Mohon tunggu...
Daniel Mashudi
Daniel Mashudi Mohon Tunggu... Freelancer - Kompasianer

https://samleinad.com E-mail: daniel.mashudi@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

PermataMobile X, Aplikasi Fintech Revolusioner dari PermataBank untuk #IndonesiaTanpaStres

1 Agustus 2018   20:11 Diperbarui: 1 Agustus 2018   20:37 494
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Peluncuran PermataMobile X di Jakarta, 1 Agustus 2018 (dokumen pribadi)

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2017 mencapai 142 juta jiwa dengan penetrasi sebesar 54,69 persen dari total populasi (data APJII). Pengakses internet pada tahun lalu tumbuh 7,9% dari tahun 2016 dan tumbuh lebih dari 600% dalam 10 tahun terakhir. Jika kita mundur dua dekade yang lalu, maka jumlah pengguna internet di Indonesia pada 1998 baru mencapai 500 ribu saja. Sebagian besar dari pengguna internet di Indonesia tersebut menggunakan telepon pintar atau smartphone.

Transformasi digital pun mengalami peningkatan di seluruh sektor industri di Indonesia, salah satunya terjadi di bidang keuangan yang juga ikut berkembang dalam bentuk financial technology (fintech). Industri perbankan misalnya, saat ini mulai memberikan efisiensi, kemudahan dan fleksibilitas kepada nasabahnya yang memungkinkan aktivitas perbankan bisa dilakukan di mana saja melalui aplikasi mobile banking.

Hal ini menjadi jawaban bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan ruang, waktu dan tempat karena kesibukannya. Saat ini, kesibukan dan kurangnya waktu luang menjadi penyebab stres bagi masyarakat yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, kota dengan tingkat stres tertinggi di Asia. Dari hasil penelitian, tingkat stres pada kelompok pekerja lebih tinggi daripada populasi umum. Eksekutif muda di Jakarta mengalami kejadian stres mencapai 25%. 

Melihat tingginya tingkat stres di sebagian kota-kota besar di Indonesia terutama di Jakarta, PermataBank menginisiasi sebuah gerakan #IndonesiaTanpaStres untuk menyadarkan pentingnya meluangkan waktu sesaat di tengah kesibukan untuk menurunkan tingkat stres.

Mobile banking saat ini merupakan jawaban bagi masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi dan menginginkan gaya hidup praktis. Pada tahun 2019, sebanyak 1,75 miliar pengguna ponsel diperkirakan menggunakan smartphone untuk kepentingan mobile banking. Artinya, hampir seluruh perbankan di dunia telah menerapkan teknologi mobile banking secara progresif. 

Tampilan muka aplikasi PermataMobile X (dokumen pribadi)
Tampilan muka aplikasi PermataMobile X (dokumen pribadi)
Sebagai respon terhadap perkembangan teknologi mobile banking yang demikian pesat, PermataBank memperkenalkan aplikasi mobile banking bernama PermataMobile X. Huruf "X" pada PermataMobile X adalah simbol "Customer Experience", untuk memberikan pengalaman terbaik yang menjawab kebutuhan nasabah dan calon nasabah. 

PermataMobile X adalah platform untuk semua layanan digital banking, yang bukan hanya sekedar persembahan teknologi digital melainkan juga solusi utama dalam melayani nasabah. PermataMobile X didesain secara khusus untuk menyempurnakan dan memberikan customer experience yang optimal.

Fitur-fitur utama pada PermataMobile X antara lain:

1. Face ID yang memungkinkan nasabah melakukan login dengan identifikasi wajah. Login pakai Face ID ini bisa dilakukan dengan iPhone X.

2. Touch ID dan Fingerprint, di mana login pakai Touch ID untuk iPhone dan Fingerprint untuk handphone Android.

3. Peeking yang membuat nasabah bisa melihat saldo tanpa login dengan cepat dan aman.

4. Semua akun dalam satu layar (single customer view), sebuah tampilan terpadu secara luas dan lengkap untuk semua akun yang dimiliki nasabah dalam satu aplikasi PermataMobile X.

5. Melihat detail semua akun dengan mudah, baik giro, tabungan, deposito, reksadana, obligasi, kartu kredit, KTA, KPR.

6. Mutasi transaksi hingga 12 bulan untuk semua jenis akun, yang langsung ditampilkan di PermataMobile X.

7. Transfer ke nomor handphone.  Nasabah bisa melakukan transfer secara cepat, mudah dan aman cukup dengan nomor handphone.

8. Sharereceipt semua transaksi melalui Whatsapp, SMS, e-mail, yang membuat sharing bisa dilakukan dengan cepat, mudah dan aman.

9. Buka akun tabungan dan giro online. Nasabah bisa membuka tabungan dan giro langsung lewat PermataMobile X online tanpa menunggu lama.

10. Buka deposito online, langsung tanpa harus datang ke cabang.

11. Jual dan beli reksadana dan obligasi online. Transaksi reksadana dan obligasi online dan tidak ribet.

12. Simpan transaksi favorit, sehingga bisa melakukan transfer dalam 5 detik.

13. Mobile cash, bisa melakukan tarik tunai tanpa kartu di PermataBank ATM.

14. Transfer, pay bill dan top up, di mana layanan tersedia 24 jam.

15. Transfer terjadwal dan berkala, sehingga transfer bisa dilakukan sesuai tanggal yang diinginkan.

16. Kartu kredit. Kita bisa mengajukan kartu tambahan, SimplePay, Cash on Call dan kenaikan kredit limit sementara.

17. PermataStore, di mana nasabah bisa melakukan browsing dan membeli produk-produk PermataBank dengan mudah dan online tanpa harus datang ke cabang.


PermataMobile X ini diharapkan mampu mewujudkan #IndonesiaTanpaStres, gerakan yang diusung dalam peluncuran PermataMobile X hari ini, 1 Agustus 2018 di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta. Semua transaksi perbankan kini bisa dilakukan tanpa stres dan buang waktu, semua bisa dilakukan secara mudah dan cepat di PermataMobile X.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun