3.2.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya
 Tujuan Pembelajaran Khusus:
* Â Â Calon Guru Penggerak dapat menerapkan pemetaan aset yang dimiliki oleh sekolahnya melalui penugasan mandiri.
* Â Â Calon Guru Penggerak menganalisis sejauh mana potensi kekuatan aset yang sekolahnya miliki dibandingkan dengan semua Â
    sumber daya yang seharusnya dimiliki sesuai dengan peraturan negara
A. Apa yang kami kuasai?
Sekolah kami adalah sekolah milik pemerintah daerah yang berbasis pondok. Sekolah kami merupakan sekolah terpadu , di mana adanya keseimbangan antara kemampuan akademis dan kemampuan agama berupa hafalan Qur'an.
Kekuatan kami adalah pengelolaan aset sekolah sebagai sumber daya dalam mendukung segala program dan kegiatan sekolah dengan tekat disiplin yang kuat, kerja sama internal dan eksternal yang baik dan memiliki daya saing dalam mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Hal ini sejalan dengan visi sekolah kami yaitu terwujudnya sekolah yang berprestasi, terampil, berkualitas dan berbudaya lingkungan berlandaskan iman dan takwa kepada Tuhan Yanag Maha Esa.
B. Apa yang kami banggakan dari murid SMP Plus'Ulumul Qur'an
Di samping lokasi sekolah yang strategis , hal yang sangat membanggakan dari sekolah kami  juga terutama dari siswa-siswinya adalah semangat pantang menyerah terhadap segala tantangan, karena mereka benar-benar berusaha menyeimbangkan antara kecerdasan akademik dan juga kecerdasan dalam hafalan Al- Qur'an yang menjadi pembeda dari sekolah menengah lainnya
tentunya ( https://youtu.be/BVmHmqByRx0 ) .
Hal ini terlihat dari antusias siswa saat mengikuti berbagai efen lomba baik lomba tingkat Kabupaten maupun lomba tingkat Propinsi dan hampir kesemuanya meraih prestasi dan juara di bidangnya baik itu bidang akademik , seni  (https://youtu.be/BHeGNyKZb3g ),  (https://youtu.be/G3B2darV6_E ) maupun bidang hafalan qur'an.
 Disamping itu juga SMP Plus bangga dengan berbagai karakteristik peserta didik yang beraklak mulia, memiliki toleransi yang tinggi, disiplin, gigih dan memiliki tekad yang kuat untuk mencapai cita-cita yang mereka inginkan, serta kerja sama ,saling bahu membahu untuk mencapai cita- cita bersama.
C. Apa yang membuat kami unik?
Keunikan sekolah SMP Plus 'Ulumul Qur'an Aceh Selatan adalah satu-satunya sekolah umum di Tapaktuan  berbasis pondok yang memiliki program unggulan hafalan Qur'an 30 juz bagi peserta didiknya . Hal ini terlihat sejak berdiri hingga 5 angkatan kelulusan telah menghasilkan 5 peserta didik yang hafal 30 juz baik putra maupun putri di samping juga juara secara akademik. Hal yang menarik lainnya penghargaan dan apresiasi Bupati daerah kami memberikan " Hadiah Umroh"  kepada siswi yang pertama sejak berdirinya SMP ini yang khatam Alqur'an 30 Juz. (https://youtu.be/PrjUu3SOWYA  )
Dengan adanya basic inilah membuat sekolah kami selalu mendapat juara saat mengikuti pentas PAI yang dilaksanakan oleh DEPAG dan  juga perlombaan serupa baik ditingkat Dinas kota maupun tingkat Kabupaten dan Provinsi.
D. Kekuatan apa yag kami miliki dan berharga untuk masyarakat/komunitas sekitar ?
Kekuatan yang dimiliki SMP Plus 'Ulumul Qur'an mampu menjalin hubungan baik dengan warga sekitar, aparat dan juga komunitas luar sekolah demi mewujudkan tujuan untuk memajukan kualitas pendidikan yang berdampak juga untuk masyarakat sekitarnya / bekerjasama dengan seluruh stakeholder. Misalnya dengan menjalin kerja sama dengan pihak puskesmas setempat untuk memeriksa kesehatan para siswa dan guru secara berkala, bekerja sama dengan pihak kepolisian dan Babinsa baik itu memberikan penyuluhan tentang kenakalan remaja, tertib lalu lintas dan hal-hal yang berhubungan dengan keamanan sekolah. Sekolah kami juga menjalin kerja sama dengan pihak BNN dan sering melakukan penyuluhan tentang Narkoba dan bahaya tawuran. Sekolah kami juga memiliki semangat kekeluargaan dan keterbukaan dalam setiap pelaksanaan program sekolah untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran baik kepada guru , khususnya pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik.
E. Apa yang telah sekolah lakukan dan miliki yang lebih baik dari orang lain?
Di samping itu pembelajaran yang berpusat pada murid, guru-guru yang kreatif dan juga menampilkan kreativitas siswa. Sekolah kami terus berbenah dari tahun ke tahun sehingga semakin banyaknya perubahan baik dari fisik bangunan maupun sumber daya manusianya. Pimpinan juga memberikan kesempatan dan dukungan yang seluas-luasnya bagi warga sekolah untuk terus berkembang dengan potensi yang dimilikinya. Dan Alhamdulillah saya salah satu Calon Guru Penggerak di sekolah kami yang mendapat dukungan penuh dari kepala sekolah dan warga sekolah.
Pemetaan tujuh kelompok aset -- sumber daya yang dimiliki oleh sekolah
1. Â Modal Manusia
Sumber daya manusia yang berkualitas, investasi pada sumber daya manusia menjadi sangat penting yang berhubungan dengan kesehatan, pendidikan, kesejahteraan dan harga diri seseorang.
a. Â Guru
 Sebagian besar telah bersertifikasi dan memiliki strata Pendidikan S-1
 Guru dan tenaga pendidik berjumlah 15 orang, TU 1 orang, Guru Tahfisz 6 orang
 Sangat energik dan memiliki kemampuan teknologi informasi yang baik
 Adanya komunitas praktisi
 Guru yang kompak dan open minded
 Aktif mengikuti berbagai macam pelatihan dan seminar-seminar baik yang diselenggarakan oleh Kemdikbud dan lembaga-
  lembaga lainnya.
 Memiliki kemampuan membimbing anak-anak dalam berbagai even lomba dan mengantarkan mereka ke berbagai juara.
b. Â Murid
Jumlah keseluruhan siswa kami 137 terdiri atas 5 rombel
 Siswa kami memiliki dedikasi tinggi dan disiplin
 Berpartisipasi dalam perlombaan yang diadakan oleh Lembaga, Dinas Kota/Provinsi dan memenangkan beberapa diantaranya:
 9 sep 2019 penta s Pai smua siswa dr muq mewakili Aceh Selatan menuju P rov. Sapu bersih untuk semua kategori lomba ( Juara 1 pidato prempuan,juara 1 pidato Lk , Juara 1 Lcc, Juara 1 kaligrafi, Juara 1 tilawah pr, Juara 1 tilawah lk, Juara 1 tahfiz lk , Juara  1 tahfiz pr )
 Juara 1 OSN IPA kabupaten Juara 7 OSN IPA Provinsi (
Afif Sadiq Alya )
 Juara 2 OSN MTK kab dan Juara 5 OSN MTK Prov ( Israul Mubarak )
 Juara 3 LCC pentas Pai PRov
 Juara 1 Syarhil putri dalam lomba SMART On BRILLIAN VIII  (https://youtu.be/viu68YLF3ro )
 Juara 2 Syarhil putra dalam lomba Smart on brillian (https://youtu.be/BHeGNyKZb3g )
 Juara 1 MTQ tingkat Provinsi (atas nama Hafisz ) (https://youtu.be/tGX7yGGh1fE )
 juara 1 LCC Putri
 Juara 2 Nasyid (  https://youtu.be/G3B2darV6_E )
 Juara 1 Olimpiade MathFair XIII
 Dan masih banyak juara lomba yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu.
c. Â Kepala sekolah : Visioner d. Â Pengawas sekolah
e. Â Orang tua dan komite yang selalu mendukung
2. Â Modal Sosial
Modal sosial merupakan norma dan aturan yang mengikat warga masyarakat yang ada di dalamnya dan mengatur pola perilaku warga, juga unsur kepercayaan (trust) dan jaringan (networking) antara unsur yang ada di
dalam komunitas/masyarakat. Modal sosial di sekolah kami terdiri dari:
a. Â Peraturan Sekolah/Tata Tertib Sekolah
b. Â Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)
c. Â Komunitas Praktisi Sekolah
3. Â Modal Fisik
Bangunan yang bisa digunakan untuk kelas atau lokasi melakukan proses pembelajaran, laboratorium, pertemuan, ataupun pelatihan.
Infrastruktur atau sarana prasarana, mulai dari saluran pembuangan, sistem air, mesin, jalan, jalur komunikasi, sarana pendukung pembelajaran, alat transportasi, dan lain-lain.
Modal fisik di sekolah kami terdiri atas dua kelompok utama yaitu :
a. Bangunan : Bangunan yang bisa digunakan untuk kelas atau lokasi untuk melakukan proses pembelajaran, Ruang Kepala Sekolah, ruang tamu, ruang guru, ruang tata usaha, ruang kelas, perpustakaan, laboratorium komputer. toilet halaman, lapangan upacara/olahraga, Taman sekolah, tempat parkir.
b. Infrastruktur :  Air bersih, WIFI, CCTV, AC di setiap ruangan, kipas angin, alat peraga, meja - kursi, rak buku, komputer, proyektor,  lemari penyimpanan, printer, jaringan listrik, sound system dll.
4. Modal Lingkungan/Alam
SMP Plus 'Ulumul Qur'an ini memiliki lingkungan sekolah yang bersih dan pekarangan sekolah yang ditanami dengan  pepohonan dan tumbuhan yang berbunga.
5. Modal Finansial
Modal finansial merupakan dukungan keuangan yang dimiliki oleh sebuah komunitas yang dapat digunakan untuk membiayai proses pembangunan dan kegiatan sebuah komunitas, yaitu:
1. Â Dana Bos
2. Â Program KIP dan PIP bagi murid yang kurang mampu
3. Â Dukungan finansial dari orang tua untuk kegiatan sekolah
4. Â Dana yayasan Madrasah
5. Â Modal Politik
1. Â Rapat rutin yang diadakan sekali dalam sebulan.
2.  Dinas  Pendidikan setempat yang proaktif terhadap sekolah
3. Â Kegiatan kesehatan bagi peserta didik di sekolah oleh Puskesmas setempat.
4. Â Babinsa dan Kamtibmas yang memberikan bimbingan penyuluhan kepada peserta didik di sekolah seperti penyuluhan mengenai kenakalan remaja dan bahaya narkoba dan ikut serta menjadi pembina upacara di sekolah kami.
5. Â PLN dan Telkom yang mendukung kegiatan pembelajaran
6. Â Dinas syariat islam dan dayah yang juga pro aktif terhadap semua kegiatan agama
7. Â Modal Agama dan Budaya
Peringatan hari besar sebagai ajang pemersatu, pengajian bersama, sholat berjamaah di  mesjid depan sekolah ,buka puasa bersama, Budaya berbagi untuk anak yatim dan kurang mampu menjelang bulan suci Ramadhan, budaya berbagi sumbangan sukarela untuk teman yang sakit atau membutuhkan, dll
SEKIAN dan TERIMA KASIH
Guru Bergerak.....Indonesia Maju
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI