Mohon tunggu...
Daniar Setyo Rini
Daniar Setyo Rini Mohon Tunggu... Dosen - Lecturer

Educator, Biologist.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

ARSINAPS: Supplemen Belajar yang Menarik, Inovatif, dan Menyenangkan

9 Oktober 2022   09:30 Diperbarui: 9 Oktober 2022   09:34 193
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bekasi, Agustus 2022. Tim dosen peneliti dari Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta telah mengembangkan sebuah aplikasi Augmented Reality berbasis sistem android pada materi sistem pernapasan yang diberi nama ARSINAPS. Aplikasi ini dibuat sebagai salah satu solusi yang dapat ditawarkan bagi guru-guru untuk memberikan proses pembelajaran yang lebih menarik, inovatif dan juga menyenangkan.

Pembelajaran di abad 21 tak dapat terlepas dari peran teknologi sebagai alat bantu dalam belajar. Video pembelajaran di platform-platform online, sumber-sumber bacaan yang mudah diakses melalui browser online, serta permainan-permainan online yang berkaitan dengan materi pembelajaran saat ini sudah banyak dan mudah ditemui. Teknologi terkini seperti virtual reality, hologram, virtual laboratory, Artificial intelligence, serta Augmented reality tengah banyak mencuri perhatian masyarakat begitu pula siswa-siswa dan guru-guru di sekolah. 

Augmented Reality merupakan teknologi yang dapat meningkatkan perepsi dan interaksi pengguna dengan dunia nyata (Azuma, 1999; Thomas, 2007) dengan penggambaran objek tiga dimensi yang juga dapat dilengkapi dengan video dan audio. Hal ini menjadikan teknologi AR sangat menarik dan menyenangkan jika digunakan sebagai media pembelajaran ataupun supplemen belajar bagi siswa dan guru di kelas. 

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (P2M) yang dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus 2022 bekerja sama dengan dinas Pendidikan kabupaten Bekasi dan melibatkan guru Biologi SMA yang tergabung dalam MGMP Biologi SMA Kabupaten Bekasi. Kegiatan P2M dilaksanakan di SIT Ulil Albab, Bekasi sebagai sekolah mitra yang juga berpartisipasi sebagai peserta dalam kegiatan P2M tahun ini. 

Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara luring dengan mengundang 30 orang guru-guru biologi yang tergabung kedalam MGMP Guru Biologi SMA Kabupaten Bekasi. Karena beberapa kendala jadwal yang bersamaan dengan kegiatan lain di Kabupaten Bekasi, total peserta yang dapat hadir dalam acara P2M sebanyak 20 orang, sehingga dapat dikatakan bahwa target pencapaian jumlah peserta sebanyak 67%.

Peserta kegiatan terdiri dari 72,2% guru perempuan dan 27,8% guru laki-laki, masa kerja paling banyak berada pada kategori lebih dari 10 tahun dan kelompok usia 31-40 tahun menjadi kelompok dengan jumlah terbanyak. Kegiatan diawali dengan sambutan dari ketua MGMP Biologi SMA Kabupate Bekasi, perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi dan Ketua Yayasan SIT Ulil Albab. 

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai pembuatan media pembelajaran berbasis Augmented Reality secara sederhana yang dilanjutkan dengan pengenalan ARSINAPS sebagai salah satu media berbasis AR yang sedang dikembangkan oleh tim peneliti dari Pendidikan Biologi UNJ.

Dokpri
Dokpri

Antusiasme peserta sangat baik, terlihat dari ketertarikan dalam mengoperasikan media ARSinaps dengan bersemangat dan terlihat sangat tertarik dengan memberikan respon apresiasi yang sangat baik selama pelatihan dalam penggunaan media ARSINAPS. Aplikasi ARSINAPS saat ini sudah dapat di download di Playstore dan aplikasi ini telah di download oleh lebih dari 100 orang pengguna android. 

Ulasan evaluasi dari pengguna terhadap aplikasi ini sangat baik (4,5/5) dan juga mendapat banyak komentar positif. Sebelum dipublikasikan, aplikasi ini telah melalui tahap validasi ahli dan mendapatkan hasil evaluasi dengan skor rata-rata 3,6 dari skor maksimal 4,0 yang menyatakan bahwa aplikasi ARSINAPS 91,2% telah berfungsi dengan baik.

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Pada kegiatan P2M ini dilakukan pre dan post test mengenai kemampuan guru dalam penggunaan media digital berbasis Augmented reality. Berdasarkan hasil analisis data, keterampilan penggunaan media digital sebagai supplemen pembelajaran pada guru mengalami peningkatan setelah kegiatan pengenalan dan pelatiha mengenai pembuatan media AR berbasis android. Kenaikan skor keterampilan berada pada rentang skor 2,76-17. 

Hal ini menunjukkan bahwa guru termotivasi dan sudah bisa menggunakan media pembelajaran berbasis AR sebagai supplemen pembelajaran di kegiatan pembelajaran.

Video pemaparan lengkap kegiatan, dapat dilihat pada channel youtube berikut, 

[Daniar/Penulis]

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun