Mohon tunggu...
Daffa Ali Fauzan
Daffa Ali Fauzan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Welcome to my Kompasiana account

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

"Merancang Pembelajaran Bersama Guru PPKN SMP Negeri Sembilan Cimahi"

24 Juli 2021   22:25 Diperbarui: 24 Juli 2021   22:49 143
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Hi semua, Salam sejahtera bagi kita semua sobat Kompasiana. Hari Ke-16 artinya sudah setengah jalan untuk merampungkan kegiatan KKN Tematik MDBPE-MBKM UPI Semester Genap 2021. 

Dapat saya sampaikan bahwa selama kegiatan berlangsung cukup banyak hal yang dapat dikerjakan. beberapa list yang saya kerjakan merupakan bagian dari rencana program yang telah dibuat sebelumnya oleh penulis. 

Pada kegiatan yang penulis tulis, berfolus pada saaran guru. dapat diketahui bahwa program yang penulis ambil yakni "bertajuk pembangunan desa melalui bidang pendidikan" dan ada sembilan rincian kegiatan yang harus dilakukan oleh mahasiswa UPI. 

Namun untuk kali ini saya sajikan kegiatan apa saja yang berkaitan dengan KKN sasaran guru di sekolah,  untuk rinciannya dapat kawan-kawan simak sebagai berikut:

  • Media Pembelajaran PPKn Kelas VII, VIII, IX yang terdiri dari:
  1.  Komik
  2. Infografis
  3. Peta Kosep atau Mindmap
  4. Cerita Pendek
  5. Power Point
  6. Poster

semua media pembelajaran yang telah selesai, diberikan ke guru pata pelajaran PPKn di sekolah tersebut dan sebelumnya telah di upload atau di unggah ke Blog maupun google drive sehingga guru yang bersangkutan dapat mengakses dengan mudah dan dapat digunakan untum kegiatan pembelajaran yang akan dimulai tidak jauh sejak pelaksanaan KKN ini dimulai

  • [KEGIATAN ADMINISTRASI] Membuat RPP PPKn yang terdiri dari:
  1. RPP PPKn BAB 1-BAB 3 PPKn Kelas VII
  2. RPP PPKn BAB 1-BAB 3 PPKn Kelas VIII
  3. RPP PPKn BAB 1-BAB 3 PPKn Kelas IX

sama halnya dengan media, kumpulan RPP dimasukan ke dalam folder di google drive untuk memudahan guru dalam mengakses dan menggunakan RPPnya.

  • Membuat beberapa soal evaluasi pembelajaran untuk beberapa BAB

Penulis mengerjakan pembuatan beberapa soal evaluasi yang dibuat di laman quizziz. hal ini dikarenakan quizziz dapat mempermudah kegiatan evaluasi disamping karena pembelajaran daring, juga karena efektivitas penilaian. 

Quizziz dapat memberikan hasil pengerjaan peserta didik tanpa harus guru hitung lagi. pun dalam masalah objektivitas, Quizziz mampu menghitung nilai secara realtime dan disesuaikan dengan kecepatan menjawab siswa, walaupun penggunaan media ini memiliki kekurangan, namun disisi lain pula dapat digunakan sebagai alternatif prmbrlajaran khususnya masa pembelajaran jarak jauh

  • berdiskusi bersama terkait penguatan pembelajaran

penguatan pembelajaran menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan dengan sasaran guru.  penguatan pembelajaran berkaitan dengan persiapan belajar untuk memperoleh strategi guna implementasi kegiatan pembelajaran dapat sesuai dengan tujuan, terutama dimasa pandemi seperti sekarang, penguatan pembelajaran digunakan untuk efektivitas materi yang dipahami oleh siswa

  • membuat penyederhanaan program semester berikutnya

hal ini dapat disingkat sebagai PROMES, hal ini dikerjakan dan dilakukan penyederhanaan guna efisiensi waktu pelaksanaan KBM dan penyesuaian kalender akademik, apalagi jam KBM masa pandemi atau masa PJJ berbeda dengan saat KBM di masa dahulu.

  • Membuat artikel berita ke laman Kompasiana 

ini dilakukan agar adanya pihak lain yang memantau dan mengetahui mahasiswa yang melaksanakan KKN, perlu diketahui salah satu dari tridharma perguruan tinggi ialah pengabdian, sehingga kegiatan KKN ini perlu dipublikasikan dan dibuat berita agar masyarakat luas tahu dan update khususnya konsep KKN sekarang yang berberda dengan KN terdahulu.

  • Mempublikasikan kegiatan KKN di media sosial termasuk ke akun Instagram pribadi penulis

Tak kalah penting. menyebarluaskan kegiatan KKN ke laman media sosial menjadi sebuat informasi dan pengetahuan bagi saya, anda dan semuanya, hal tersebut otomatis menjadi kesempatan mengedukasi khalayak umum dan membuat jembatan informasi yang sangat baik khususnya perihal kegiatan KKN ini. 

[PERLU DIKETAHUI] Selain tajuk sasaran guru, penulis juga melakukan beberapa kegiatan lainnya seperti KKN dengan fokus sasaran peserta didik, orangtua, membuat video, book chapter hingga surat perjanjian kerjasama antara LPPM UPI dengan sekolah sasaran penulis.

Sobat Kompasiana, semoga kegiatan KKN ini lancar hingga tuntas dan semoga semuanya dapat berbuah baik dan bermanfaat bagi semua pihak terkait. memang sulit dimasa sekarang untuk dapat mengefektifkan suatu program yang seharusnya berjalan secara luring. Namun, setidaknya kita dapat berkontribusi membangun dunia pendidikan dan tentunya dapat bermanfaat bagi sesama.

Daffa Ali Fauzan NIM. 1807932

Pendidikan Kewarganegaraan B

FPIPS UPI

DPL: Mela Darmayanti, M.Pd.

PGSD FIP UPI 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun