NTT adalah salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki hasil ternak sapi terbesar. Sapi yang dikembangkan merupakan sapi pilihan sehingga menghasilkan kualitas daging yang baik. Daging tersebut dapat diolah menjadi bentuk apapun. NTT juga memiliki hasil laut yang melimpah, salah satunya ikan tuna. Sebagian besar nelayan mengolah ikan tuna menjadi makanan dengan cita rasa khas.
Yudhistira didirikan pada 1998. Usaha tersebut didukung tujuh karyawan. Sebagai pionir yang sudah lama bergerak di usaha pengolahan daging sapi, saat ini Yudhistira menawarkan jenis makanan olahan dengan kualitas bermutu, halal, higienis, serta tanpa pewarna dan tanpa bahan pengawet. Varian produknya, yakni abon sapi, abon ikan tuna, dan dendeng sapi.
Wilayah pemasaran Yudhistira selain di toko dan supermarket di wilayah Kupang, juga menjangkau Larantuka, Ende, Sumba, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Atambua, dan Belu. Pemasaran online telah dicoba Yudhistira. Namun karyawan terlampau letih mengerjakan tugas lainnya. Padahal potensinya ada. Perlu ada karyawan yang khusus mengurusi bidang tersebut. Selama ini kesulitan yang ditemui terkait tenaga kerja. Butuh tenaga kerja yang kuat dan ulet. Saat pesanan meningkat mereka sangat kelelahan, bekerja sampai larut malam.
![Yudhistira menawarkan jenis makanan olahan dengan kualitas bermutu, halal, higienis, serta tanpa pewarna dan tanpa bahan pengawet. (foto dokumentasi pribadi)](https://assets.kompasiana.com/items/album/2018/12/08/13-5c0bdd70ab12ae0e2e534d02.jpg?t=o&v=770)
Pameran seperti TEI dipandang mampu mendatangkan peluang bisnis melalui pembeli besar dari negara-negara lain. Yudhistira siap menerima permintaan ekspor. Tentunya itu semua tidak lepas dari strategi pemasaran dan keaktifan dalam menawarkan produk.
Promosi
Promosi sebagai salah satu kegiatan marketing perlu dilakukan terlebih dalam persaingan yang begitu ketat. Terbukti pengurangan aktivitas promosi menurunkan angka penjualan. Dalam skala besar saat ini terjadi perang dagang antarnegara yang berakibat pada penurunan daya beli dari masing-masing negara dan ekspor yang terganggu. Indonesia harus lebih proaktif melalui berbagai aktivitas yang ada. Pasalnya semua negara berlomba-lomba meningkatkan ekspornya.
![UKM perlu terus melakukan promosi. (foto dokumentasi pribadi)](https://assets.kompasiana.com/items/album/2018/12/08/15-5c0bddd643322f5e1769d722.jpg?t=o&v=770)
Prospek
Dalam perjalanan JNE selama 28 tahun tidak sedikit UKM baik di kota besar maupun daerah berhasil mencetak omset miliaran rupiah. Tentunya prestasi tersebut tak lepas dari usaha JNE selama. Kini terdapat 6.000 outlet JNE di seluruh Indonesia.
JNE merupakan perusahaan yang  didirikan dan dimiliki oleh anak bangsa. JNE ingin memberikan manfaat untuk bangsa maupun negara.
JNE berkomitmen menjadi sahabat UKM Indonesia. Dalam kiprahnya JNE berhasil menghubungkan berbagai  daerah yang saling berjauhan dan membuka potensi-potensi lokal di wilayah yang sebelumnya terkendala masalah logistik. Terlebih di era  e-commerce yang bertumbuh pesat saat ini, kehadiran JNE turut  membantu pertumbuhan ekonomi di berbagai daerah.  Maraknya e-commerce turut menyokong omset JNE.
JNE tidak ingin sekadar hadir sebagai perusahaan pengiriman ekspres dan  logistik, juga bersemangat membangun negeri. JNE memiliki keunggulan dalam pelayanan, teknologi, dan jaringan didukung infrastruktur dan komitmen mengirimkan barang dalam kondisi baik serta dukungan SDM profesional.
JNE sebagai market leader di  perusahaan ekspedisi di Indonesia didukung 40 ribu karyawan. Kunci suksesnya adalah terus berinovasi dan memajukan teknologi demi peningkatan pelayanan kepada pelanggan.
NTT khususnya di Kota Kupang memiliki prospek yang sangat cerah khususnya dalam bisnis online. Sebab banyak produk yang layak dan pantas dijual kepada calon pelanggan di seluruh Indonesia. Sebut saja, kain tenun NTT yang telah mendunia. Belum menyebut olahan makanan dari daging, jagung, ikan atau aksesoris. Produk-produk tersebut sangat berprospek.
JNE di NTT memiliki 21 cabang, diantaranya Manggarai Timur dan Sumba Tengah. Khusus di Kota Kupang ada delapan outlet. Saat ini jumlah pengiriman di wilayah Kota Kupang mencapai 10 ribu per bulan. Diharapkan jumlah tersebut terus bertambah.
Perkembangan e-commerce di Indonesia yang begitu pesat berimbas pada lonjakan pertumbuhan jasa logistik. Namun sedikit pelaku UKM yang menyadari peluang besar tersebut. Maka JNE turut membantu dan merangkul pelaku UKM dalam pengiriman maupun penjualan.
JNE Â terus melangkah pasti menggapai cita-cita bersama UKM Indonesia.Â
Yudhistira
Jl. Abulobo Naikoten II Kec. Kota Raja
Kota Kupang, NTT
-082142340057-
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI