Pada tanggal 29 Otober 2021, Mark Zuckerberg sebagai CEO sekaligus pendiri Facebook ini mengubah nama perusahaannya dari iFacebook Inc. menjadi Meta Platforms Inc. dikarenakan saat ini visi masa depan perusahannya adalah metaverse.
Hal ini menjadi topik hangat yang diperbincangkan di berbagai media sosial, mulai dari Twitter, Facebook, hingga ke Instagram.
Namun, Apakah kalian tahu ap aitu metaverse? Dan apa saja keuntungan dan kerugiannya bagi kita? Jika tidak, yuk mari kita baca artikel ini hingga tuntas untuk menambah wawasan kita mengenai metaverse yang sedang ramai dipebincangkan!
Apa itu metaverse?Â
Metaverse merupakan realitas digital yang menghubungkan aspek media sosial, game online, augmented reality (AR), virtual reality (VR), dan cryptocurrency untuk memungkinkan penggguna berinteraksi secara virtual.
Berbagai macam fasilitas di metaverse disajikan seperti pertemuan virtual, karya seni virtual seperti lukisan, lagu, hingga foto. Bahkan di dalam metaverse disediakan pemakaman virtual dan lahan virtual.
Keuntungan adanya metaverse
Selain untuk dunia hiburan metaverse memiliki banyak manfaat dan keuntungan jika pengguna menggunakannya dengan optimal dan sebaik mungkin.
Berikut adalah beberapa potensi keuntungan yang dapat diperoleh dari metaverse.
1. Ruang Kantor Virtual
Masyarakat Indonesia atau bhakan dunia mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Zoom, Skype, Microsoft Teams, dan aplikasi meeting online lainnya selama adanya pandemi. Namun, manfaat metaverse dapat membawa ke tingkat selanjutnya dengan menyediakan ruang kantor virtual kepada pengguna yang akan membuatnya terasa seakan semua orang berada di ruangan yang sama.
2. Membuka Peluang Pemasaran Baru
Tidak hanya sebagai sarana hiburan dan komunikasi metaverse juga dapat dijadikan ide usaha ataupun media promosi yang sangat memungkinkan. Salah satu contohnya adalah membuat papan reklame virtual atau membuat pakaian bermerek muncul dalam game sama hal nya seperti di kehidupan nyata. Ini dapat dibeli secara terprogram atau dinamis di Roblox dengan CPM mulai dari 86 ribu hingga 170 ribu rupiah di sebuah platform.
3. Tur Virtual ke Seluruh Dunia
Metaverse juga dapat membantu "mewujudkan" keinginan yang kita harapkan di dunia nyata, contohnya seperti tur virtual ke seluruh dunia yang tentunya sangat memungkinkan karena dapat meminimalisir uang yang kita keluarkan jika dibandingkan tur seluruh dunia di kehidupan nyata.
Tantangan metaverse
Dibalik banyaknya keuntungan yang ditawarkan metaverse bagi perusahaan di banyak industry, masih ada beberapa tantangan yang perlu diatasi:
1. Kemanan Data
Meskipun  perusahaan terus merevolusi sistem keamanan TI mereka, privasi dan kemanan data telah lama menjadi perhatian pengguna di lingkungan online mana pun. Memasuki metaverse akan membutuhkan metode transverse keamanan yang berkembang ke tingkat yang benar-benar baru, berbanding lurus dengan ruang metaverse yang terus berkembang.
2. Mata Uang dan Sistem Pembayaran
Terlepas dari format mata uang dan pasar, dalam hal transaksi, akan sangat penting untuk mengembangkan sistem verivikasi transaksi baru yang unik. Tantangannya akan terletak pada meyakinkan pengguna bahwa mereka dapat mengandalkan dan merasa aman saat terlibat dalam perdagangan apa pun di Metaverse.
3. Reputasi dan Indentitas
Pertanyaan tentang  identifikasi dan representasi pribadi cukup mudah Ketika berada di dunia nyata. Tetapi Ketika berbicara tentang lingkungan virtual atau Metverse, orang mungkin bertanya-tanya, apa sebenarnya elemen yang membentuk identitas seseorang.
Demikianlah pengertian dari metaverse beserta keuntungan bagi diri kita apabila menggunakannya seoptimal mungkin dan juga tantangan metaverse bagi perusahaan untuk memaksimalkan kenyamanan dari calon customer.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H