Mohon tunggu...
Adinda Ika Putri Yowanda
Adinda Ika Putri Yowanda Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Primakara

Haii Kenalin saya Dinda. Saya senang bernyanyi dan mempunya bakat dalam berpublic speaking. Terimakasih

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

26 Juni 2024   23:41 Diperbarui: 26 Juni 2024   23:54 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Guru dapat memotivasi siswa? Ya, sebagai seorang guru harus mampu mendidik, membimbing, melatih, dan menilai siswa, bukan sekadar mengajarkan saja (Arya D. 2023). Selain itu, motivasi juga menjadi kunci terpenting pada proses pembelajaran, sehingga guru berperan penting dalam memotivasi siswanya untuk belajar. Tugas guru adalah merancang kurikulum dan materi serta memberikan petunjuk kepada siswa tentang  cara belajar yang efektif (Arianti. 2018). Peran guru sangat dibutuhkan dalam memotivasi siswanya untuk meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan kreativitas, dan meningkatkan prestasi akademiknya.

 Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa

Motivasi guru merupakan cara untuk meningkatkan rasa percaya diri  siswa dalam proses belajar. Di mana guru dapat membangun hubungan  positif dengan siswa dengan cara mendengarkan  secara aktif, menunjukkan empati, dan memberikan perhatian individu kepada setiap siswa (Rahayu, Fina R. 2023). Selain itu, guru perlu mempertimbangkan lingkungan belajar bagi siswanya, termasuk lingkungan belajar yang membina hubungan positif sehingga  siswa merasa percaya diri terhadap kemampuan  belajar dan perkembangannya sendiri.

Meningkatkan Kreativitas Siswa

Meningkatkan motivasi kreatif siswa merupakan hal penting dalam mengasah kemampuan berpikir kreatifnya. Memotivasi siswa dapat membantu mereka dalam mencari ide serta mencari solusi untuk menghadapi suatu permasalahan. Selain itu, berpikir kreatif juga merupakan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang memungkinkan siswa mengungkapkan ide dan imajinasinya untuk memecahkan masalah dan menciptakan sebuah inovasi yang kreatif. (Anditiasari, Nungki, Emi Pijiastuti, Bambang E. Sushiro. 2021). 

meningkatkan prestasi siswa

Motivasi dari guru dalam mengajar di sekolah dapat Meningkatkan Prestasi akademik siswa. Untuk meningkatkan hasil pembelajaran, guru juga harus mampu memotivasi siswanya dalam seluruh kegiatan belajar mengajar. Sehingga diperlukan suasana  belajar yang komunikatif antara guru dan siswa, sehingga dapat membantu menumbuh kembangkan motivasi  siswa. Pembelajaran yang berhasil merupakan hasil usaha  siswa untuk mencapai pembelajaran yang unggul. Kualitas yang tinggi dapat dikatakan terjadi ketika kinerja tinggi baik pada aspek kognitif, seperti hasil tes dan tugas sekolah.

Faktor penting motivasi dalam meningkatkan pengalaman belajar siswa dan interaksi dengan guru. Hal ini membina hubungan positif antara siswa dan guru, mendorong keterlibatan aktif, empati, dan perhatian pribadi. Motivasi juga meningkatkan kreativitas dan memotivasi siswa  untuk mencari ide serta solusi ketika menghadapi tantangan. Selain itu, motivasi merupakan keberhasilan siswa. Komunikasi yang efektif antara guru dan siswa sangat penting untuk memotivasi siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran secara efektif. Sehingga prestasi adalah pencapaian yang berharga jika mengarah pada kesuksesan kognitif, akademik, atau psikologis yang signifikan.

References

Anditiasari, Nungki, Emi Pujiastuti, and Bambang E. Susilo. 2021. "Systematic literature review: pengaruh motivasi terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa." Matematika dan Pendidikan Matematika 12, no. 2 (september). https://doi.org/10.26877/aks.v12i2.8884. 

Arianti. 2018. "PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA." Didaktika Jurnal Kependidikan 12, no. 2 (Desember): 124. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/didaktika/article/download/181/110. 

Jainiyah, Fuad Fahrudin, Ismiasih, and Mariyah Ulfah. 2023. "Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa." Multidisiplin Indonesia 2, no. 6 (Juni). https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284. 

Rahayu, Fina R. 2023. "Strategi Komunikasi Efektif Guru dalam Membentuk Kepercayaan Diri Siswa di MTs YPK Cijulang." Pelita Nusantara 1, no. 1 (juni). https://doi.org/10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i1.128. 

Whasudewa, Arya D. 2023. "Kualitas Pendidikan Indonesia Buruk? & Bisa Nggak Teknologi Meningkatkan Kualitas Pendidikan Kita?" Penulis Artikel, Junior UI/UX Design and Research, (Juni). https://medium.com/@aryadharmawasudewa/kualitas-pendidikan-indonesia-buruk-7d2050f5560c. 

Zakarya, Hafidz, Martaputu, and Husna Nashihin. 2023. "Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar peserta didik di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta." Attractive : Innovative Education Journal vol 5, no. 2 (july): 913. http://dx.doi.org/10.51278/aj.v5i2.811. 

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun