat ini berjumlah 2.467 postingan. Apabila dicermati dengan seksama, terlihat di setiap postingannya mengusung tema atau konsep yang berbeda. Tema yang dimaksudkan terkait latar dan penempatan produk.Â
Latar di setiap postingannya memiliki unsur warna yang soft dan cenderung terang. Sedangkan penempatan posisi produknya terlihat tidak proporsional tetapi dapat menampilkan seluruh jenis warna produk pakaiannya secara jelas. Maka dari itu, dari segi visualisasi konten tidak monoton dan memesona.
Secara konsisten, admin Instagram Uniqlo membagikan postingan yang terdiri atas beberapa foto atau disebut mode multi foto. Halaman pertama postingan, diawali dengan foto produk yang ingin ditawarkan ke masyarakat.Â
Setelah menggeser halaman pertama, muncul foto produk dengan model yang berbeda atau pun foto outfit seseorang dengan brand Uniqlo yang menonjolkan sisi kenyamanan, baik outfit laki-laki maupun perempuan.
Selain itu, beberapa postingannya disisipkan penjelasan singkat terkait model dan bahan yang digunakan. Admin Uniqlo juga membagikan video singkat yang memuat moment-moment kolaborasi yang dilakukan, produk yang akan dikeluarkan, testimoni, dan sebuah story yang menekankan nilai dari brand Uniqlo.Â
Terdapat pula postingan yang menampilkan anak-anak dengan brand Uniqlo. Akan tetapi, postingan yang diperuntukkan anak-anak jarang diunggah oleh admin, hanya di saat memasuki musim baru.
Caption setiap postingan dilengkapi hashtag LifeWear (#LifeWear) dan dinilai mampu menumbuhkan ketertarikan masyarakat, dikarenakan kalimat yang digunakan berupa kalimat persuasif dan memikat seperti contohnya "It is nice to have one layer for a chilly day". Beberapa caption lainnya menjelaskan produknya dengan detail dan kelebihan dari bahan yang digunakan oleh brand Uniqlo (sesuai dengan konten).Â
Beralih ke kolom komentar, masyarakat global turut memberikan kesan positif terhadap postingan-postingan @uniqlo, walaupun hanya beberapa komentar. Selain kesan positif, terindikasi masyarakat global tertarik untuk melakukan pembelian yang diutarakan di kolom komentar, seperti  "SOLD OUT, RESTOK PLS"
Beranjak dari uraian di atas, konten-konten yang dimunculkan dalam akun Instagram @uniqlo tidak terjadi pengulangan dan bersifat authentic, interaktif, tidak monoton, menarik, informatif, sangat menjual, serta mampu menonjolkan nilai dari brand Uniqlo baik di bagian Highlight, Feeds maupun caption.Â
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa admin telah mengelola akun Instagram @uniqlo dengan baik dan strategis yang mana sesuai dengan target segmentasi Uniqlo. Kesimpulan tersebut juga diperkuat oleh jumlah pengikut Instagram @uniqlo yang mencapai 2.3 juta pengikut.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H