Sebuah UMKM perlu diberikan pelatihan tentang pentingnya pemanfaatan digital marketing agar sistem pemasarannya menjadi lebih baik sehingga dapat memperluas cakupan target usahanya serta dapat menunjang kegiatan penjualan yang lebih baik lagi. Instagram, beserta cara mengelola media digital tersebut secara optimal. Luaran yang dihasilkan dari pengabdian ini adalah akun Google bisnis dan Instagram, artikel ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal nasional, serta laporan kegiatan. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan pelatihan berupa ceramah dan pemberian tutorial membuat akun di media digital beserta cara mengelola media digital tersebut.
Perkembangan teknologi informasi telah mengubah lingkup dunia pemasaran dalam beberapa tahun terakhir ini. Metode komunikasi pemasaran yang sebelumnya bersifat tradisional dan konvensional, kini telah terintegrasi dalam dunia digital . Kegiatan pemasaran yang memanfaatkan kecanggihan teknologi digital seringkali disebut dengan digital marketing. Digital marketing terdiri dari pemasaran interaktif dan terpadu yang memudahkan interaksi antara produsen, perantara pasar dan calon konsumen .Salah satu media digital marketing yang sering digunakan adalah Google, seperti di Maps dan penelusuran. Jika pelaku UMKM menjalankan bisnis yang melayani pelanggan di lokasi tertentu, atau melayani pelanggan di area layanan yang ditentukan, Google Bisnis dapat membantu orang lain menemukan bisnis UMKM tersebut.Media lain yang juga seringkali digunakan dalam digital marketing adalah media sosial, salah satunya Instagram.
 Adapun Mitra dalam pelaksanaan pengabdian ini adalah Es teh jumbo pojok dempo yang bergerak dalam bidang usaha makanan dan minuman yang sudah sangat lama berdiri di Kota Malang, yaitu sejak tahun 2021. Dalam kegiatan jual beli minuman di Kota Malang, Es teh jumbo pojok dempo termasuk yang paling bertahan lama hingga saat ini. Akan tetapi dalam kegiatan pemasarannya masih sangat minim dan cenderung masih tradisional. Untuk itu perlu diberikan pelatihan tentang pentingnya pemanfaatan digital marketing agar sistem pemasarannya menjadi lebih baik sehingga dapat memperluas cakupan target usahanya serta dapat menunjang kegiatan penjualan yang lebih baik lagi. Selain itu mitra juga diberikan bantuan dalam membuat akun di media digital (Poster,Pamflet dan Instagram)Â
Metode Kegiatan
 Lokasi Pelaksanaan Pengabdian Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat dengan judul "Peran Pengabdian Masyarakat Pada Umkm Es Teh Jumbo Pojok Dempo" dilaksanakan di Jalan Dempo dekat gerbang surabaya UM.Peserta Kegiatan ini diikuti oleh Penulis dan Pemilik Usaha Es teh jumbo pojok dempo serta beberapa rekan offeringÂ
Metode Pelaksanaan
 Pelaksanan kegiatan diberikan dalam bentuk pelatihan yang dibagi menjadi dua metode:Â
1. Menggunakan metode ceramah tentang pentingnya peranan digital marketing bagi perkembangan bisnis UMKM, terutama dalam hal meningkatkan kegiatan promosi. Ceramah juga disertai dengan beberapa contoh UMKM yang telah sukses menggunakan media digital untuk kegiatan promosi. Sehingga diharapkan pelaku UMKM sadar akan pentingnya pemanfaatan digital marketing di era sekarang ini.Â
2. Memberikan praktek langsung disertai tutorial pembuatan akun di media digital. Adapun media digital yang digunakan adalah Google Bisnis dan akun bisnis di media sosial Instagram. Pemberian tutorial hendaknya juga disertai dengan pengetahuan bagi UMKM tentang bagaimana mengoptimalkan semua fitur yang ada di kedua media digital tersebut.
Langkah KerjaÂ
 Adapun langkah pelaksanaan kegiatan antara lain:Â
 Koordinasi dengan mitra, terkait dengan penyusunan jadwal kegiatan, lokasi kegiatan, serta peserta kegiatan. Dalam koordinasi awal ini diharapkan dapat dipilih lokasi, hari, dan jam yang tepat sehingga pemberian materi pelatihan bisa maksimal dan tepat sasaran. Selain itu pihak UMKM akan menunjuk siapa saja karyawan yang dianggap tepat untuk mengikuti pelatihan. Sekurang-kurangnya peserta yang hadir diharapkan ada beberapa dari tenaga penjualan, perwakilan dari staf pemasaran, serta perwakilan dari pemilik UMKM itu sendiri.Â
 Pelaksanaan pelatihan sesi pertama yaitu berupa ceramah tentang pentingya menggunakan digital marketing kemudian pelaksanaan pelatihan sesi ke dua yaitu pemberian praktek serta tutorial membuat akun di Instagram beserta cara untuk mengelola akun tersebut dengan optimal dengan pembuatan flyer dan logo baru umkm es teh podjok dempo
Hasil Yang Dicapai
Pembuatan Logo baru untuk usaha UMKM es teh podjok dempo
Pembuatan Desain Flyer dan Brosur,untuk flyer dapat di post di sosial media Es Teh Jumbo Podjok Dempo
Pembuatan akun instagram baru untuk usaha UMKM es teh podjok dempo
Koordinasi dan Foto bersama pemilik usaha UMKM
Di era sekarang ini, para pelaku UMKM hendaknya bisa memanfaatkan media digital sebagai salah satu upaya pemasaran produknya sehingga konsumen lebih mengenal produk yang dihasilkan oleh UMKM tersebut.dan juga perkembangan teknologi digital memungkinkan para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya secara online dan melakukan transaksi melalui sistem perbankan secara online pula.UMKM sendiri merupakan salah satu sektor usaha yang penting di Indonesia karena memiliki peranan yang penting bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian tutorial pembuatan akun di media digital instagram yang berpotensi untuk memperluas jangkauan pemasaran UMKM
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H