Mohon tunggu...
Okia Prawasti
Okia Prawasti Mohon Tunggu... Content Writer -

Interested in movies, lifestyle, fashion, popular news and complicated relationship.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Apa yang Mesti Dilakukan Ketika Jenuh di Tempat Kerja?

23 Agustus 2018   12:00 Diperbarui: 23 Agustus 2018   12:07 627
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Image source: humanresourcesonline.net

Back to the work thing, kayaknya obrolan yang berkaitan dengan dunia kerja nggak ada habis-habisnya dan selalu related ke banyak orang, entah karena memang banyak yang menjadi budak uang, atau memang karir/pekerjaan yang mereka punya sudah membuat mereka senang?

Pernah nggak sih envy dengan karir/pekerjaan yang dimiliki oleh orang-orang terdekat? dan terkadang, walaupun kita sudah punya pekerjaan yang match dengan skill dan minat kita, tetap saja ada hal dan faktor lainnya yang nggak sengaja kita banding-bandingkan dengan apa yang kita dapatkan dari tempat kita bekerja. It's kind of toxic actually.

Memang, mungkin juga sifat dasar manusia yang tidak pernah puas, namun bila terus-terusan merasa tak cukup dengan pekerjaan yang kita jalani sekarang, there will be something wrong. 

Keadaan yang seperti ini harusnya nggak boleh dibiarin lama-lama, selain memberikan pengaruh buruk bagi kinerja kita, juga bisa merugikan perusahaan tempat kita kerja. Maybe we could make an excuse just by saying we're bored with your job, tapi kalo cuma bosan doang gak perlu lama-lama dong, need some actions to get back to track. Coba deh dihubungkan dengan keadaan kamu sekarang, kira-kira harus ngapain ya, apalagi kalau rasa jenuhnya udah kronis banget.

1. Long Vacation

Seems like you gotta take a deep breath, apalagi bila kamu punya kerjaan yang menuntutmu kerja berdasarkan shift, dan juga seringkali work overtime. Wajar aja sih kamu jenuh, karena saat ada waktu luang di hari libur, kamu lebih memilih untuk menggunakannya untuk beristirahat dan tidur daripada menghabiskannya untuk jalan-jalan refreshing.

 Got another problem? Karena kamu nggak bisa ambil cuti agak lama dari kantor? Coba deh bicarakan hal kejenuhan dan kebutuhan kamu akan sedikit waktu untuk liburan ini ke atasan kamu, meskipun nanti dia memberimu beberapa syarat, terima dan lakukan saja syaratnya demi libur panjang.

(Baca Juga: Dinas Luar Kota Sekalian Liburan)

2. Build a Good Relationship With Your Co-workers

Kalau cara yang pertama nggak bisa diupayakan, okay, don't rush to make a decision to quit your job. Mungkin kamu belum memiliki hubungan yang cukup dekat dengan teman-teman kerjamu, jadi, di saat kamu bosan, kamu merasa bosan sendirian. 

Kamu bisa coba mulai ceritakan tentang kejenuhanmu dengan beberapa co-workers yang bekerja denganmu, siapa tau, mereka merasakan hal yang sama dan kalian bisa mencari solusinya bersama, kamu dan mereka juga bisa hangout bareng, terkadang bepergian dengan orang-orang yang saling mengerti dan memiliki perasaan (jenuh) yang sama akan sedikit menyenangkan. Atau, dengan terbentuknya hubungan baik antara kamu dan teman-teman kerjamu, bisa sedikit menghilangkan kejenuhan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun