1. JudulÂ
PENGARUH HUMAN RELATION DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA TBK CABANG SORONG
2. Tempat Penelitian PT
Bank Rakyat Indonesia Tbk Cabang Serong
3. Masalah Peneltian
Pihak manajemen Perusahaan harus dapat memberikan perhatian dan usahanya agar mengetahui bahwa karyawan telah melaksanakan pekerjaannya secara efisien dan efektif serta apakah masih ada yang perlu di perbaiki dalam pelaksanaan kinerja, sehingga setiap karyawan akan terus belajar dalam mengembangkan kapabilitas dan mengutamakan kepentingan perusahaan. Meningkat atau menurunnya kinerja dari seorang karyawan tersebut dapat di dukung oleh human relation yang harmonis dan kerjasama yang sinergi sehingga dapat membangun komunikasi yang terjalin baik bagi sesama rekan kerja maupun dengan pimpinan, karyawan pun dapat termotivasi untuk selalu meningkatkan kemampuan dirinya dalam menyelesaikan tanggung jawab yang diberikan oleh pihak perusahaan.
Pelaksanaan human relation sangat penting karena dapat memecahkan masalah yang menyangkut faktor manusia dalam berkomunikasi serta dapat menghilangkan mis comunication dan mis interpretasi dalam bekerja, sehingga dapat mendorong karyawan yang berada di dalam perusahaan untuk dapat berjalan sesuai dengan tujuan Perusahaan melalui permasalahan yang terdapat di lapangan bahwa variabel human relation dan motivasi kerja mempengaruhi kinerja karyawan di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Sorong, hal ini di sebabkan adanya komunikasi yang kurang terjalin baik dalam berinteraksi sehingga terjadinya salah komunikasi (mis communication), salah interpretasi (mis interprestasi) dan sikap kurang saling terbuka terkait persoalan yang menyangkut perasaan, ide dan emosional. Kemudian timbul kesalahpahaman yang melibatkan kepentingan pribadi dengan kepentingan perusahaan, baik antara karyawan dengan pimpinan maupun antara karyawan itu sendiri, sehingga menganggu kinerja maupun pencapaian tujuan perusahaan.
4. Tujuan PenelitianÂ
Untuk mengetahui pengaruh human relation terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Sorong.
Untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Sorong.
Untuk mengetahui seberapa berpengaruh human relation dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Sorong.
5. Teori Kajian
Pengertian Pengaruh
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia pengaruh adalah daya yang ada atau timbul dari sesuatu (orang, benda) yang ikut membentuk watak, kepercayaan, atau perbuatan seseorang.
Pengertian pengaruh menurut beberapa ahli yaitu menurut Wiryanto, pengaruh adalah tokoh formal dan informal dimasyarakat yang memiliki ciri-ciri kosmopolitan, inovatif, kompeten, dan aksesibel dibandingkan dengan pihak yang dipengaruhi. Menurut M. Suyanto, pengaruh adalah nilai kualitas suatu iklan melalui media tertentu.
Pengertian Motivasi
Menurut Fahmi, (2012:143) mengatakan bahwa motivasi adalah aktivitas perilaku yang bekerja dalam usaha memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang diinginkan. Motivasi adalah sebagai dorongan mental yang menggerakkan perilaku manusia atas dasar kebutuhan. Dalam motivasi, terkandung adanya keinginan yang mengaktifkan, menggerakkan, menyalurkan, dan mengarahkan sikap dan perilaku individu.
Pengertian Kinerja
Menurut Moeheriono (2012:95), kinerja atau performance merupakan sebuah penggambaran mengenai tingkat pencapaian pelaksanaan suatu program kegiatan atau kebijakan dalam mewujudkan sasaran, tujuan, visi, dan misi organisasi yang dituangkan dalam suatu perencanaan strategis suatu organisasi. Kinerja merupakan hal yang sangat penting dan harus diperhatikan oleh seluruh manajemen, baik pada tingkatan organisasi kecil maupun besar. Hasil kerja yang dicapai oleh organisasi atau karyawan adalah bentuk pertanggungjawaban kepada organisasi dan publik.
Pengertian Karyawan
Menurut Hasibuan (2007) karyawan adalah setiap orang yang bekerja dengan menjual tenaganya (fisik dan pikiran) kepada suatu perusahaan dan memperoleh balas jasa yang sesuai dengan perjanjian. Karyawan merupakan kekayaan utama dalam suatu perusahaan, karena tanpa adanya keikutsertaan mereka, aktifitas perusahaan tidak akan terlaksana.
Pengertian Bank BRI
Pada awalnya Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden atau "Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto", suatu lembaga keuangan yang melayani orang-orang berkebangsaan Indonesia (pribumi). BRI adalah lembaga keuangan yang merupakan bank milik Pemerintah Indonesia. Kegiatan utamanya adalah menghimpun dana dari masyarakat, menyalurkan kembali dana ke masyarakat, dan memberikan pelayanan produk dan jasa lainnya.
6. Hasil Penelitian
Dari hasil penelitian diketahui bahwa human relation berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Sorong. Hal ini di buktikan berdasarkan nilai t hitung sebesar 10,823 > nilai t tabel 2,012 dan tingkat Sig sebesar 0,000 < 0,05 dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0.350.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Sorong. Hal ini di buktikan berdasarkan nilai t hitung sebesar 11,420 > nilai t tabel 2,012 dan tingkat Sig sebesar 0,000 < 0,05 dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0.352.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa human relation dan motivasi kerja berpengaruh positif secara simultan terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Sorong. Hal ini di buktikan berdasarkan nilai F hitung sebesar 76.985 > 3.195 nilai F tabel dan probabilitas Sig 0.000b < 0.05 dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0.766.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H