Mohon tunggu...
Danendra Ahmad Fadhillah
Danendra Ahmad Fadhillah Mohon Tunggu... Mahasiswa - UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA

saya menyukai buku

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Implentasi Model Satu Tahap dan Dua Tahap Komunikasi Massa

5 Juli 2024   00:12 Diperbarui: 5 Juli 2024   00:15 107
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Implementasi Model Satu Tahap dan Dua Tahap Komunikasi Massa di Indonesia

Dalam komunikasi massa di Indonesia saat ini, kita dapat melihat bagaimana penerapan dua modal utama : Model satu tahap dan model dua tahap. Keduanya amat berperan dalam penyebaran informasi dan mempengaruhi masyarakat dengan banyaknya cara berbeda.

Model Satu Tahap

Model satu tahap adalah proses bagaimana media massa langsung mempengaruhi audiens tanpa perantara. Media massa memiliki kekuatan yang cukup besar yang juga mempengaruhi opini, sikap, dan perilaku masyarakat secara langsung.

Contoh Implementasi di Indonesia

- Televisi Nasional 

Televisi kini menjadi salah satu sumber informasi utama bagi banyak orang di Indonesia. Berita dan program yang disiarkan di stasiun TV Nasional seperti TVRI, RCTI, dan Metro TV bisa langsung mempengaruhi masyarakat luas.

- Media Sosial

Platfrom Media Sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook juga berperan besar dalam model satu tahap. Informasi yang diposting oleh akun resmi media atau tokoh publik bisa langsung dilihat dan mempengaruhi jutaan pengguna tanpa perantara.

Model Dua Tahap

Model dua tahap menggambarkan proses dimana media massa pertama mempengaruhi pemimpin opini atau individu berpengaruh, yang kemudian menyebarkan informasi tersebut kepada orang lain. Pengaruh media massa dalam model ini mudah nya adalah bagaimana pemimpin opini ini menjadi peran penting ketika menjadi perantara dalam menyampaikan informasi tersebut kepada orang lain.

Contoh Implementasi di Indonesia

- Influencer dan Selebriti

Influencer dan Selebriti di era digital, banyak orang mendapatkan informasi dari influencer dan selebriti di media sosial.  Mereka sering membagikan informasi  dari media massa kepada pengikut mereka, disertai dengan interpestasi dan pandangan pribadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun