Sport Tourism di Indonesia.
Untuk terus  mengajak masyarakat Indonesia lebih sehat, dengan berkeringat dan berolahraga, sambil menjelajahi alam dan budaya yang sangat beragam di Indonesia, Pocari Sweat bersama Garuda Indonesia dan Kementerian Pariwisata dan  Ekonomi Kreatif RI meluncurkan kolaborasi melalui kampanye #SweatToDiscover untuk mendukung perkembanganPuspita Winawati, Direktur Marketing PT Amerta Indah Otsuka dalam konferensi  pers yang dibawakan Melanie Putria di Hanggar GMF Aero Asia milik Garuda Indonesia, menyampaikan pesan Sweat to Discover.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno pernah mengatakan bahwa diperkirakan pertumbuhan sport tourism di Indonesia bisa mencapai Rp18,790 triliun pada 2024. Hal ini tentu menjadi angin segardalam membangkitkan pariwisata dan ekonomi di Indonesia. Dan dari kegiatan Sport Tourism ini mampu membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya bagi masyarakat Indonesia.
"Kami ingin mendukung masyarakat Indonesia untuk lebih sehat, jangan takut berkeringat, bergerak aktif, dan berolahraga, sambil discovering - menjelajahi keindahan alam dan budaya yang sangat beragam di Indonesia ini. Oleh karena itu, kolaborasi dengan Garuda Indonesia pada kampanye #SweatToDiscover hadir. Sesuai dengan yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia akan besarnya potensi Sport Tourismdi tanah air, kolaborasi ini juga merupakan bagian daridukungan kami kepada pemerintah akan perkembangan Sport Tourism di Indonesia." terang Puspita Winawati,Direktur Marketing PT Amerta Indah Otsuka.
Sementara itu, Vinsensius Jemadu, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (events) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi KreatifRepublik Indonesia mengatakan bahwa pertumbuhan sport tourism di Indonesia memiliki potensi yang begitu besar,
"Dan bisa mencapai Rp 18,79 triliun di tahun ini. Kolaborasi sinergis antara Pemerintah, BUMN, serta swasta menjadi kunci untuk optimalisasi pertumbuhan Sport Tourism adalah langkah nyata untuk memajukan pariwisata Indonesia," kata dia.
Garuda Indonesia melihat pertumbuhan yang signifikan dari komunitas olahraga sebagai salah satu penggerak pariwisata yang lebih berkelanjutan.Â
"Kolaborasi ini merupakan wujud komitmen kami sebagai maskapai penerbangan pembawa identitas bangsa dalam menopang dan mendukung keberlanjutan pariwisata nasional pasca pandemi yang salah satunya digerakkan melalui berbagai bentuk sport tourism sebagai salah satu pangsapasar yang memiliki potensi menjanjikan untukd ikembangkan mengingat banyaknya komunitas olahraga yang saat ini semakin berkembang dan selalu menginginkan petualangan baru dengan mengunjungi berbagai destinasi wisata unggulan di Indonesia," kata Irfan Setiaputra, DirekturUtama PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk.
Kolaborasi untukmendukung Sport  Tourism ini juga menghadirkan pengalaman penerbangan spesial dengan livery khusus Pocari Sweat pada pesawat Boeing 737-800NG milik Garuda Indonesia,Â
"Pesawat kolaborasi ini akanterbangperdana di tanggal 3 Februari 2024 kesalahsatu rute destinasifavorituntukwisataSport Tourism Indonesia, yaituBatam. Pesawat ini nantinya akandigunakanuntukmelayaniberbagaipenerbangan baik untuk rute-rute domestik maupununtuk rute-rute internasional." lanjut dia.
Garuda Indonesia menjadi salah satu mitra strategis bagi Pocari Sweat dengan menjadi official airline melalui kegiatan Pocari Sweat Run dan Sport Tourism yang akan melibatkan puluhan ribu pelari dan sport enthusiast dari seluruh Indonesia sebagai salah satu rangkaian pada kolaborasi ini di tahun 2024.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H