A. Pengertian Perenialisme
Perenialisme dikatakan juga sebagai filsafat keabadian. Esensi aliran ini berupaya menerapkan nilai-nilai dan norma-norma yang bersifat kekal dan abadi dalam sejarah manusia, maka perenialisme dianggap aliran yang ingin kembali kepada kebudayaan dimasa lampau.Â
Aliran filsafat perenialisme yaitu suatu tradisi yang ada serta menyebut suatu kebenaran yang merupakan suatu pandangan pasti serta menganggap mereka ada.
B. Pemikiran Tokoh-Tokoh Filusuf Perenialisme
1. Robert Maynard Hutchins
Robert Mainart Hutchins adalah salah satu tokoh pemikiran filsafat pendidikan perenialisme yang lahir di Amerika pada tahun 1899. Hutchins mengembangkan kurikulum berdasarkan penelitian terhadap buku besar bersejarah serta pembahasan buku-buku klasik.
2. Ortimer Adler
Ortimer Adler adalah salah satu tokoh pemikiran filsafat pendidikan perenialisme yang lahir di Amerika Serikat pada tahun 1902 dan meninggal pada tahun 2001.Â
Adler berpendapat bahwa pendidikan merupakan sebuah proses dalam kehidupan manusia yang sangat berpengaruh dalam suatu kebiasaan, dimana kebiasaan tersebut dapat dibenarkan dengan suatu kebiasaan yang lebih baik lagi.
3. Thomas Aquinnes
Ia mempunyai tujuan suatu usaha untuk merealisasikan suatu kapasitas untuk tiap individu. Sebuah tujuan pendidik untuk mengatur peserta didik kearah yang lebih baik dan mematangkan intelektual.
C. Konsep Dasar Filsafat Pendidikan Perenialisme
1. Hakikat Pendidikan
Pendidikan adalah suatu jalan kembali ke kebudayaan masa lampau. Tugas pendidikan yaitu nilai kebenaran yang pasti, absolut dan abadi yang terdapat dalam kebudayaan masa lampau yang dipandang sebagai kebudayaan ideal. Penganut hakikat merupakan tentang pendidikan yang terpercaya.
2. Hakikat GuruÂ
Peranan dominan guru dalam penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar di kelas. Guru dipandang sebagai orang yang memiliki otoritas dalam suatu bidang pengetahuan dan keahliannya tidak diragukan.
3. Hakikat Murid
Murid dalam aliran ini merupakan makhluk yang di bimbing oleh prinsip-prinsip pertama, kebenaran-kebenaran abadi, pikiran  mengangkat dunia biologis.
~ Kurikulum Pendidikan dalam Perennialisme
Hal yang harus dipelajari adalah tentang subjek atau mata pelajaran yang tidak sulit oleh murid dan mempunyai intelejensi yang tinggi.Â
Pengaruh perenialisme dalam dunia pendidikan, kaum perenialis berpadangan bahwa dalam dunia yang tidak menentu dan penuh kekacauan serta membahayakan.   Tidak ada sesuatu yang lebih bermanfaat dari pada kepastian tujuan pendidikan serta kestabilan peserta didik.
Tujuan pendidikan perennialisme adalah membantu peserta didik menyiapkan dan menginternalisasikan nilai-nilai kebenaran yang abadi agar mencapai kebijakan dan kebaikan hidup
~ Kelebihan
mengembalikan prinsip umum yang menjadi pandangan hidup yang kokoh pada zaman kuno beserta abad pertengahan. Aliran ini lebih mengarah ke kebudayaan. Dan juga mengarah kan intelektual siswa ke bidang kesenian.
~Kekuarangan
Pengetahuan di anggap kurang penting. Pendidikanyang absolut dan universal pada masa lalu.Tidak menerima kemajuan peserta didik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H