Hallo guys!!
Saat ini saya akan menulis refleksi pembelajaran TIK pertama yang dilakukan pada hari Selasa, 12 september 2023.
Kami mahasiswa UNIMA semster 7 prodi PGSD mempelajari mata kuliah TIK bersama dengan Dosen Pembimbing kami Ibu Dr. Juliana Sumilat, M.Pd dan yang kami bahas adalah short key, cara membuat daftar nilai dan penggabungan antara word dan exel.Â
Nah kita langsung saja pada materinya.
Pertama short key yang dipelajari :
Ctrl+ A : tombol select All, untuk memblock semua tulisan pada lebar kerja
Ctrl + B : membuat tulisan atau angka menjadi tebal
Ctrl + C : utk menyalin atau meng-copy tulisan
Ctrl + D : memilih font pada Ms.Word
Ctrl + E : membuat rat tengah tulisan
Ctrl + F : untuk mencari karakter
Ctrl+ G : Go To
Ctrl + H : memiliki fungsi untuk menggantikan teks dengan teks lain atau mengganti dengan format lain
Ctrl + I : membuat font atau angka tulisan menjadi mring
Ctrl + J : membuat tulisan dengan rata kanan kiri
Ctrl + K : membuat Hyperlink
Ctrl + L : membuat tulisan menjadi rata kiri
Ctrl + M : memberikan identitas paragraf dari kiri
Ctrl + N : membuka jendela baru atau file baru
Ctrl +O : membuka file baru
Ctrl + P : untuk mencetak atau print
Ctrl + Q : mengubah gaya tulisan atau paragraf menjadi normal
Ctrl+ R : membuat rata kanan tulisan
Ctrl + S :menyimpan file
Ctrl + T : membuat Hanging Ident
Ctrl + U : memberikan garis bawah pada tulisan atau angka
Ctrl + V : menampilkan tulisan yang sudah disalin atau dicopy
Ctrl + W : menutup menu word
Ctrl + X : memotong tulisan yang sudah diblok
Ctrl + Y : mengembalikan sesudahnya
Ctrl + Z : mengembalikan sebelumnya
Selanjutnya kita mempelajari Center Excel :
Untuk membuat daftar nilai, yang pertama tabel akan terdiri dari no, nama siswa, mata pelajaran serta daftar nilai.
Buka aplikasi Microsoft Excel,
Kemudian blok kolom A2 untuk ditulis No,
Selanjutnya blok kolom B2 untuk ditulis Nama siswa,
Blok kolom C2 sampai G2 untuk ditulis mata pelajaran yang akan dinilai,
Selanjutnya blok kolom H2 untuk ditulis jumlah,
Setelah kita selesai mengisi nama dan nilai tersebut, kita akan mencari jumlah, nilai Minimum, nilai Maximal dan Rata-rata.
Adapun rumus yang harus kita gunakan, sbg berikut :
Jumlah : =SUM(C3:C12)
Minimum : =MIN(C3:C12)
Maximal : =MAX(C3:C12)
Rata-rata : =AVERAGE(C3:C12)
Rumus inilah yang akan digunakan untuk menghitung hasil nilai, teman-teman bisa lihat contoh yang ada di bawah ini :
Selanjutnya Cara menggabungkan Excel dan Word :
Setelah kita buka word, terlebih dahulu kita harus save daftar nilai yang kita buat di Excel. Kemudian dalam word kita membuat table dengan berisikan 4 kolom. Untuk kolom pertama No, kolom ke dua mata pelajaran, kolom ke tiga nila, daan kolom yang terakhir rata-rata. Setelah itu untuk kolom mata pelajaran kita isi manual sesuai yang kita buat di Excel.
Untuk menggabungkan file yang di Excel, pertama blok data table Excel yang akan dipindahkan ke word, kemudian klik Ctrl+C. Setelah itu kita buka word dan arahkan ke lokasi table yang ingin ditempatkan, kemudian klik kanan dan pilih Link & Use Destination Style Word. Dan secara otomatis data table di Excel akan berpindah ke Word.
Demikian refleksi yang saya paparkan, jika ada kesalahan mohon dimaafkan dan jika ada kekurangan mohon dimengerti.
Terima Kasih..
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI