Nama: Efrat Daniel
NIM: 1405621036
Pendidikan Sosiologi B 2021
PERAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP KRIMINALITAS DI KALANGAN PEMUDA
Kriminalitas merupakan perbuatan atau perilaku yang menyimpang, melanggar norma, dan juga merugikan masyarakat atau orang-orang sekitar. Perilaku tindakan ini pastinya akan dijatuhi hukum pidana oleh pihak berwajib. Kriminalitas juga tidak jarang kita temukan pada kalangan pemuda, banyak anak-anak muda yang terlibat melakukan tindak kriminalitas karena beberapa sifat dari pemuda sendiri seperti mengikuti ajakan temannya untuk mengejar solidaritas, atau ingin menjalani kehidupannya dengan prinsipnya sendiri sehingga membuat orang lain tidak nyaman dengan melanggar norma yang ada, dan masih banyak lagi penyebab-penyebabnya.Â
Banyak macam-macam kriminalitas yang dilakukan pemuda di era globalisasi ini bisa melalui tindakan secara fisik seperti pencurian, pengeroyokkan, tawuran, atau kriminalitas melalui perangkat digital dan internet seperti mencuri data kartu debit atau kredit (Skimming), penipuan online dan masih banyak lagi.
Dari beberapa penyebab dan macam-macam tindak kriminalitas yang dilakukan pemuda perlu adanya pihak yang menjadi kontrol sosial dikalangan pemuda, selain keluarga yaitu lembaga pendidikan dengan memberikan pendidikan karakter bagi para pemuda. Pendidikan karakter bagi generasi muda sangat penting untuk menciptakan generasi yang berkualitas. Memiliki karakter yang kuat di usia muda mencegah pemuda menjadi penjahat. Pendidikan karakter dapat diintegrasikan dengan pendidikan formal, nonformal, dan informal sebagai bentuk pencegahan kejahatan pemuda.Â
Pendidikan karakter ini merupakan upaya untuk mengembangkan sikap moral, etis dan bertanggung jawab bahwa generasi muda harus menjalani kehidupan sosialnya tanpa merusak lingkungannya melalui tindakan yang jauh dari nilai dan norma sosial.Â
Pembelajaran karakter bagi generasi muda dapat menyaring informasi yang tidak relevan bagi mereka. Informasi yang "tidak pantas" ini bisa berasal dari lingkungan sekolah, keluarga, atau bahkan teman. Apalagi dengan arus informasi yang dipercepat dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi. Proses internalisasi melalui berbagai sumber informasi yang diperoleh pemuda dapat mempengaruhi pola pikirnya dan terwujud dalam bentuk perilaku dan tindakan.
 Urgensi Pendidikan Karakter pada pemuda
Pada masa ini sekolah perlu menyadari bahwa pendidikan karakter di Indonesia khususnya bagi para pemuda itu sangat urgent sekali dan perlu dijalankan demi terciptanya generasi muda yang berbudi pekerti luhur dan berakhlak mulia. Jika sekolah tidak gencar untuk membentuk karakter para pemuda maka kriminalitas di Indonesia akan terus meningkat, banyak masyarakat yang akan kena dampak dari kriminalitas di kalangan pemuda.
Ada beberapa cara penerapan pendidikan karakter di sekolah :Â
Guru bisa mensosialisasikan nilai-nilai agama atau kegiatan-kegiatan agama di sekolah supaya terbentuknya nilai-nilai moral pada tiap pemuda
Guru dapat melakukan pendekatan kepada para peserta didik dan membantu mereka dalam setiap permasalahan yang mereka hadapi, sehingga mereka tidak lari kepada pergaulan yang tidak baik
Guru dapat menjadi contoh di sekolah dengan mengintegrasikan tiap-tiap nilai moral kepada para peserta didik
Guru dapat bekerjasama dengan para orangtua supaya dapat mengonttrol para peserta didik dan menanamkan nilai-nilai moral di rumah maupun di sekolah
Buat para peserta didik merasa nyaman dan aman di sekolah maupun di rumah sehingga mereka tidak mencari pergaulan-pergaulan yang buruk yang dapat menerima dia
Bimbing para peserta didik dalam belajar sehingga menjadi pemuda yang berprestasi
Memang kita tidak dapat mengubah sifat dari setiap orang tetapi kita dapat melakukan upaya-upaya untuk mencegah terjadi kriminalitas di kalangan pemuda dengan menjadikan pemuda mempunyai karakter yang baik dan bermoral sehingga dapat menciptakan pemuda-pemuda yang berprestasi.
DAFTAR PUSTAKA
Setyorini, R. (2017). Pendidikan Karakter Bagi Warga Negara Sebagai Upaya Penanggulangan Cyberbullying. Jurnal PPKn, 5(2), 67-78.
Shidiq, A. F., & Raharjo, S. T. (2018). Peran pendidikan karakter di masa remaja sebagai pencegahan kenakalan remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 176-187.
 Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H