Disusun oleh
Dalima:
F4301231899
Â
Â
Lokasi                         :SDN 08 ANTUS
Lingkungan Pendidikan          : Sekolah Dasar
Tujuan yang ingin dicapai          : Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan metode diskusi, penugasan dan media Power Point (PPT)
Latar Belakang Masalah Dari Praktik Pembelajaran Ini Adalah:
- Pembelajaran masih berpusat pada guru
- Sumber belajar yang digunakan oleh siswa masih terbatas
- Penggunaan media teknologi dalam pembelajaran masih kurang
- Pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih monoton
- Antusias siswa dalam belajar kurang.
Berdasarkan permasalahan di atas, penulis sudah melakukan eksplorasi penyebab masalah melalui obserpasi langsung dan wawancara, dan disimpulkan bahwa akar penyebab masalahnya adalah:
"Kemampuan Bertanya Peserta Didik Rendah"
Dari  akar penyebab masalah tersebut, penulis mencoba menemukan alternatif solusi yaitu, mencoba menerapkan model Problem Based Learning yang dikombinasikan dengan media Power Point.
Praktik pembelajaran ini sangat penting karena:
- Praktik pembelajaran ini dapat dijadikan contoh penerapan pembelajaran inovatif oleh para guru di sekolah yang ingin memanfaatkan media teknologi dalam mengajar
- Pembelajaran bisa berpusat kepada siswa sehingga pengetahuan dari proses mencoba dalam kelas bisa lebih efektif
- Praktik pembelajaran ini bisa memotivasi saya untuk membuat inovasi baru dalam pembelajaran
- Pembelajaran ini bisa membangkitkan jiwa kompetisi antar siswa.
Apa Yang Menjadi Peran Dan Tanggung Jawab Mahasiswa
Adapun peran dan tangung jawab saya dalam praktek pembelajaran ini adalah pendidik berkewajinban memberikan bimbingan baik dalam penyampaian materi Pelajaran dengan mengembangkan materi ,media dan sumber belajar yang dapat memancing keaktifan peserta didik. Dalam hal ini, keterampilan yang dimiliki peserta didik dapat dikembangkan, serta karakteristik peserta didik. peserta didik dibimbing dalam mengembangkan karakter yang baik. Dengan demikian peserta didik bisa lebih baik  sebagai imbas dan keaktipan peserta didik dalam  mengikuti Pelajaran yang diberikan.
tantangan untuk mencapaiÂ
Berdasarkan tantangan tersebut diatas, tantangan yang dihadapi guru
adalah belajar menjadi fasilitator dalam kelas,mempelajari metode
mengajar yang baru dan inovatif, meningkatkan kompetensi dan
menciptakan hubungan baik dengan peserta didik
Â
Â
Yang terlibatÂ
Yang terlibat dalam mengatasi tantangan ini sebaga berikut
- Perserta didik sebagai sentral dalam proses pembelajaran
- Guru sebagai fasilitator
- Dosen pembimbing ( dan guru pamong (sebagai pembimbing dalam proses pembelajaran
-  Kepala Sekolah Dasar Negeri 08 Antus  memberikan keleluasan dan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan
- Rekan guru yang membantu terlaksananya kegiatan ini.
Langkah-Langkah Apa Yang Dilakukan Untuk Menghadapi Tantangan Tersebut,
- Memanfaatkan dan membagi waktu sebaik mungkin, agar semua kegiatan terlaksana dengan baik.
- Menyusun bahan ajar yang menarik, mengunakan media yang menarik untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dengan memanfaatkan waktu seepektif mungkin.
- Memanfaatkan waktu seefisien mungkin untuk mempersiapkan rancangan pembelajaran yang menarik dan baik itu dalam penyusunan LKPD, Bahan Ajar maupun dalam penggunaan media interaktif.
- Melaksanakan pembelajaran dengan model PBL Â yang diterapkan semua sintaksnya
Â
Bagimana prosesnya
- Â Proses yang dilakukan yaitu . Menyiapkan perserta didik untuk mengikuti proses. pembelajaran
- Menyiapkan seluruh alat dan bahan yang dibutuhkan. Dalam penerapan model pembelajaran yang inovatif harus sesuai dengan sintaksnya
- Melaksanakan praktek pembelajaran dengan. menerapkan metoda dan media yang sudah dirancang. Di dalam RPP dan pelaksanaan aksi pada PPL memuat kegiatan pendahuluan yang dilaksanakan sesuai RPP, kegiatan inti yang didalamnya terdapat sintaks model pembelajaran
- kegiatan penutup yang didalamnya Melakukan evaluasi, refleksi, dan rencana tindak lanjut serta kegiatan penutup lainnya
Â
Strategi Apa Yang Digunakan,
- Menggunakan media pembelajaran yang interaktifcontoh video, dan ppt interaktif
- Â Menerapkan model pembelajaran yang inovatif PBL
- Menerapkan metode pembelajaran yang bervariasiseperti diskusi dan presentasi
- Menganalisis materi, media, metode, dan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik.
- Mengunakan pendekatan saintifik
- Menerapkan sintak sintak pada setiap model pembelajaran PBL dengan tepat
- Â
sumber daya/materi yang diperlukanÂ
sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi tersebut
- Untuk melaksanakan strategi ini diperlukan sarana dan prasrana yang memadai seperti LCD, laptop, Sound system untuk video dll
- Power point interaktif dan medi pembelajaran yang bervariasi lainnya
- Media visual (kertas karton yang dipotong sesuai dengan pecahan yang di inginkan)
- Â LKPD dan bahan ajar yang dibuat dengan menggunakan media canva
- Â Perlu adanya kerja sama antar guru, dengan peserta didik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik
Bagaimana Dampak Dari Aksi Terhadap Langkah-Langkah Yang Dilakukan
- Meningkatkan kemampuan bertanya peserta dididk
- Meningkatnya minat belajar peserta didik
- Dengan meningkatnya minat belajar peserta didik  disertai dengan hasil belajar peserta didik
- Pembelajaran menjadi lebih menarik dan inovatif
- Kegiatan belajar mengajar dikelas menjadi lebih interaktif
Â
Â
apakah hasilnya efektif/tidak mengapa
Sangat Efektif dengan dibuktikan sebagai berikut :Â
- Tercapainya tujuan pembelajaran
- Dapat meningkatkan minat belajar peserta didik
- Hasil belajar peserta didik meningkat
- Pembelajaran menjadi menarik dan menumbuhkan minat siswa untuk belajar
- Dapat memotivasi guru lainnya untuk menerapkan pembelajaran inovatif.
Â
Bagaimana Respon Siswa Terkait Strategi Yang Dilakukan
Respon orang lain sangat positif sekali dengan
penggunaan bahan ajar yang menarik dan dengan
model pembelajaran PBL Â sebagai berikut :
- Rekan guru lain tertarik untuk menggunakan bahan ajar dengan menggunakana media pembelajaran
- Rekan guru lain tertarik untuk membuat media PPT interakif dengan menggunakan media pembelajaran
- Rekan guru lain tertarik menerapkan model pembelajaran PBL Â pada pembelajaran di sekolah
Â
Â
Apa Yang Menjadi FaktorKeberhasilan / ketidakberhasilanÂ
- Â Dukungan dan bimbingan dari dosen dan guru pamong serta teman mahasiswa yang selalu memberi motivasi dan serta saran yang mendukung kegiatan PPl ini.
- Â Dukungan kepala sekolah dan rekan sejawat turut membantu memberikan fasilitas dan waktu dalam melaksanakan praktek ini.
- Â Antusias perserta didik dalam mengikuti pembelajran meskipun kegiatan pembelajaran seperti ini baru mereka dapatkan
- Dapat mengantisifasi atau mengatasi tantangan yang dihadapi sebelum hari pelaksanaan PPL
- Melakukan refleksi setiap tahapan yang dilaluiKeberhasilan/Ketidakberhasilan Dari
Â
Â
Strategi Yang Dilakukan.
- Managemen waktu yang baik
- Mempersiapkan semuanya dengan matang, mulai tugas, presentasi,persiapan RPP, Media, Penilaian, Bahan Ajar, LKPD dan Evaluasi.
- Penggunaan Metode yang bervariasi
- Penggunaan Model pembelajaran yang inovatif seperti PBL
- Â
- Pembelajaran dari seluruh proses Bast Pactice ini :
- Dalam setiap pelaksanaan pembelajaran semestinya seorang guru harus memiliki kesiapan yang cukup baik agar pembelajaran dapat terlaksana dengan terarah sesuai dengan tujuan yang telah dirancang.
- Â Terus melakukan inovasi- inovasi baru akan membawa hal yang sangat baik terhadap perkembangan dan motivasi belajar perserta didik.
- Â Menjadi guru yang kreatif dan inovatif sangat menyenangkan.
Rencana Tindak Lanjut
Berdasarkan hasil evaluasi pada aksi PPL 1 hingga PPL aksi 2 dengan menggunakan model
PBL, dilakukan rencana tindak lanjut :
- Melanjutkan pelaksanaan strategi pembelajaran berhubungan dengan topik pembelajaran sesuai dengan karakteristik materi dan perserta didik.
- Â Setelah menyelesaikan kegiatan PPL 1, PPL 2 dan best practice pada kegiatan ini saya mendapatkan banyak tambahan ilmu dan pengetahuan baru tentang materi yang harus saya kuasai mulai materi profisional maupun pedagogik serta cara menyusun materi pembelajaran yang menyesuaiakan dengan keterampilan pembelajaran abad 21.
- Â Setelah menyelesaikan kegiatan ini saya memeriksa kembali dokumen- dokumen perangkat pembelajaran yang telah dibuat. Kemudian memperbaiki beberapa kekurangan dan kesalahan pada LKPD , Media, Asesmen yang sudah dilakukan dan dipersentasikan Bersama dosen pembimbing, guru pamong dan teman- teman PPG.
- Mengadaptasi model- model pembelajaran inovatif sesuai karakteristik materi dan perserta didik untuk kemudian di terapkan disekolah asal.
- Melakukan desiminasi atau berbagi praktek baik pembelajaran dari hasil mengikuti kegiatan PPG kepada Bapak ibu guru di sekolah asal
- Â Mengikuti kegiatan seminar, workshop, webinar, pengembangan keprofesinalanberkelanjutan dan kegiatan pengembangan yang releven.
- Â
DAFTAR PUSTAKA
Susilowati, A. (2018). Pengaruh PBL terhadap kemandirian belajar siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 72-77.
Hasanah, N. (2020). Pelatihan penggunaan aplikasi microsoft power point sebagai media pembelajaran pada guru sd negeri 050763 gebang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 34-41.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H