Mohon tunggu...
Dan Jr
Dan Jr Mohon Tunggu... Lainnya - None

私の人生で虹にならないでください、私は黒が好きです

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

BRImo, Satu Aplikasi Berbagai Kemudahan

18 Mei 2022   23:25 Diperbarui: 18 Mei 2022   23:28 1533
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Setelah sekian lama bergulat dengan BRI Mobile, beberapa tahun terakhir BRI akhirnya meluncurkan aplikasi teranyar miliknya untuk memudahkan nasabah bank yang tersebar sampai ke pelosok negri ini. Adalah BRImo, aplikasi dari bank biru yang menyediakan belasan fitur dan bisa digunakan oleh nasabah dalam bertansaksi.

Tentu saja BRI sangat menyadari kebutuhan masyarakat dalam transaksi perbankan. Untuk itu, bank yang sudah berusia seratus dua puluh enam tahun ini selalu melakukan perbaikan perbaikan dalam melayani nasabahnya. Dengan kemajuan zaman yang semakin terkait dengan era digital, BRI tidak ketinggalan dalam inovasi terbaiknya.

Maka tidak dapat dipungkiri, kehadiran BRI sangat membantu dalam beberapa kesibukan yang terjadi pada masyarakat. Misalnya saja kesibukan transkasi keuangan pada saat mudik lebaran, BRI selalu hadir dengan segala kemampuannya untuk melayani nasabah.

Berikut adalah beberapa fitur layanan yang diberikan BRI, yang dalam pengalaman perjalanan memudahkan saya untuk bertransaksi ;

QRIS BRI TRANSAKSI TINGGAL SCAN

Menghabiskan bulan Ramadhan di Lhoksukon, Nanggroe Aceh Darusallam membuat saya harus bersiap untuk ikut dalam prosesi mudik. Saya akan menempuh sekitar enam jam perjalanan dari Lhoksukon menuju kota Medan. Perjalanan dimulai pukul delapan malam, ketika sholat isya sudah purna dilakukan. Absen di hari -- hari terakhir sholat sunnah tarawih sebab saya harus berada di terminal untuk melakukan perjalanan ke kampung halaman.

Dalam perjalanan sekitar dua jam setengah, bus yang saya tumpangi berhenti di daerah Langsa, masih berada di provinsi yang sama dengan kota yang saya tempati sebelumnya. Bus berhenti untuk beristirahat makan, atau sekedar menumpang ke kamar kecil bagi yang membutuhkan.

Di warung makan yang menyambut kami para penumpang dengan sumringah ini, ternyata juga sudah ikut dalam digitalisasi transaksi keuangan. Terbukti dengan ditempelkannya QR Pembayaran sebagai salah satu metode untuk bisa bertransaksi.

Sebagai salah satu generasi Y, saya akan memilih pembayaran dengan QRIS tersebut. Aplikasi yang saya gunakan adalah BRImo. Caranya cukup mudah ;

  • Pertama saya akan log in pada aplikasi yang bisa di akses dengan sidik jari yang tersedia pada ponsel android saya.
  • Kemudian, saya memilih menu QRIS
  • Selanjutnya saya memindai kode pembayaran yang diberikan kasir, setelah itu akan keluar nama merchant dan saya harus memasukkan nominal pembayaran yang akan saya lakukan.
  • Akhirnya aplikasi akan meminta PIN transaksi untuk melindungi dana saya dan sebagai salah satu bukti bahwa BRI menjaga kemanan transaksi nasabahnya.

Hanya dengan empat langkah diatas, kemudahan yang diberikan BRI memang patut di apresiasi.

Kemudian, disaat perjalanan, saat teman saya mengeluh lewat aplikasi pesan singkat membutuhkan bantuan untuk dibayarkan makanan yang dia santap. BRImo juga membantu saya dalam transaksi ini. Ketika itu, saya meminta kawan tersebut untuk mengambil gambar QRIS kode pembayaran di warung yang disinggahinya, untuk kemudian saya melakukan pembayaran yang dibutuhkan.

Caranya hampir sama dengan transaksi langsung apabila QRIS tersedia didepan kita. Hanya saja pada poin ketiga dari yang saya tuliskan diatas, diganti dengan memilih kode pembayaran dari galeri ponsel. Selanjutnya, transaksi dilakukan dengan mudah seperti biasa.

Menariknya, transaksi dengan QRIS BRI ini tidak mengenal minimal transaksi. Jadi kita tetap bisa bertransaksi meski hanya lima ribu rupiah saja.

AGEN BRILink, TAK PERLU JAUH SELAMATKAN THR KEPONAKAN

Perjalanan akhirnya menempatkan saya di kota Medan pada pukul dua pagi. Saya masih harus menunggu sekitar tiga jam lagi untuk bisa mendapatkan bus trip pertama menuju Sibolangit, tujuan akhir dari perjalanan ini. Selama tiga jam tersebut saya menghabiskan waktu bermain game di salah satu warung kopi khas kebudayaan Karo, menikmati teh susu yang menyegarkan tubuh.

Sekali lagi, saya akan bertransaksi dengan QRIS BRI meski di warung kopi ini. Sederhananya, saya benar -- benar tidak membutuhkan uang tunai didalam dompet dengan bantuan kecepatan transaksi BRImo yang bisa diandalkan.

Singkat cerita, setelah waktu tiba saya menumpang bus untuk berangkat ke Sibolangit di Deli Serdang, Sumatera Utara. Sampai di desa, saya baru menyadari kalau uang tunai didalam dompet tidak akan mencukupi untuk membagikan THR kepada keponakan yang berjumlah empat orang. Terlebih, tadi saat menumpang bus saya harus membayar dengan uang tunai juga.

Jarak dari desa saya ke mesin Anjungan Tunai Mandiri terdekat sekitar delapan sampai sembilan kilometer. Tanpa kendaraan, juga angkutan umum yang memang langka sejak dulu kala, tidak memungkinkan bagi saya untuk mendapatkan uang tunai dari tabungan saya dengan cepat.

Beruntung, di desa saya ada dua Agen BRILink yang menyediakan berbagai layanan untuk bisa saya gunakan. Pilihan terbaik yang saya miliki ini, tidak disia siakan begitu saja. Saya segera mengunjungi Agen BRILink tersebut, dan mengatakan maksud saya untuk bisa memperoleh uang tunai.

Dengan senang hati sang Agen membantu saya dalam keinginan saya tersebut.

  • Agen akan meminta kartu debit milik saya, untuk kemudian di slot kedalam mesin EDC miliknya.
  • Setelah memasukkan nominal uang tunai yang saya inginkan, mesin EDC akan meminta PIN transaksi untuk menjaga keamanan.
  • Setelah saya memasukkan PIN transaksi, akan keluar struk pernyataan transaksi berhasil.
  • Kemudian sang agen akan merogoh uang di dompetnya, untuk diserahkan kepada saya sejumlah yang sudah ditransaksikan tadi di mesin EDC.

Transaksi yang cepat dan mudah ini benar -- benar membantu saya dalam perjalanan ke kampung halaman juga menyediakan THR kepada para keponakan.

Selain bisa melakukan tarik tunai, ternyata Agen BRILink juga bisa digunakan untuk transaksi lain seperti setoran tunai, transfer sesama dan antar bank, bahkan pembayaran -- pembayaran tagihan.

Mengetahui layanan yang bisa semudah dan sedekat ini bisa dilakukan, saya pun akhirnya meminta saudara perempuan saya untuk membuka tabungan di Bank BRI untuk bisa memudahkan transaksi kedepannya.

FITUR LAIN YANG MEMIKAT DARI BRImo

Dari semua kemudahan yang sudah diberikan, saya jatuh hati pada salah satu fitur BRImo yang menurut saya sangat membantu dalam menjaga "kesehatan keuangan".

Adalah fitur catatan keuangan yang ada pada aplikasi ini. Artinya pengguna bisa melakukan catatan keuangan masuk dan bila ada uang keluar melalui aplikasi juga akan tercatat langsung. Yang membuat saya jatuh hati adalah, bahwa catatan keuangan ini berada di beranda depan aplikasi, sehingga sebelum melakukan transaksi, saya seperti diberikan peringatan mengenai jumlah uang yang sudah saya keluarkan.

Akhirnya dengan demikian, saya bisa menimbang -- nimbang kembali kepentingan transaksi yang saya lakukan, apabila ternyata kondisi keuangan sudah dalam keadaan kritis.

Kesimpulannya, kemudahan serta kecepatan transaksi yang ditawarkan BRI lewat aplikasi BRImo memang menyenangkan. Selain itu, BRI juga tetap menjaga keamanan data dan dana nasabah dengan berbagai perlindungan berlapis yang dilakukan. Kemudian, fitur catatan keuangan yang saya singgung terakhir juga membantu nasabah dalam menjaga kesehatan keuangan yang dimilikinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun