Mohon tunggu...
Raden Mohammad Ali Drajat W P
Raden Mohammad Ali Drajat W P Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pemahaman Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika terhadap Literasi Arduino

24 Mei 2024   12:35 Diperbarui: 24 Mei 2024   12:50 283
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/38/Arduino_Uno_-_R3.jpg

I. PENDAHULUAN

Perkembangan teknologi yang pesat pada era digital ini telah mendorong berbagai inovasi dalam bidang pendidikan, khususnya dalam program studi Teknik Informatika. Salah satu perangkat yang semakin populer dan sering digunakan dalam pendidikan adalah Arduino, sebuah platform elektronik terbuka yang dirancang untuk mempermudah penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak. Arduino memungkinkan mahasiswa untuk belajar tentang dasar-dasar elektronik, pemrograman, dan implementasi proyek yang berhubungan dengan Internet of Things (IoT), robotika, dan sistem tertanam.

Dalam konteks pembelajaran di perguruan tinggi, literasi Arduino tidak hanya mencakup kemampuan dasar dalam penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi juga pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana teknologi ini dapat diterapkan dalam berbagai proyek praktis. Oleh karena itu, literasi Arduino menjadi salah satu kompetensi yang penting bagi mahasiswa Teknik Informatika, yang diharapkan mampu menguasai dan memanfaatkan teknologi ini untuk mengembangkan inovasi dan solusi teknologi yang relevan dengan kebutuhan industri.

II. LANDASAN TEORI

A. Pengertian Literasi

Education Development Center (EDC) menyatakan bahwa Literasi lebih dari sekedar kemampuan baca tulis. Namun lebih dari itu, Literasi adalah kemampuan individu untuk menggunakan segenap potensi dan skill yang dimiliki dalam hidupnya. Dengan pemahaman bahwa literasi mencakup kemampuan membaca kata dan membaca dunia.

B. Pengertian Arduino

Menurut website resmi Arduino, Arduino merupakan sebuah perangkat elektronik yang bersifat open source dan sering digunakan untuk merancang dan membuat perangkat elektronik serta software yang mudah untuk digunakan. Arduino ini dirancang sedemikian rupa untuk mempermudah penggunaan perangkat elektronik di berbagai bidang.

Arduino ini memiliki beberapa komponen penting di dalamnya, seperti pin, mikrokontroler, dan konektor yang nanti akan dibahas lebih dalam selanjutnya. Selain itu, Arduino juga sudah menggunakan bahasa pemrograman Arduino Language yang sedikit mirip dengan bahasa pemrograman C++.

Biasanya Arduino digunakan untuk mengembangkan beberapa sistem seperti pengatur suhu, sensor untuk bidang agrikultur, pengendali peralatan pintar, dan masih banyak lagi.

C. Rumusan Masalah

1. Seberapa tinggi tingkat pemahaman mahasiswa Program Studi Teknik Informatika terhadap literasi Arduino?

2. Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat literasi Arduino di kalangan mahasiswa?

3. Bagaimana cara meningkatkan literasi Arduino di kalangan mahasiswa Program Studi Teknik Informatika?

D. Tujuan Penelitian

1. Mengukur tingkat pemahaman mahasiswa Program Studi Teknik Informatika terhadap literasi Arduino.

2. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi literasi Arduino di kalangan mahasiswa.

3. Menyusun rekomendasi untuk meningkatkan literasi Arduino di kalangan mahasiswa Program Studi Teknik Informatika.

III. METODE PENELITIAN

A. Desain Penelitian

Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif untuk menggambarkan tingkat pemahaman mahasiswa Program Studi Teknik Informatika terhadap literasi Arduino. Desain ini dipilih karena sesuai untuk mengukur variabel-variabel yang berkaitan dengan literasi Arduino dan memahami faktor-faktor yang mempengaruhinya.

B. Populasi dan Sampel

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Teknik Informatika di Universitas X yang telah mengikuti mata kuliah yang berkaitan dengan Arduino. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, di mana kriteria pemilihannya adalah mahasiswa yang sedang atau telah mengikuti mata kuliah tersebut.

Jumlah sampel yang diambil adalah 100 mahasiswa, yang dianggap representatif untuk menggambarkan populasi secara keseluruhan. Pemilihan jumlah ini juga mempertimbangkan keterbatasan waktu dan sumber daya dalam pelaksanaan penelitian.

C. Teknik Pengumpulan Data

Data dikumpulkan melalui survei online menggunakan platform Google Forms. Kuesioner disebarkan kepada mahasiswa melalui email dan grup media sosial yang dikelola oleh Program Studi Teknik Informatika. Survei dilakukan selama dua minggu untuk memastikan partisipasi yang optimal dari responden.

IV. HASIL dan PEMBAHASAN

A. Tingkat Pemahaman Mahasiswa terhadap Literasi Arduino

Hasil analisis dari kuesioner menunjukkan tingkat pemahaman mahasiswa terhadap literasi Arduino sebagai berikut:

  • Pengetahuan Dasar: Mayoritas mahasiswa memiliki pemahaman yang baik tentang konsep dasar Arduino dan komponennya.
  • Kemampuan Praktis: Mahasiswa umumnya mampu melakukan praktik dasar menggunakan Arduino, meskipun masih ada yang mengalami kesulitan dalam beberapa aspek teknis.


B. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Literasi Arduino

Frekuensi penggunaan Arduino terbukti menjadi faktor yang paling signifikan dalam meningkatkan literasi. Ini menunjukkan pentingnya praktik berkelanjutan dalam proses pembelajaran. Dukungan dosen juga berperan penting, menunjukkan bahwa bimbingan yang efektif dapat membantu mahasiswa memahami materi dengan lebih baik. Akses ke sumber belajar yang memadai juga penting untuk mendukung proses belajar mandiri mahasiswa.

C. Pengetahuan Dasar tentang Arduino

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memiliki pemahaman yang baik tentang konsep dasar Arduino. Hal ini mungkin disebabkan oleh materi kuliah yang komprehensif dan praktik yang cukup intensif selama perkuliahan. Namun, terdapat beberapa mahasiswa yang masih mengalami kesulitan, yang bisa jadi disebabkan oleh kurangnya pengalaman praktis di luar kelas.

D. Kemampuan Praktis Menggunakan Arduino

Tingkat kemampuan praktis mahasiswa berada pada kategori cukup baik, namun masih terdapat ruang untuk perbaikan. Kesulitan yang dialami mahasiswa dalam aspek teknis mungkin disebabkan oleh keterbatasan waktu praktik di laboratorium dan kurangnya fasilitas untuk eksperimen mandiri. Oleh karena itu, penting bagi institusi untuk menyediakan lebih banyak waktu dan akses ke fasilitas laboratorium.

 

KESIMPULAN

Penelitian ini mengungkapkan tingkat pemahaman mahasiswa Program Studi Teknik Informatika terhadap literasi Arduino. Secara umum, mahasiswa memiliki pemahaman yang baik tentang pengetahuan dasar Arduino, kemampuan praktis mahasiswa dalam menggunakan Arduino berada pada tingkat yang cukup baik dan kemampuan dalam mengaplikasikan dan mengimplementasikan Arduino dalam proyek nyata. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun mahasiswa memahami konsep dasar, mereka masih menghadapi tantangan dalam penerapan praktis dan implementasi proyek yang lebih kompleks.

Faktor-faktor yang mempengaruhi literasi Arduino di kalangan mahasiswa termasuk frekuensi penggunaan Arduino, dukungan dari dosen, dan akses ke sumber belajar. Frekuensi penggunaan Arduino merupakan faktor yang paling signifikan, menunjukkan bahwa praktik berkelanjutan sangat penting dalam proses pembelajaran. Dukungan dosen juga memiliki pengaruh positif, menekankan pentingnya bimbingan yang efektif. Selain itu, akses yang memadai ke sumber belajar seperti modul, video tutorial, dan dokumentasi turut berkontribusi dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun