Mohon tunggu...
Daffa Ardhan
Daffa Ardhan Mohon Tunggu... Freelancer - Cerita, ide dan referensi

Menulis dalam berbagai medium, bercerita dalam setiap kata-kata. Blog: http://daffaardhan.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Yang Harus Dilupakan dan Ditanam dalam Ingatan

1 Januari 2020   12:36 Diperbarui: 1 Januari 2020   12:47 1192
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sejak dulu, saya tidak pernah antusias dengan yang namanya pergantian tahun.

Sebuah tahun tidak lebih dari sederet angka yang berganti sesuai dengan alurnya dan itu tidak berpengaruh pada bagaimana kita bekerja. Kehidupan akan tetap berjalan seperti biasanya.

Tahun ini, tahun kemarin, atau tahun depan adalah perbedaan waktu yang polanya berulang-berulang. Hal yang lebih penting dari semua itu, bagaimana saya bisa lebih giat untuk terus meng-upgrade diri dan bisa memaknai hari-hari.

Walaupun saya tetap ikut merayakan tahun baru ini, tapi saya lebih melihatnya sebatas perayaan yang sifatnya seremonial saja.

Seringkali saya melihat diri saya di masa lalu. Menyaksikan bagaimana saya hidup di usia remaja.

Sepertinya cukup banyak yang berubah dari saya, dulu dan sekarang. Sayangnya, hal itu belum cukup membuat saya menjadi lebih "manusia".

Menjadi saya adalah hal rumit. Banyak hal yang tidak bisa saya ceritakan tentang sisi lain dari diri saya. Itu semata-mata karena belum waktunya.

Saya senang berbagi cerita tentang kehidupan. Tapi saya memastikan agar tidak masuk ke ranah yang paling sensitif.

Saya ingin selalu bercerita. Apapun yang bisa saya ceritakan. Kali ini, saya ingin bercerita tentang dua hal penting yang akan saya jadikan catatan kecil--yang nanti bisa jadi kertas pembatas dalam buku kehidupan.

Pertama,  ada hal yang harusnya saya lupakan.

Ada banyak hal yang sebaiknya dilupakan. Diantara kenangan buruk yang seringkali jadi kabut putih dan menghalangi pandangan saya untuk melihat masa depan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun