Mohon tunggu...
Daffa Elang Hendra Al banna
Daffa Elang Hendra Al banna Mohon Tunggu... Lainnya - Laki-laki Umur 19 UNJ

Umur 19 Mahasiswa UNJ

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Konsep Pedagogi Kritis Henry Giroux dalam Menggambarkan Dinamika Tantangan dan Peluang Kurikulum dalam Bimbingan Online Quipper

5 Juli 2021   17:04 Diperbarui: 5 Juli 2021   17:11 450
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Oleh : Daffa Elang Hendra Al Banna "Mahasiswa Pendidikan Sosiologi UNJ" (1405619053)

 

Pendahuluan

            Akibat dari bencana wabah Covid 19 yang melanda banyak negara termasuk Indonesia, maka dari itu banyak bimbingan belajar offline yang harus tutup sementara. Hal ini pun mengurangi pesaing dari bimbingan-bimbingan belajar online yang ada di Indonesia. Akan tetapi apakah bimbingan online ini dapat mengembangkan pemikiran kritis siswa? Bagaimana tantangan dan peluang dari kurikulum bimbingan belajar online?. Maka dari itu, dalam essay ini akan membahas bagaimana konsep pedagogi kritis dari pemikiran Henry Giroux dalam menggambarkan tantangan dan peluang kurikulum dalam bimbel online. Penulis memilih bimbingan belajar online Quipper sebagai subjek penelitian, karena penulis merasa bimbingan belajar online ini cukup banyak diminati oleh siswa dan siswi di seluruh Indonesia.

Isi

            Quipper adalah salah satu dari bimbingan belajar online yang ada di Indonesia. Mereka menggunakan video sebagai media untuk memberikan bimbingan pembelajaran. Akan tetapi kebanyakan video yang diberikan adalah bukan video live streaming, sehingga tidak ada interaksi antara tutor dan siswa. Walaupun Quipper telah membuat program master class yang memungkinkan siswa untuk berinteraksi kepada tutor secara online, akan tetapi siswa harus membayar biaya lebih untuk bergabung dengan program tersebut karena tentunya Quipper harus membayar biaya server live streaming dan juga tutor yang harus bekerja extra.

            Kekurangan Quipper dalam memberikan bimbingan langsung secara online serta biaya lebih yang harus diberikan konsumen inilah yang menjadi tantangan Quipper dalam menjalankan kurikulumnya. Henry Giroux dalam konsep pedagogi kritisnya pun mengatakan tentang "kelas demokratis". Kelas demokratis ini adalah situasi di kelas ketika guru dan siswa saling menghargai pendapat dan masukan dari satu sama lain. Sayangnya metode dari Quipper seperti video online non live streaming tidak memungkinkan terjadi pertukaran pendapat antara tutor dan siswa. Hal ini tentunya akan menghambat pemikiran kritis siswa.

            Selain itu, praktik dialogical method yang diperkenalkan oleh Giroux juga tidak dapat di terapkan dalam metode video online non live streaming Quipper. Hal ini disebabkan dalam dialogical method guru bukan hanya berperan sebagai seseorang yang mengajar,  akan tetapi juga sebagai orang yang belajar dengan dan dari siswa. Dalam video online non live streaming, praktik ini hanya memungkinkan guru sebagai seseorang yang mengajar saja. Hal ini juga bertentangan dengan konsep pedagogi kritis Henry Giroux yaitu banking concept of education. Dalam konsep ini dikemukakan bahwa siswa tidak seharusnya diibaratkan sebagai wadah kosong yang diisi oleh guru, layaknya seseorang yang menabung di bank. Dalam video non live streaming Quipper, siswa hanya bisa menerima ilmu dari video-video dari tutor yang telah dibuat sebelumnya tanpa dapat menanyakan atau memberi pendapat kepada tutor yang ada pada video pembelajaran tersebut.

            Dari pemaparan diatas tersebut, maka kita hampir dapat menyimpulkan bahwa bimbingan belajar online Quipper dianggap kurang menunjang siswa dalam berpikir kritis. Akan tetapi Quipper juga memiliki peluang dalam meningkatkan pemikiran kritis siswa. Seperti yang telah penulis ceritakan sebelumnya, bahwa Quipper juga memiliki metode pembelajaran video online secara live streaming yang Quipper sebut sebagai "master class". Metode master class ini dapat memungkinkan siswa untuk dapat berinteraksi, memberikan pendapat, dan juga pertanyaan-pertanyaan kepada tutor secara langsung melalui media online. Hal ini merupakan peluang yang dapat mengubah perspektif pedagogi kritis dalam Quipper. Disini siswa dan tutor dapat menerapkan konsep dan praktik dari pedagogi kritis Giroux secara online.

            Tantangan dari master class adalah biaya yang harus dibebankan kepada konsumen cukup tinggi. Hal ini menjadi tantangan karena dalam konsep pedagogi kritis Giroux, pemikiran kritis oleh  siswa seharusnya bersifat demokratis dan adil untuk semua siswa. Perbedaan harga yang cukup signifikan tersebut tentunya akan menguntungkan siswa yang berekonomi lebih ketimbang siswa yang berekonomi kurang. Para siswa yang mengikuti program master class akan diberikan media untuk memberikan pemikiran pendapat langsung secara online, sedangkan yang tidak mengikuti program master class tidak diberikan hal tersebut.Selain itu Quipper juga menawarkan fitur live chat yang dapat digunakan siswa untuk memberikan pemikiran kritisnya, walaupun fitur ini tidak se-efisien seperti program master class akan tetapi cukup baik untuk menunjang pemikiran kritis siswa.

            Seperti yang dapat kita lihat, bahwa Quipper berusaha untuk menaklukan tantangan-tantangan mereka alami. Selain itu mereka juga meningkatkan dan memanfaatkan peluang yang mereka punya. Hal ini dapat dilihat bahwa Quipper memiliki program master class dan juga penambahan fitur live chat. Dengan demikian, dapat dikatakan Quipper cukup baik dalam penerapan kurikulum mengenai pedagogi kritis, dan tentunya terdapat tantangan dan peluang yang dimiliki Quipper dalam penerapan kurikulumnya dalam pandangan Henry Giroux.

Kesimpulan

            Media bimbingan belajar online Quipper dinilai cukup baik dalam penerapan kurikulumnya dalam pandangan pedagogi kritis Henry Giroux. Quipper memiliki tantangan dimana mereka tidak memiliki penunjang pedagogi kritis yang baik dalam metode video online non live streaming yang mereka berikan. Selain tantangan, mereka juga memiliki peluang seperti menawarkan program master class dengan video pembelajaran secara live streaming. Program master class ini sangat menunjang kurikulum Quipper dalam menjadikan siswanya memiliki pemikiran yang kritis. Akan tetapi timbul tantangan baru dari diberlakukannya program ini karena biaya yang harus dibebankan kepada konsumen cukup tinggi, maka dari itu program ini hanya dapat dijangkau oleh beberapa kalangan saja. Kemudian Quipper pun mengeluarkan fitur live chat yang diakses dalam semua program reguler maupun master class.

            Penulis sendiri memiliki saran, agar Quipper dapat memberikan kemudahan kepada konsumen untuk mendapatkan layanan video live streaming yang mumpuni walaupun hanya mengikuti program reguler. Quipper bisa memberikan beberapa layanan video live streaming gratis kepada para siswa reguler maupun memberikan uji coba gratis dalam mengikuti program master class serta mengupgrade lagi fitur live chat menjadi lebih baik lagi. Penulis secara pribadi juga memahami bahwa biaya yang dikeluarkan Quipper untuk pembelajaran video live streaming adalah tidak banyak, terlebih biaya untuk membayar para tutor dan server. Maka dari itu, jika Quipper tidak bisa menurunkan harga setidaknya memberikan cara-cara yang sudah saya jelaskan sebelumnya agar para siswa yang mengikuti program reguler dapat mengembangkan pemikiran kritis mereka. Diharapkan setelah mereka merasakan uji coba gratis sebagian program master class, mereka akan tertarik untuk mengikuti program master class secara penuh untuk lebih dapat meningkatkan pemikiran kritis mereka dan menunjang kurikulum yang dimiliki Quipper.

Daftar Pustaka

Setiawan, Bukik. 2021. Inovasi Media Belajar Saat Pandemi Edisi 1. Bandung : Cerita Guru Belajar & Media Merdeka Belajar.

Ariani, Desi. 2020. Gagasan Millenial & Generasi Z Untuk Indonesia Emas 2045. Bogor : Fianosa Publishing.

Ilyas, M. & Dkk. 2020. Saling Jaga Asa Kala Pandemi. Surabaya : IAIN Parepare Nusantara Press.

Alexander, Reza. (2018). Pedagogi Kritis: Pemikiran Henry Giroux Tentang Pendidikan dan Relevansinya untuk Indonesia. Jurnal Filsafat, 28(2), 5-8.

Dipa, M. (2020). Quipper Tawarkan Fitur Video Masterclass, Siswa Punya Coach untuk Atur Jadwal Belajar dan Curhat. Diakses pada 1 Juli 2021, dari https://wartakota.tribunnews.com/2020/09/01/quipper-tawarkan-fitur-video-masterclasssiswa-punya-coach-untuk-atur-jadwal-belajar-dan-curhat.

Hadie, Wira. (2017). Kelebihan dan Kekurangan Quipper Video. Diakses pada 1 Juli 2021, dari https://wirahadie.com/kelebihan-dan-kekurangan-quipper-video/.

           

 

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun