Sebagian besar pemimpin mengakui bahwa budaya merupakan mekanisme penting untuk menarik, memotivasi, dan mempertahankan karyawan yang berbakat, suatu kemampuan yang mungkin menjadi keunggulan organisasi secara keseluruhan.Â
Pemimpin yang sukses menyadari bahwa budaya adalah elemen inti dalam membantu organisasi memenuhi tujuan strategis dan mencapai visi. Lingkungan yang berubah sering kali menuntut nilai-nilai baru dan pendekatan baru untuk melakukan bisnis.Â
Sebagian besar pemimpin sekarang memahami bahwa ketika budaya perusahaan sesuai dengan kebutuhan lingkungan eksternal dan strategi perusahaan, karyawan dapat menciptakan organisasi yang sulit dikalahkan.
Apa Itu Budaya?
Sebagian orang menganggap bahwa budaya sebagai karakter atau kepribadian suatu organisasi. Bagaimana sebuah organisasi terlihat dan ''terasa'' ketika Anda memasukinya adalah manifestasi dari budaya organisasi. Budaya dapat didefinisikan sebagai seperangkat nilai kunci, asumsi, pemahaman, dan norma yang dimiliki bersama oleh anggota organisasi dan diajarkan kepada anggota baru sebagai hal yang benar (Richard L. Daft 2018: 431).Â
Norma adalah standar bersama yang menentukan perilaku apa yang dapat diterima dan diinginkan dalam sekelompok orang. Pada dasarnya, budaya adalah pola asumsi dan keyakinan bersama tentang bagaimana sesuatu dilakukan dalam suatu organisasi.Â
Sebagai anggota organisasi mengatasi masalah internal dan eksternal, mereka mengembangkan asumsi bersama dan norma-norma perilaku yang diajarkan kepada anggota baru sebagai cara yang benar untuk berpikir, merasa, dan bertindak dalam kaitannya dengan masalah tersebut.
Apa Pentingnya Budaya?
Ketika orang-orang berhasil dalam apa yang mereka lakukan, ide-ide dan nilai-nilai yang mengarah pada kesuksesan itu menjadi dilembagakan sebagai bagian dari budaya organisasi.Â
Budaya memberikan karyawan rasa identitas organisasi dan menghasilkan komitmen untuk nilai-nilai tertentu dan cara melakukan sesuatu. Richard L. Daft dalam bukunya yang berjudul The Leadership Experience (2018) mengatakan bahwa budaya melayani dua fungsi penting dalam organisasi, diantaranya:Â
(1) budaya mengintegrasikan anggota sehingga mereka tahu bagaimana berhubungan satu sama lain, dan (2) budaya membantu organisasi beradaptasi dengan lingkungan eksternal.