Mohon tunggu...
DAIL MA RUF PTY
DAIL MA RUF PTY Mohon Tunggu... Guru - Guru Inspiratif Menginspirasi siapa saja
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Dail adalah guru di Yayasan Semesta Alam Madani yang diamanahkan sebagai Ketua YASALAM, sebelumnya pernah mengajar di SMP/MTs Nur El falah Kubang, di SDIT Al Izzah kota Serang dan di SD Al Azhar 10 Serang

Selanjutnya

Tutup

Diary

Sinar Mas Asuransi Kendaraan: Cepat dan Tepat

16 September 2022   09:40 Diperbarui: 16 September 2022   09:53 328
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tema : 100 tahun Eka Tjipta Widjaja, Sinar Mas dan Keberagaman, Sinar Mas untuk Indonesia, Topik : Sinar Mas Financial Services; 

Asuransi Kendaraan Sinar Mas : Cepat, Mudah & Tepat. 

 

Berbagi kisah pribadi untuk memberikan inspirasi kepada pembaca Kompasiana dan Masyarakat Indonesia tentang kebaikan yang digagas dan dilaksanakan oleh anak bangsa mesti terus kita lakukan. Upaya ini penting agar semakin banyak orang baik yang mau berbagi kebaikan dan mampu menolong orang yang sedang  kesulitan dengan komitmen memajukan Bangsa dan Negara, sehingga Indonesia yang adil makmur dapat kita wujudkan bersama.

Adalah Bapak Eka Tjipta Wijaya pendiri perusahaan Sinar Mas Grup yang terdiri dari beberapa jenis unit usahanya antara lain : Sinar Mas Agribusiness and Food, Asia Pulp & Paper Sinar Mas, Sinar Mas Land, Sinar Mas Energy and Infrastructure, Sinar Mas Financial Services, Sinar Mas Communications & Technology, Sinar Mas Healthcare, Eka Tjipta Foundation, Yayasan Muslim Sinar Mas, yang pada bulan September 2022 ini masuk usia 100 tahun beliau mengadakan lomba menulis dengan tema 100 tahun Eka Tjipta Widjaja, Sinar Mas dan Keberagaman, Sinar Mas untuk Indonesia.

Penulis membahas topik : Sinar Mas Financial Services karena punya pengalaman pribadi yang semoga bermanfaat dan dijadikan pertimbangan saat menghadapi masalah atau merencanakan membeli kendaraan sekaligus asuransinya. Pengalaman Saya ini benar terjadi dan setelah kejadian baru saya menyadari betapa bagusnya pelayanan dari perusahaan Sinar Mas yang dibangun Bapak Eka Tjipta Wijaya.

Peristiwa itu terjadi tahun 2010 atau 12 tahun yang lalu. Sebagai guru swasta di SD Swasta di Kota Serang Banten, memiliki kendaraan roda 2 dengan membeli tunai belum mampu dan memutuskan untuk ambil Kredit. Dengan DP yang dimiliki saya pun mengambil Motor yang saya butuhkan untuk digunakan sehari-hari.  Dengan motor ini akan menghemat pengeluaran karena bisa dipakai 24 jam untuk keperluan apa saja dan tujuan kemana saja.

Masa angsuran Motor yang saya ambil tertulis di kartu setoran selama 35 bulan karena DP dihitung cicilan pertama, selanjutnya cicilan saya selama 3 tahun ke depannya.  Setelah berjalan 2 tahun dan tinggal 1tahun lagi, ada rejeki yang bisa menutupi sisa cicilan. Saya pun datang ke kantor lising tempat bayar bulanan, lalu menanyakan sisa berapa jika dilunasi?.

Setelah mendapatkan jawaban dan membuat perjanjian untuk pembayaran pelunasan serta pengambilan BPKB motor, 2 pekan berikutnya saya kembali datang dan melunasinya, pihak lising meminta saya menunggu sekitar 30 menit karena akan mengambilkan BPKB serta beberapa berkas dokumen penyelesaian kredit. Setelah saya terima BPKB dan berkas lainnya saya pulang ke rumah dan menyimpan semua dokumen tersebut di lemari di rumah.

Hidup dan kehidupan tak selalu sesuai harapan. Malang dan untung, suka dan duka selalu datang silih berganti. Cobaan sakit yang menimpa anak bungsu hingga 4 hari membuat Saya dan Istri kelelahan dan mengantuk berat, hingga suatu pagi saat terbangun jelang subuh, saya mau ke kamar mandi. Namun mata yang terbiasa memeriksa ke ruang L tempat memarkir motor tiba-tiba melihat pintunya terbuka dan taka da motor.

Kaget bukan kepalang, dan langsung menuju teras rumah, siapa tahu motor lupa di masukan da nada terparkir. Ternyata tidak ada, pintu yang mengablak terbuka rupanya menjadi tanda bahwa motor  telah dibawa maling tengah malam. Bagai bocah yang kehilangan kesadaran, saya lari  mengejar ke ujung gang, bahkan hingga ke jalan raya. Padahal apa yang dikejar, malingnya juga entah sudah pergi sejak pukul berapa?.

Sambil gontai kembali ke rumah, saya bangunkan istri yang masih terlelap dan berusaha menenangkannya. Malah istri periksakan barang-barang kami yang lain selain motor, rupanya benar kata istri bahwa yang dicuri bukan hanya motor. Mereka pun mengambil Laptop kerja, HP kami, dan dompet saya yang otomatis STNK motor pun berhasil digondolnya.

Orang Indonesia meski terkena musibah apapun, selalu bilang masih untung. Demikian setelah saya menelpon Abah-Ibu , dan Bapak mertua di kampung. Ya sudah namanya kena musibah kita harus terima dengan sabar dan Ikhlas. Insya Allah ada hikmah dan diganti yang lebih baik. Kamu dan keluraga tak dianiaya saja sudah bagus, iya Pak, mungkin jika terbangun dan teriak melawan, bisa saja makan korban nyawa.

Jujur dalam batin saya, saya merasa protes dengan Takdir Allah SWT pada saya dan keluraga. Hingga sebulan lebih istri saya jika tidur, kadang kebangun dan mengigau sambil teriak teriak : "maling-maling".  Efek trauma dari peristiwa kemalingan dan kehilangan barang-barang berharga tak bisa dilupakan begitu saja dalam waktu singkat.

Kejadian hari Sabtu jelang subuh itu membuat saya bongkar-bongkar lemari dan menemukan BPKB serta berkas lain yang saya lihat ada print out bertuliskan Asuransi SINAR MAS kendaraan saya yang dimaling. Saya baca perlahan dan tertera bahwa masa berlaku asuransi pada bulan Desember 2010, sedangkan kemalingan pada bulan September artinya masih berlaku 3 bulan ke depan.

Saya mendatangi Polsek setempat untuk melaporkan TKP dan meminta surat keterangan untuk mengajukan ke Cabang Sinar Mas terdekat dari rumah. Rupanya adanya di Cilegon, masih gabung Serang -- Cilegon alamatnya di dekat Ruko PCI pinggir jalan utama kota Cilegon.

Setelah memiliki keterangan dari Polsek, hari Senin saya datang ke kantor cabang Sinar Mas Cilegon melaporkan tujuan kedatangan saya kepada  bagian Costomer Services, saya diminta untuk menghadap kepala cabang dan melengkapi semua berkas yang dibutuhkan.

Dimudahkan bisa langsung bertemu dengan Kacab, dengan ramah beliau menanyakan bagaimana kronologi dan apakah jika mengajukan saya akan bisa melengkapi semuanya?. Saya jawab denga pede : " Siap Pak!" . Saya akan upayakan semuanya lengkap.

Baiklah Pa Dail, jika demikian nanti formnya isi lengkap dan semua yang harus dilampirkan Bapak lengkapi, kemudian serahkan kembali ke saya, ini nomor Hp saya, kita bisa janjian jika Bapak sudah siap.

Saya sampaikan terima kasih dan saya pulang untuk segera mengumpulkan semua kelengkapan :

  • FC KTP dan KK
  • Surat keterangan kehilangan dari Polisi
  • Keterangan BAP dari Polres pengesahan Polda
  • BPKB asli
  • Kunci Motor
  • STNK (tak ada) -- dijok motor terbawa maling
  • Keterangan masih masa asuransi dari Sinar Mas.

sumber: otomotif.com 
sumber: otomotif.com 

                                                                                   

Pembuatan BAP lumayan menyita waktu karena memang banyak yang mengajukan hal serupa, dan perorang di BAP oleh petugas hingga hampir 20 menit, sambil diketik dan langsung diprint out. Dilanjutkan pengesahan dari Polda Banten, sehingga mengurus 1 dokumen ini hingga 2 hari.

Setelah Formulir pengajuan diisi lengkap dan semua persyaratan yang diminta lengkap, Saya serahkan berkas ke Kantor Sinar Mas Cilegon, oleh CS diantar ketemu dengan Kacab dan setelah diperiksa lengkap saya dapat tanda terima berkas di tanda tangan dan dicap. Dalam form ajuan klaim, ada diminta nomor rekening Bank penerima.

Pak Kacab Sinar Mas Cilegon menyampaikan informasi bahwa biasanya jika lancar sekitar 40 hari kerja, paling lambat 3 bulan sejak pengaduan. Ditambahkan nanti jika sudah dana cair masuk rek yang Bapak cantumkan di Form pengajuan aka nada WA masuk mengkonfirmasi dan meminta jika sudah diterima mohon Prin Out dari Bank penerima supaya buktinya di kirim ke Admin via Email.

Saya sampaikan ucapan terima kasih sudah diproses dan tingal nunggu saja. Hampir 2 pekan Saya tak ada motor,  ada motor butut punya abah di Kampung, daripada boros naik ojek tahun 2010 belum viral ojek online murah) saya pinjam saja motor tersebut. Lumayan hemat dan yang terpenting bisa kerja ke SD Isalm Al Azhar 10 Serang tepat waktu.

Di pekan ketiga ada WA masuk dari nomor tak dikenal yang isinya menanyakan apakah benar ini nomor HP Bapak Dail Ma'ruf ? .  Satelah saya jawab : "Benar Saya Sendiri ". Lanjut menginfokan bahwa benarkah nomor rekening yang Bapak Cantumkan An .Dail Ma'ruf di BRI no. rekening : ... xxx ?. Saya jawab benar bu, itu rek saya di BRI. Saya dikabarkan tunggu maksimal 3 hari ke depan, jika sudah masuk maka akan masuk pesan WA bahwa pembayaran berhasil. Saya jawab Siap.

Baru hari kedua sejak dapat konfirmasi Rekening yang dicantumkan apakah benar, besoknya Saya dapat WA dari admin Sinar Mas bahwa dana telah diTF dan mohon bukti masuknya di kirim ke emal admin Sinar Mas. Saya jawab siap laksanakan. Setelah saya Prin out di Teller BRI terdekat, memag dana sudah masuk ril time saat admin memberitahukan bahwa dana telah berhasil dibayarkan. Luar biasa banget bagi saya, karena info dari Kacab Sinar mas  CiIegon biasanya 40 hari sedangkan saya baru 21 hari.

Motor Mio Soul tahun 2017 yang dimaling di rumah Saya tengah malam bersama Laptop, HP dan dompet rupaya masih lumayan taksiran harga secondnya. Pihak asuransi Sinar Mas memberikan uang asuransi sebesar 12 Juta Rupiah. Padahal  jika dijual pun harga kisaran 8 hingga 10 juta. Itulah salah satu kehebatan ikut asuransi kredit, dimana kita hanya bayar 450 ribu selama masa cicilan, namun jika terjadi hal yang tak diinginkan seperti kemalingan, jadinya ada yang meringankan beban kemusibahan.

Mugkin saja jika tak dapat pencairan dana dari Sinar Mas, saya akan lebih lama pakai motor butut abah, dan kinerja akan terganggu tidak ada laptop kerja. Dengan adanya asuransi Sinar Mas,  Saya merasa BERUNTUNG adan berterima kasih kepada Sinar Mas Kota Clegon, Saya bisa kembali normal bekerja. Dari 12 juta dana yang Saya terima Saya belikan  Motor 8 juta dan Laptop 4 juta. Sehingga kinerja  agak terkendala hanya 3 pekan saja.

Menutup kisah nyata ini, Saya merasa terbantu dengan adanya Asuransi Kendaraan Sinar Mas, maka saya segera recovery dan Move On :  bahwa semua  yang di kita punya hanya titipan, Motor yang diambil maling saat tertidur lelep, alhamdulillah sudah ada solusi.  Semoga Asuransi Sinar Mas selalu di hati dan terus menjaga pelayanan terbaik tanpa suap dan sogok, bekerja sesuai dengan tupoksinya.

Bapak Eka Tjipta Wijaya akan bangga dengan pelayanan yang dibeikan Kacab dan semua karyawan  Sinar Mas asuransi kendaraan Motor sehingga orang yang kemusibahan seperti saya bisa ditolong dengan mudah dan cepat. Terim kasih Pak Eka Cipta yang telah membuat sistem di Sinar Mas bejalan Professional dan TERBAIK.

sumber: tokopedia.com
sumber: tokopedia.com

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun